Whatsapp Share Like
Simpan

Kebahagiaan saat si Kecil akhirnya hadir ke dunia kadang harus dilalui dengan rasa lelah dan kantuk akibat bayi susah tidur. Bayi baru lahir umumnya memang lebih sering tidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Seiring bertambahnya usia, bayi pun akan memiliki pola tidur yang lebih teratur, tapi ada kalanya bayi bisa menjadi rewel dan tidak mau tidur. Kebiasaan ini tentunya dapat membuat para orangtua kewalahan. Adakah cara menidurkan bayi dengan cepat?

Penyebab Bayi Susah Tidur

Sebelumnya Ibu harus tahu dulu apa penyebab bayi tidak mau atau susah tidur. Inilah beberapa penyebab umumnya:

  • Merasa lapar dan haus. Sama seperti orang dewasa, bayi yang merasa lapar dan haus akan kesulitan untuk tidur. Meski sudah disusui setiap 4 jam sekali, tapi bayi bisa tetap merasa lapar saat malam atau tepat sebelum jam tidurnya. Terlebih jika bayi yang sedang mengalami growth spurt, sehingga ia akan lebih sering lapar dibanding biasanya.
  • Terlalu lelah. Mungkin Anda berpikir jika bayi lelah, maka ia akan lebih mudah terlelap. Sebaliknya, badan atau pikiran yang terlalu lelah justru akan membuat bayi kesulitan untuk tidur dengan lelap.
  • Sakit. Saat tidak enak badan atau sakit, Ibu pasti tidak bisa tidur nyenyak, bukan? Begitu juga dengan bayi. Sakit seperti demam, pilek, batuk, perut kembung, hingga nyeri karena tumbuh gigi akan membuat tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur.
  • Tidak tidur siang. Bayi yang tidak tidur siang akan merasa sangat lelah di malam harinya sehingga membuatnya susah tidur.
  • Susah beradaptasi. Bayi masih harus beradaptasi di lingkungan baru selain rahim ibunya. Ada kalanya ia akan merasa tidak aman saat berada di lingkungan yang tidak biasa. Hal ini juga bisa membuat si Kecil gelisah dan sulit tidur.
  • Kurang mendapat sinar matahari. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research mengatakan bayi berusia 6-12 minggu lebih mudah tidur nyenyak di malam hari jika sering terkena sinar matahari sore.
  • Merasa ada yang hilang. Si Kecil mungkin terbiasa tidur dengan sesuatu di dekatnya, seperti botol, dot, atau menyusu ASI. Jadi, bila ia tidak mendapatkannya, ia pun merasa tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur.
  • Ritual tidur tidak menentu. Supaya bayi bisa untuk tidur sendiri, sangat penting untuk membuat ritual dan jam tidur yang tetap. Jika berubah, maka akan membuat ia bingung.
  • Tidak mau jauh dari Ibu. Bayi bisa merasakan kegelisahan dan ketakutan saat Ibu akan meninggalkannya. Ini akan membuat ia tidak mau tidur atau terbangun dari tidur saat Ibu tidak ada di dekatnya.

Bagaimana Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat?

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan bayi susah tidur, maka inilah solusinya:

  • Cukupi asupannya. Agar tidak merasa lapar dan haus, maka si Kecil harus tercukupi asupannya saat siang dan malam hari dengan memberikan ASI atau susu bubuk. Jika usianya sudah lebih dari 6 bulan, maka ia sudah bisa mendapatkan tambahan air putih dan MPASI.
  • Jangan mengajak beraktivitas berat. Mendekati jam tidur si Kecil, jangan mengajak ia beraktivitas terlalu berat agar ia tidak merasa kelelahan. Lebih baik memberikan rutinitas yang menenangkan dan membuat rileks, seperti memijat bayi, membaca buku, atau mendengarkan musik lembut.
  • Beri pereda rasa sakit. Saat si Kecil sakit, maka cara menidurkan bayi adalah dengan memberikan pereda rasa sakitnya. Jika demam, berikan obat kompres. Bila pilek dan batuk, olesi dada, leher, dan punggungnya dengan salep khusus batuk dan pilek atau memasang humidifier di kamar.
  • Mandikan air hangat. Sebelum tidur malam, Ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat yang dapat membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat sekaligus memberikan rasa nyaman pada tubuh.
  • Cukup tidur siang. Tidur siang sangat penting untuk proses tumbuh kembang bayi. Untuk itu sangat penting bagi bayi mendapatkan tidur siang yang cukup dan juga di jam yang tepat, yaitu di siang hari. Jangan menidurkan anak di sore hari karena akan membuatnya terjaga di malam hari.
  • Buat suasana tidur yang sama. Biasakanlah untuk menidurkan bayi dalam suasana yang sama. Sebaiknya suasana harus tenang, cahaya ruangan redup, dan suhu yang sejuk untuk membuat bayi lebih mudah tertidur.
  • Rutin mengajak bayi keluar rumah. Bayi perlu mendapatkan sinar matahari sore agar lebih mudah tertidur serta untuk mendapatkan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulangnya. Untuk itu ajaklah si Kecil keluar rumah di sore hari secara rutin.
  • Berikan ASI. Cara menidurkan bayi yang efektif adalah dengan memberikan ASI karena didalamnya terkandung melatonin (hormon yang membantu tidur). Jadi jika sudah memasuki jam tidurnya, berikan si Kecil ASI secara langsung maupun melalui botol.
  • Buat ritual tidur yang konsisten. Ibu perlu membuat ritual tidur anak yang konsisten. Pelajari tanda-tanda saat ia sudah mulai mengantuk, lalu tidurkan di kasur sambil mengelus-elus punggung atau bersenandung pelan. Jangan letakkan bayi terlalu cepat (belum mengantuk) atau terlalu malam (sudah terlalu lelah).
  • Bantu ia tidur saat terbangun. Jika si Kecil terbangun dari tidurnya, segera bantulah ia untuk tidur lagi. Caranya bisa dengan menimang atau mengelus punggungnya hingga ia terlelap lagi.

Apakah si Kecil juga termasuk yang susah tidur? Jika ya, maka ketahui dulu apa penyebabnya dan ikuti cara menidurkan bayi dengan cepat di atas ya, Bu. Tidur merupakan aktivitas yang penting untuk masa tumbuh kembangnya. Untuk itu bayi harus mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya.

Sumber: https://www.honestdocs.id

Artikel Sejenis