Tidur merupakan hal yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mencari tahu cara tepat mengatasi bayi susah tidur siang. Sebelumnya, pastikan Ibu terus memberikan ASI yang berkualitas. Ibu bisa minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Meskipun terlihat sepele, tetapi kondisi ini sebaiknya tidak dibiarkan secara terus menerus karena akan memengaruhi tumbuh kembang si Kecil lho, Bu. Sebab, hormon pertumbuhan dalam tubuh si Kecil akan bekerja lebih banyak saat ia sedang tidur. 

Salah satu hormon pertumbuhan yang berperan penting adalah IGF-1 (insulin Growth Factor 1), dimana hormon ini dapat bekerja optimal bila si Kecil mendapatkan asupan 9 Asam Amino Esensial (AAE) yang adekuat. AAE adalah bentuk protein sederhana yang siap diserap oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan otak, otot dan tulang si Kecil.

Penelitian menyebutkan bahwa kekurangan salah satu jenis dari 9 AAE akan menurunkan kinerja IGF-1 sebanyak 34% sementara kekurangan semua jenis dari 9 AAE akan menurunkan kinerja IGF-1 sebanyak 50%. 

Hormon pertumbuhan inilah yang menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Itulah sebabnya, bayi susah tidur siang perlu diatasi dengan cepat dan tepat agar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil tidak terganggu.

Artikel Sejenis

Supaya bisa menjadi acuan Ibu, berikut kebutuhan waktu tidur si Kecil berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI pada lamannya;

  • Bayi baru lahir selama 16-20 jam dengan 1-4 jam periode tidur yang diikuti dengan 1-2 jam periode terbangun. Di fase ini jumlah tidur pada siang hari sama dengan jumlah tidur pada malam hari.
  • Bayi berusia 0-1 tahun dengan total selama 14-15 jam saat usia 4 bulan dan 13-14 jam saat usia 6 bulan. Waktu tidur ini dengan periode tidur 3-4 jam pada 3 bulan pertama dan 6-8 jam pada usia 4-6 bulan. Biasanya di usia ini, bayi membutuhkan tidur siang selama 2-4 jam yang dilakukan dua kali pada siang hari.

Namun sayangnya, bayi susah tidur siang ternyata dipengaruhi oleh berbagai faktor. Hal inilah yang perlu Ibu ketahui terlebih dahulu agar Ibu dapat mengatasinya dengan tepat. Selain itu, Ibu tidak perlu terlalu khawatir jika bayi susah tidur, karena ada beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan. Tapi sebelum itu, kita simak lebih lengkap pembahasan bayi susah tidur di bawah ini, yuk

Pola Tidur Siang Bayi Sesuai Usia

Sebelum membahas penyebab bayi susah tidur siang, bayi memiliki pola tidur siang yang berbeda-beda pada setiap usia. Seiring bertambahnya usia bayi, maka jam tidurnya pun akan semakin berkurang.

  • Usia 0 bulan: 7-8 jam/hari.
  • Usia 1-2 bulan: 5-6 jam/hari.
  • Usia 3-6 bulan: 4-5 jam/hari.
  • Usia 6-12 bulan: 3-4 jam/hari. 

Penyebab Bayi Susah Tidur Siang

Bayi susah tidur siang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Ada banyak gangguan

    Penyebab yang paling ditemui pada bayi susah tidur yaitu banyaknya gangguan di sekitar. Bayi biasanya sensitif terhadap gangguan yang ada di sekelilingnya, sehingga tidak bisa fokus pada sesuatu. 

    Hal ini juga termasuk saat waktu tidur siang bayi. Bayi susah tidur jika ada gangguan di dekatnya, misalnya suara televisi, mainan, atau lampu yang terlalu terang.

  • Jadwal tidur yang tidak konsisten

    Penyebab selanjutnya bayi susah tidur yaitu dipengaruhi oleh jadwal tidur yang tidak konsisten lho. Ibu sebaiknya sudah mulai menerapkan rutinitas yang teratur dalam keseharian bayi, mulai dari jadwal makan, mandi, bermain, hingga tidur siang dan tidur malam. 

    Selain memudahkan Ibu, cara ini juga membantu bayi dalam menjalani hari-harinya. Masalahnya adalah terkadang jadwal ini bertabrakan dengan rutinitas Ibu, sehingga bisa mengacaukan waktu dan frekuensi tidur siang bayi.

  • Bayi dalam kondisi lapar

    Siapapun tidak akan bisa tidur jika perut terasa lapar, termasuk bayi. Walaupun sudah mengantuk, tapi bayi susah tidur karena ia merasa lapar. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya mengajak bayi tidur siang setelah ia sudah makan dan kenyang.

  • Bayi terlalu lelah

    Sama seperti orang dewasa, bayi susah tidur saat tubuhnya terlalu lelah. Pada usia ini bayi memang sedang berada dalam fase senang bermain dan bereksplorasi, sehingga ia akan banyak bergerak. 

    Akibatnya, jam tidurnya pun terlewat dan membuat tubuhnya jadi kelelahan. Ini akan menyebabkan bayi menjadi rewel, tantrum, hingga bayi susah tidur. 

  • Mengalami gangguan kesehatan

    Bayi susah tidur siang mungkin karena ia sedang merasa kurang sehat, Bu. Misalnya saja ia sedang demam yang membuat kepalanya pusing atau flu yang menyebabkan ia sering terbatuk.

Manfaat Tidur Siang bagi Bayi

Bayi susah tidur siang sebaiknya ditangani secepatnya, karena tidur siang memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan pertumbuhan

    Selain mendukung perkembangan otak, tidur siang juga bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik bayi. Di waktu tidur, ada banyak proses pertumbuhan yang terjadi di tubuh bayi. Jadi, jika Ibu ingin fisik bayi tumbuh dengan optimal, jangan melewatkan tidur siang bayi, ya.

  • Mengembangkan kemampuan kognitif

    Bayi yang mendapatkan cukup tidur siang akan membantu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Mengapa bisa begitu? Saat tidur, otak akan beristirahat sejenak dan tidak terus-menerus bekerja, sehingga memori dan tingkat pembelajaran bayi pun akan menjadi lebih tinggi.

  • Meningkatkan kualitas tidur di malam hari

    Tidur siang yang cukup dan berkualitas akan mendukung kualitas tidur malam jadi lebih baik. Tidur malam bayi jadi lebih nyenyak dan tidak mudah terbangun. Namun, jika bayi susah tidur siang, ia akan mudah tersinggung dan rentan mengalami stres.

  • Menjaga suasana hati

    Bayi yang kurang waktu tidur siang cenderung akan sering rewel atau merengek. Menurut sebuah penelitian, bayi yang mengantuk kurang mampu mengatasi tantangan yang mereka temui sehari-hari. Sementara bayi yang tidur cukup cenderung lebih bahagia dan berperilaku positif. Hal ini karena tidur siang dapat meningkatkan energi positif. Jika tidak tidur siang, artinya bayi akan dipenuhi oleh energi negatif yang bisa membuat suasana hati menjadi buruk.

Baca juga: Pemantauan Selama Persalinan

Tips Membiasakan Bayi Tidur Siang

Meskipun bayi susah tidur siang, Ibu tetap harus membiasakannya dengan beberapa tips di bawah ini:

  • Menciptakan suasana kamar yang tenang

    Hilangkan semua gangguan yang bisa mengalihkan perhatian bayi untuk tidur siang. Tutup gorden agar tidak ada cahaya matahari yang masuk dari jendela dan membuat silau. Matikan alat elektronik dan simpan gadget supaya tidak menimbulkan suara. Nyalakan pendingin ruangan untuk membuat kamar menjadi sejuk.

  • Kenali tanda bayi mengantuk

    Akan lebih mudah bagi Ibu menidurkan bayi jika ia sudah menunjukkan tanda-tanda mengantuk, seperti menguap, menggosok-gosok mata, menggaruk kepala, atau terlihat lesu. 

    Saat bayi sudah memperlihatkan ciri-ciri tersebut, segera ganti popoknya dan bersihkan tubuhnya agar ia merasa nyaman. Kemudian gendong ia ke kamar untuk memulai rutinitas tidur siang.

  • Bacakan dongeng

    Aktivitas mendongeng bisa membuat bayi mengantuk. Jadi, coba bacakan dongeng pendek dengan suara lembut. Saat mendengarkan Ibu mendongeng, bayi perlahan akan mengantuk kemudian tertidur. 

    Selain membantu bayi tertidur, mendongeng juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan daya imajinasi, menambah kosakata, membantu kemampuan bicara, dan mengembangkan daya pikirnya.

Baca juga: Bu, Ini Tahap Perkembangan Bayi 2 Bulan dan Stimulasinya

  • Bersenandung

    Selain mendongeng, bersenandung juga bisa menyebabkan rasa kantuk pada bayi. Maka cobalah untuk bersenandung pelan sambil menepuk dan mengelus punggung bayi sambil memberikan pijatan dengan lembut.

  • Tidur pada jam yang sama

    Mengajak bayi tidur siang memang membutuhkan waktu, tapi Ibu tetap harus konsisten dalam menerapkan jam tidurnya. Pastikan bayi tidur di jam yang sama setiap hari. 

    Tinggalkan dulu kegiatan yang bersamaan dengan jam tidur siangnya. Ibu juga perlu menghindari menidurkan bayi di sore hari, karena bisa membuat bayi sulit tidur malam dan mengganggu jadwal kesehariannya.

  • Berikan ASI secara rutin

    Tips yang tak kalah penting yaitu mencukupi kebutuhan ASI harian si Kecil secara tepat. Seperti yang telah disebutkan, salah satu penyebab bayi susah tidur mungkin karena ia merasa lapar. 

    Nah, di sinilah peran Ibu cukup penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Hal ini juga berkaitan dengan kualitas ASI yang keluar, sehingga Ibu harus meningkatkan kualitasnya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang. 

    Namun jika ASI dirasa tidak cukup, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya Bu! 

    Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga punya rasa cokelat yang lezat dan tidak memicu mual saat ibu meminumnya.

Baca Juga: Mengenal Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Itulah informasi terkait bayi susah tidur siang, Bu. Mungkin Ibu akan membutuhkan waktu dan usaha ekstra hingga akhirnya bayi bisa terbiasa tidur siang. Namun jangan patah semangat ya, Bu. 

Jika Ibu terus berusaha, pasti perlahan usaha Ibu akan membuahkan hasil. Apabila masalah ini berlangsung lama dan bayi sering rewel, Ibu mungkin perlu berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan bantuan.

Selain itu, pastikan Ibu selalu memberikannya ASI yang berkualitas ya, Bu. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI,  Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, Ibu bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Ibu bisa langsung gunakan fiturnya di sini

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.