Share Like
Simpan

Saat hamil, Ibu pasti pernah malas berolahraga. Saya pun sempat merasakannya. Namun, beberapa teman sempat menyarankan saya untuk berenang. Awalnya, saya tidak yakin berenang selama hamil itu aman, Bu. Namun, menurut info Ibu hamil yang saya baca, berenang memang kaya manfaat. Bahkan, ginekolog asal Amerika Serikat, Stephen Lebder, mengatakan bahwa berenang itu baik untuk Ibu hamil. Berikut beberapa informasi terkait manfaat berenang untuk Ibu hamil yang saya dapatkan.

  1. Mengurangi Sakit

Saat masa kehamilan, saya merasakan sakit di beberapa bagian persendian. Menurut dokter obgyn, rasa sakit ini disebabkan kenaikan berat badan. Nah, ketika berenang, rasa sakit itu berkurang, bahkan menghilang. Selama berenang, tubuh akan mengapung sehingga tidak merasakan tekanan berat badan. Oleh sebab itu, Ibu bisa terhindar dari cedera persendian dan otot.

2. Mengurangi Mual

Berenang juga membawa keuntungan bagi Ibu yang merasakan morning sickness. Ternyata Bu, dari artikel kesehatan yang saya baca, air dingin di kolam renang membantu menenangkan tubuh. Ini yang membuat mual terasa berkurang.

3. Mengatur Berat Badan

Tentunya, Ibu hamil tidak boleh terlalu kurus ataupun gemuk. Berat badan yang tidak seimbang berisiko mengganggu kesehatan Ibu dan janin. Nah, berenang merupakan cara membakar kalori yang bisa membuat Ibu lebih nyaman saat melakukannya. Pas sekali untuk Ibu hamil yang harus menjaga ukuran tubuh tanpa membahayakan kondisi janin.

4. Melenturkan Otot

Selain termasuk dalam tips menjaga kehamilan, berenang juga membantu proses persalinan, lho. Saat Ibu rutin berenang, beberapa otot dalam tubuh akan melentur, termasuk otot-otot yang membantu proses persalinan.

Nah, untuk meminimalkan risiko cedera saat berenang, Ibu juga harus memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Konsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mengecek kondisi kesehatan Ibu dan janin.
  • Pastikan airnya bersih dan suhunya pas. Jadi, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.
  • Tetap berhati-hati saat berada di sekitar kolam renang karena lantainya cenderung licin.
  • Selalu sediakan air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  • Batasi durasinya. Apabila Ibu merupakan perenang pemula, sebaiknya lakukan sekitar 20-30 menit untuk menghindari kram. Apabila Ibu terbiasa berenang, pastikan untuk keluar dari kolam ketika mulai lelah.
  • Atur pernapasan dengan baik. Bagaimanapun juga, janin membutuhkan oksigen yang cukup. Bagaimana Bu, sudah siap untuk memulai olahraga satu ini? Selain berolahraga, pastikan Ibu dan janin mendapat asupan nutrisi optimal dari Frisian Flag Mama. Kandungan Protein, Serat Pangan, Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium di dalamnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu selama hamil dan menyusui. Jadi, semoga info Ibu hamil ini bermanfaat!