Share Like
Simpan

Ketika hamil, terjadinya perubahan fisik maupun emosional tentu sudah jadi hal yang biasa ya, Bu. Mulai dari tubuh dan perut yang semakin membesar, sering mual muntah, cepat merasa lelah, hingga mood yang berubah-ubah , memang kerap dialami oleh hampir setiap ibu yang sedang mengandung.

Tapi, ternyata tidak semua ibu hamil mengalami masalah kehamilan yang sama lho, Bu. Contohnya saja adik saya saat hamil dulu. Jika ibu hamil umumnya terlihat pucat dan lemas, ia justru sebaliknya. Wajahnya tetap terlihat segar dan selalu bersemangat seolah tidak terganggu sama sekali dengan gejala kehamilan yang dialaminya. Di sisi lain, ada pula teman saya yang sejak awal kehamilan hingga mendekati persalinan, tak henti-hentinya mengalami mual muntah. Setelah mendiskusikannya di forum ibu hamil, ternyata ibu hamil memang ada tipe-tipenya, Bu. Daripada penasaran, simak info lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Tidak Terlihat Hamil

Salah satu ciri ibu hamil yang mudah dilihat adalah perut yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tapi, ada lho tipe wanita yang tubuhnya tetap ramping saat sedang hamil, sehingga tidak terlihat seperti sedang mengandung hingga memasuki trimester ketiga. Hal ini memang bisa saja terjadi, Bu. Tapi jika Ibu mengalami hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena kondisi tubuh yang terlalu kurus ketika hamil, dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran hingga kelahiran prematur.

2. Berat Badan naik Tak Terkontrol

Jika ada ibu hamil yang tubuhnya tetap ramping, ada juga yang mengalami hal sebaliknya. Saat hamil, berat badannya naik secara drastis dan tak terkontrol. Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan pola makan yang tidak dijaga, serta kurangnya aktivitas fisik saat sedang hamil. Jika dibiarkan, hal ini juga bisa meningkatkan risiko gangguan kehamilan seperti diabetes gestasional dan pendarahan setelah melahirkan. Jadi, sebaiknya jaga index massa tubuh Ibu saat hamil tetap normal, yaitu tidak melebihi angka 35.

3. Hamil dan Tetap Bugar

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada ibu hamil yang tetap terlihat segar bugar dan bisa beraktivitas seperti biasa. Mau jadi ibu hamil dengan tipe seperti ini? Bisa kok, Bu. Rajin berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan bergizi, dapat membantu tubuh Ibu tetap bugar dan sehat selama masa kehamilan. Tapi ingat, pilih jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil ya; misalnya berenang, berjalan santai, ataupun yoga .

4. Tak Berhenti Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang umum dialami ibu hamil di trimester awal kehamilan. Namun, gejala tersebut ternyata bisa saja saja terus dialami oleh ibu hamil bahkan hingga usia kehamilannya memasuki trimester ketiga. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini, Bu, salah satunya adalah masih tingginya kadar hormon hCG dalam tubuh . Jika mual muntah ini terbilang sering Ibu alami, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan, ya.

5. Manja karena Hamil

Entah karena perubahan hormon atau sebab lainnya, ada wanita yang berubah jadi lebih manja ketika sedang hamil. Dengan alasan sedang hamil, ia pun sering mengeluh dan tak jarang meminta bantuan orang-orang di sekitarnya untuk melakukan segala sesuatu. Jadi manja ketika hamil sebenarnya tidak ada salahnya kok, Bu. Namun, sebaiknya jangan sampai hal tersebut sampai menyusahkan orang lain ya.

Nah, itulah lima tipe ibu hamil yang biasa ditemui. Dari kelima tipe di atas, kira-kira Ibu termasuk tipe yang mana?