Share Like
Simpan

Pertanda awal kehamilan sering tidak disadari oleh para Ibu hamil karena menyerupai tanda-tanda menjelang menstruasi.

Tanda kehamilan antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya tidak sama. Bahkan tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh seorang ibu pada saat mengandung anak pertama dapat berbeda dengan yang dialami pada kehamilan anak kedua dan seterusnya. Tanda kehamilan pada minggu-minggu awal sering tidak disadari oleh ibu hamil karena menyerupai tanda-tanda tubuh menjelang menstruasi. Walau demikian, tanda kehamilan yang paling umum dikenali adalah terlambatnya datang bulan.

Berikut tanda kehamilan yang wajib Ibu ketahui

Beberapa tanda kehamilan ini adalah tanda kehamilan yang sering dialami ibu hamil pada minggu-minggu pertama.

Tanda kehamilan terlambat datang bulan

Terlambatnya datang bulan adalah tanda kehamilan yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Saat Ibu mengalami terlambat datang bulan dan untuk memastikan adanya kehamilan, Ibu dianjurkan untuk periksa ke dokter atau bidan. Walau ibu hamil dapat melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dengan alat tes kehamilan khusus yang dijual di apotek atau toko obat, namun ibu hamil tetap perlu ke dokter atau bidan untuk memastikan kehamilannya.

Tanda kehamilan keluarnya bercak darah (spotting)

Tanda kehamilan berupa bercak darah ini terjadi karena adanya proses ‘perlekatan’ bakal janin ke dinding rahim, sehingga menyebabkan sedikit perdarahan. Sebagian ibu hamil akan merasa perutnya kencang/kram saat proses ini terjadi, namun sebagian ibu hamil lainnya tidak merasakan apa-apa.

Selain tanda kehamilan bercak darah, kadang-kadang dapat ditemukan lendir kental berwarna keputihan yang keluar dari liang kemaluan/vagina. Ibu tidak perlu khawatir karena ‘keputihan’ selama kehamilan ini normal dan tidak memerlukan pengobatan. Yang perlu ibu waspadai, bila keputihan berbau tidak sedap dan disertai rasa terbakar atau gatal, apalagi disertai perubahan warna yang tidak biasanya. Apabila Ibu mengalami tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya Ibu segera ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, karena mungkin keputihan tersebut akibat dari infeksi bakteri atau jamur.

Tanda kehamilan cepat lelah dan sakit kepala

Sangat lelah tanpa sebab yang jelas dapat merupakan salah satu awal tanda kehamilan. Sebaiknya Ibu tidak mengatasi rasa lelah ini dengan mengonsumsi kafein yang berlebihan. ‘Dengarkanlah’ tubuh Ibu, dan berusaha rileks dan istirahat yang cukup. Konsumsilah makanan yang bergizi lengkap dan seimbang, termasuk mengandung protein dan zat besi, yang bermanfaat membantu mengatasi kelelahan selama kehamilan. Ibu pun dapat mengonsumsi susu untuk ibu hamil untuk melengkapi asupan gizi sehari-hari, karena susu mengandung zat gizi yang relatif lengkap.

Peningkatan hormon pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan sakit kepala. Cobalah untuk rileks, atasi stres dan beristirahat. Minumlah air putih agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan dan lakukan olah raga ringan secara teratur agar Ibu tetap bugar selama kehamilan. Bila gejala sakit kepala tidak membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk dapat diperiksa dan ditangani dengan tepat.

Tanda kehamilan penciuman lebih sensitif

Beberapa aroma yang cukup tajam maupun aroma yang biasanya disukai Ibu sebelum hamil, misalnya parfum, justru dapat menyebabkan mual selama kehamilan. Ini merupakan salah satu tanda kehamilan, yaitu indera penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Yang dapat Ibu lakukan untuk menyiasatinya adalah hindari mencium aroma yang membuat Ibu mual dan membahayakan kesehatan, termasuk menghindari asap rokok yang tidak baik untuk kesehatan si Kecil dalam kandungan.

Tanda kehamilan payudara bengkak dan lunak

Pada minggu pertama hingga kedua, ibu hamil akan merasakan perubahan pada payudaranya, yang terasa lebih berat atau lunak saat disentuh dan mungkin terasa sedikit nyeri. Puting payudara akan tampak lebih menonjol dan daerah sekitar puting payudara, akan berwarna lebih gelap.

Tanda kehamilan mual/morning sickness dan mengidam

Tanda kehamilan mual dan muntah pada pagi hari atau dikenal sebagai morning sickness, biasanya dialami saat usia kehamilan 2-8 minggu. Beberapa ibu hamil mungkin tidak mengalami mual dan muntah sama sekali, namun ada pula yang mengalami mual selama kehamilannya.

Selain mual, kadang-kadang Ibu mengidam makan makanan tertentu di luar kebiasaan, misalnya rujak, buah mangga muda, acar atau es krim. Mengidam dapat dijumpai sebagai tanda kehamilan pada awal usia kehamilan dan dapat berlangsung terus hingga usia kehamilan 9 bulan.

Ibu hamil dapat mengalami semua tanda kehamilan seperti yang telah disebutkan di atas, namun ada yang hanya mengalami 1 atau 2 tanda kehamilan. Jika tanda-tanda kehamilan mengganggu Ibu, diskusikan dan rencanakan bersama dokter atau bidan mengenai tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, sehingga kehamilan Ibu tetap sehat dan si Kecil di dalam kandungan pun tumbuh optimal.