Share Like
Simpan

 Jika Ibu terlambat menstruasi, segera periksa untuk memastikan adanya kehamilan serta mendeteksi kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada Ibu saat hamil. Pemeriksaan USG pada kehamilan dini dapat memastikan apakah kehamilan normal atau tidak. Selain itu dokter atau tenaga kesehatan biasanya melakukan pemeriksaan laboratorium lengkap untuk mendapatkan data awal kondisi Ibu.

Nah sebelum pemeriksaan medis dilakukan, ada beberapa tanda yang bisa mengarahkan Ibu untuk semakin yakin apakah sedang hamil atau tidak? Yuk, kenali satu per satu!

1. Payudara terasa nyeri dan bengkak
Rasa nyeri di payudara bisa bervariasi, dari yang sedikit nyeri hingga nyeri cukup kuat. Ini wajar terjadi, Ibu karena pada masa ini, Ibu sedang berada di bawah pengaruh hormonal. Rasa nyeri ini sendiri biasanya serupa seperti saat sebelum menstruasi. Namun jika rasa nyeri sangat kuat dan tak tertahankan, maka Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

2. Mual dan muntah
Keluhan ini terjadi pada lebih dari 50% wanita yang sedang menjalani kehamilan, terutama pada usia kehamilan 2-12 minggu setelah pembuahan. Rasa mual dan muntah ini sendiri paling sering dirasakan pada pagi hari, tetapi bisa muncul kapan saja, dan biasanya terjadi karena terdapat bau-bauan yang tidak bisa ditoleransi oleh indra penciuman Ibu.

3. Haid tak kunjung datang
Jika haid tidak datang sesuai waktunya, bisa saja hal ini menandakan bahwa Ibu sudah hamil. Tidak datangnya haid disebabkan meningkatnya kadar estrogen dan progesteron yang menandakan tubuh Ibu sedang bersiap-siap menerima calon buah hati di dalam janin.

4. Tes kehamilan positif
Jika beberapa tanda diatas masih meragukan, mungkin tes satu ini bisa meyakinkan Ibu. Ini adalah tes urin yang biasa digunakan untuk menentukan apakah hormon kehamilan telah beredar di dalam tubuh Ibu.

Jika tanda-tanda tersebut muncul, berarti sang calon buah hati sudah berada di dalam janin Ibu. Dari sini, perjalanan menghadirkan si Kecil ke dunia pun dimulai. Nah, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk melalui masa kehamilan selama 9 bulan ke depan, termasuk mencari tenaga medis yang akan membantu Ibu. Selamat ya Bu!

Salam Hangat!