Tanda hamil 1 minggu seringkali tidak disadari oleh sebagian wanita, terlebih jika itu merupakan kehamilan pertama. Pada usia kehamilan 1 minggu, janin belum terbentuk sepenuhnya sehingga wajar bila Ibu tidak sadar tengah mengandung. Namun di masa ini asupan nutrisi yang Ibu konsumsi tentu sudah memengaruhi tumbuh kembang janin yang bisa Ibu dapatkan salah satunya dari susu kehamilan seperti Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Perubahan yang akan Ibu rasakan memang tidak berhubungan dengan kehamilan, melainkan lebih kepada tanda-tanda ovulasi. Meski begitu, gejala hamil 1 minggu pada setiap Ibu berbeda-beda. 

Sebagian wanita mungkin tidak memiliki gejala kehamilan sama sekali, namun ada juga yang mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, nyeri payudara, dan kram perut ringan. 

Pada minggu pertama kehamilan, Ibu juga akan mulai merasakan adanya perubahan hormon. Agar tidak melewatkan momen kehadiran si Kecil di dalam perut Ibu, simak apa saja tanda-tanda kehamilan minggu pertama ini yuk, Bu!

Tanda Hamil 1 Minggu

Ibu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah telat haid 1 minggu adalah tanda hamil mengingat periode menstruasi yang terlewat merupakan gejala utama awal kehamilan. Namun, terlambat menstruasi tidak bisa dijadikan patokan sebagai gejala kehamilan bagi Ibu yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Artikel Sejenis

Gejala kehamilan di minggu pertama sebenarnya mirip seperti gejala yang Ibu alami pada minggu pertama siklus menstruasi. Berikut ini adalah tanda hamil 1 minggu yang perlu Ibu ketahui:

  1. Kram perut

    Kram perut menjadi salah satu tanda kehamilan yang kerap muncul di awal masa kehamilan. Rasa kram yang Ibu rasakan tidak jauh berbeda dengan kram menjelang menstruasi. 

    Namun, kram di perut yang dirasakan oleh ibu hamil 1 minggu jauh lebih hebat karena ada proses implantasi janin ke rahim yang sedang terjadi. Bila merasakan gejala serupa, segera lakukan tes kehamilan mandiri atau periksa ke dokter kandungan ya, Bu.

  2. Perdarahan

    Perdarahan ringan bisa menjadi salah satu tanda hamil 1 minggu. Perdarahan yang Ibu alami terjadi karena tubuh sedang meluruhkan lapisan rahim yang lama dan mulai membentuk lapisan rahim baru untuk menampung sel telur yang telah dibuahi.

    Bila perdarahan yang dialami berwarna merah terang atau merah muda disertai dengan munculnya keputihan bak gumpalan darah, itu merupakan salah satu tanda kehamilan. Perdarahan pada hamil 1 minggu ini sering diabaikan karena menyerupai perdarahan saat menstruasi.

  3. Mual di pagi hari

    Mual di pagi hari atau morning sickness menjadi salah satu ciri-ciri hamil 1 minggu yang kerap dialami wanita di awal masa kehamilan. Rasa mual yang mungkin Ibu rasakan ini biasanya baru akan mulai mereda saat usia kehamilan mencapai akhir trimester pertama.

  4. Sering buang air kecil

    Meningkatnya frekuensi buang air kecil merupakan hal yang umum terjadi di trimester pertama kehamilan. Adanya perubahan hormon membuat tubuh ibu hamil lebih banyak menghasilkan darah dan meningkatkan produksi urin. 

    Bertambahnya produksi urin inilah membuat kandung kemih jadi lebih cepat penuh, sehingga membuat ibu hamil 1 minggu lebih sering buang air kecil.

  5. Mudah lelah

    Ibu yang sedang hamil 1 minggu akan lebih mudah merasa lelah meski melakukan aktivitas yang ringan sekalipun. Kelelahan ini bisa dipicu oleh adanya peningkatan hormon progesteron yang terjadi di dalam tubuh. Segera kurangi aktivitas saat tubuh sudah menunjukkan sinyal kelelahan ya, Bu.

  6. Perubahan pada payudara

    Mirip seperti gejala menjelang datang bulan, payudara Ibu juga akan terasa lebih kencang saat hamil 1 minggu. Payudara juga akan terasa nyeri dan tidak nyaman pada minggu-minggu pertama kehamilan. Ketidaknyamanan ini mungkin akan berkurang setelah beberapa minggu ya, Bu. 

  7. Sakit pinggang

    Rasa sakit di pinggang bagian bawah tak hanya dirasakan saat hamil 1 minggu saja, melainkan juga selama masa kehamilan berlangsung. Sakit pinggang yang Ibu rasakan biasanya disebabkan oleh adanya penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Bentuk Janin 1 Minggu

janin 1 minggu - ibudanbalita

Tahukah Ibu bahwa usia janin dan usia kehamilan itu merupakan dua hal yang berbeda? Menurut American Pregnancy Association, usia kehamilan dimulai sejak hari pertama haid terakhir (HPHT) Ibu. Meskipun pada HPHT janin belum terbentuk karena pembuahan belum terjadi, minggu tersebut tetap dihitung sebagai usia perkembangan janin 1 minggu.

Pada usia kehamilan 1 minggu, janin belum terbentuk karena sel telur masih dalam proses meninggalkan indung telur dan menuju tuba falopi. Jadi jangan heran bila bentuk perut ibu hamil 1 minggu tidak akan terlihat.

Biasanya pembuahan baru terjadi pada hari ke-11 hingga ke-21 sejak HPHT. Namun, hal ini tidak bisa dipastikan secara akurat ya, Bu. Melakukan tes kehamilan menjadi hal yang paling tepat untuk memastikan apakah Ibu sedang menjalani masa kehamilan atau tidak.

Nutrisi yang Dibutuhkan saat Hamil 1 Minggu

Nutrisi yang dibutuhkan saat hamil 1 minggu - ibudanbalita

Meski baru hamil 1 minggu, Ibu perlu memerhatikan asupan makanan selama menjalani masa kehamilan. Apalagi trimester pertama merupakan periode yang sangat krusial ya, Bu. Berikut nutrisi yang harus Ibu penuhi kebutuhannya saat sedang hamil:

  1. Protein

    Ibu hamil 1 minggu membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya. Protein berperan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh janin dan meningkatkan daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan. Sumber protein yang bisa Ibu konsumsi diantaranya telur, ayam, dan greek yogurt.

    Ibu hamil juga dianjurkan untuk memperbanyak asupan 9AAE yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari protein. Dikarenakan 9AAE tidak bisa diproduksi oleh tubuh, Ibu bisa mendapatkannya dari konsumsi susu seperti Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat membantu memenuhi 12% kebutuhan protein harian.

  2. DHA

    DHA berperan penting dalam mendukung perkembangan saraf dan otak janin. Bagi Ibu hamil, mengonsumsi cukup DHA bisa menjaga kesehatan selama masa kehamilan berlangsung. Salah satu jenis asam lemak omega-3 ini dianjurkan untuk dikonsumsi sedikitnya 300 miligram per hari.

    Ikan salmon, sarden, makarel, tiram, udang, dan kakap putih diketahui mengandung DHA tinggi yang bagus untuk ibu hamil. Jika tidak bisa mengonsumsi makanan laut, Ibu bisa mendapatkan asupan DHA dari susu khusus ibu hamil seperti Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 34 mg DHA dalam tiap sajiannya.

  3. Asam folat

    Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 termasuk salah satu nutrisi paling penting untuk ibu hamil di trimester pertama. Asam folat memainkan peran kunci dalam mencegah cacat tabung saraf. 

    Untuk mendapatkan asupan harian 600 mikrogram asam folat yang direkomendasikan, Ibu bisa mengonsumsi susu khusus Ibu hamil yang tinggi asam folat, jeruk, stroberi, sayuran berdaun hijau, sereal, kacang merah, kacang-kacangan, kembang kol, dan buah bit.

    Ibu juga perlu mengonsumsi susu khusus ibu hamil tinggi asam folat seperti Frisian Flag PRIMAMUM. Setiap sajian susu ini dapat memenuhi 25% kebutuhan asam folat harian ibu hamil.

  4. Serat

    Makanan untuk trimester pertama yang tak kalah pentingnya yaitu makanan kaya serat. Serat bisa membantu Ibu untuk mengontrol kenaikan berat badan dan menurunkan risiko diabetes gestasional.

    Serat juga bisa merangsang perkembangan janin dan mencegah ibu hamil mengalami masalah kesulitan buang air besar. Buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga, sayur-sayuran yang dimasak dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi.

    Ibu hamil 1 minggu dianjurkan untuk mengonsumsi 35 gr serat per hari. Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu kehamilan seperti Frisian Flag PRIMAMUM yang dapat memenuhi 7% kebutuhan serat harian dalam setiap sajiannya.

  5. Kalsium

    Mengonsumsi kalsium sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin. yang sedang tumbuh. Ibu membutuhkan 1.000 miligram asupan kalsium yang direkomendasikan per hari melalui konsumsi susu, keju, yogurt, dan sayuran hijau.

    Susu khusus ibu hamil seperti Frisian Flag PRIMAMUM diketahui dapat membantu Ibu memenuhi 20% kebutuhan kalsium harian dalam setiap sajiannya.

  6. Zat besi

    Ibu hamil 1 minggu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi untuk mencegah anemia yang kerap terjadi selama kehamilan. Sebaiknya Ibu tidak menganggap remeh anemia karena kondisi ini bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur lho, Bu.

    Asupan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu sebesar 27 miligram zat per hari. Zat besi bisa didapatkan dari daging sapi dan unggas, telur, ikan yang tidak mengandung merkuri, tahu, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, hingga telur.

    Selain dari makanan, susu khusus ibu hamil seperti Frisian Flag PRIMAMUM juga bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian Ibu. Sebab, setiap sajiannya dapat mencukupi 25% asupan zat besi harian yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

  7. Vitamin C

    Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, brokoli, dan stroberi diketahui bisa membantu meningkatkan perkembangan tulang dan jaringan pada janin yang sedang tumbuh. Selain itu, vitamin C juga bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi.

    AKG menetapkan bahwa ibu hamil memerlukan 85 mg asupan vitamin C setiap harinya. Ibu bisa memenuhi 30% kebutuhan vitamin C tersebut dengan mengonsumsi segelas susu Frisian Flag PRIMAMUM yang merupakan susu khusus ibu hamil dan menyusui.

Itulah sejumlah informasi yang perlu Ibu ketahui mengenai hamil 1 minggu. Meski baru seumur jagung, kehamilan yang sedang Ibu jalani ini perlu disambut dengan baik melalui konsumsi nutrisi yang tercukupi.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin,  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta  9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng  untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Jika Ibu masih memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Yuk, coba sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.