Share Like
Simpan

Ibu tentu merasakan sendiri ya bahwa perubahan hormon pada tubuh selama hamil ternyata dapat memengaruhi kesehatan wanita hamil secara fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, Ibu perlu selalu menjaga stamina tubuh dan kestabilan emosi Ibu. Hal ini tidak perlu dilakukan sendiri. Ibu bisa melibatkan orang terdekat, salah satunya sahabat yang bisa jadi penyemangat Ibu kala menghadapi masa-masa kehamilan yang menantang, terutama di trimester pertama ini. Apa saja hal seru yang bisa Ibu lakukan bersama para sahabat? Berikut ini beberapa aktivitas yang direkomendasikan oleh para Ibu lain di forum Ibu & Balita.

• Belanja

Banyak bergerak bagus untuk mendukung kesehatan wanita hamil, apalagi menjelang kelahiran. Nah... kenapa tidak melakukannya sambil berbelanja bareng sahabat? Tidak ada wanita yang tidak suka dengan belanja. Setuju nggak, Bu? Sambil belanja berbagai kebutuhan Ibu bersama sahabat, Ibu dapat sedikit berolahraga. Sahabat Ibu juga bisa membantu memilihkan barang-barang kebutuhan Ibu selama hamil. Agar sesi belanja lebih efektif dan tidak kebablasan, ada baiknya Ibu mencatat dulu daftar belanjaan sebelum berangkat. Tambahan lagi, pastikan Ibu mengenakan baju dan sepatu yang nyaman ketika belanja. Berikan juga waktu istirahat yang cukup ketika berpindah dari satu ke toko lain, agar Ibu tidak kelelahan.

• Piknik

Tak perlu jauh-jauh, Bu. Hal ini bisa dilakukan di taman dekat rumah atau tempat rekreasi yang masih dapat dijangkau dengan mudah. Pastikan areanya juga memiliki cukup banyak pohon hijau dan udara segar agar Ibu bisa merasa lebih santai. Ibu dan sahabat juga bisa menyiapkan bekal makanan yang bagus untuk kesehatan wanita hamil sebagai camilan saat mengobrol. Curhat pada orang terdekat bisa jadi salah satu cara untuk membuat Ibu lebih tenang saat menjalani momen kehamilan yang menantang. Jika sahabat Ibu sudah pernah melahirkan sebelumnya, Ibu juga bisa saling berbagi info seputar kehamilan dan melahirkan.

• Spa

Ya, rasanya ini bisa jadi salah satu jawaban untuk meredakan rasa pegal-pegal yang Ibu rasakan saat hamil ya. Hal ini bisa makin lengkap dan berkesan dengan kehadiran sahabat di samping Ibu. Selagi merasakan nikmatnya perawatan spa, Ibu dapat menceritakan perasaan yang Ibu rasakan saat menjalani kehamilan ini. Hati Ibu bisa terasa lebih lega dan badan menjadi lebih segar setelah spa. Untuk ini, ada baiknya Ibu mencari tempat spa khusus ibu hamil agar segala perawatan dan pijatan yang Ibu dapatkan bisa lebih sesuai dan aman untuk Ibu.

Kebahagiaan dan kestabilan emosi Ibu selama hamil menjadi kunci untuk kesehatan Ibu dan janin, Bu. Hal ini bisa Ibu maksimalkan dengan berkumpul dengan para sahabat. Dengan kehadiran sahabat, Ibu dapat meringankan gejala stres dengan cara berbagi cerita mengenai perasaan tertekan, khawatir, hingga paranoid menjelang kelahiran—perasaan negatif yang bisa menjadi pemicu hadirnya depresi setelah melahirkan atau dikenal dengan nama baby blues syndrome. Itulah sebabnya selama hamil para ibu disarankan untuk mendapatkan dukungan dari orang terdekat di sekitarnya demi menjaga kesehatan wanita hamil. Yuk, segera buat janji dengan sahabat, Bu!