Share Like
Simpan

 Kehamilan merupakan suatu proses yang memerlukan persiapan fisik, mental, dan finansial dari setiap pasangan. Kebanyakan wanita sadar, bahwa kesehatan fisik dan kebugaran tubuh penting ketika menghadapi kehamilan. Tapi, bagaimana Ibu tahu bahwa Ibu sudah sehat dan siap menjalani indahnya masa-masa kehamilan?

Hal pertama yang bisa Ibu lakukan tentunya berpikir positif, dan menganggap bahwa kehamilan adalah suatu amanah. Dengan pola pikir yang positif, maka sistem hormon, imunitas dan komunikasi antar sel menjadi baik dan lancar.

Kemudian, untuk mengetahui kondisi kesehatan Ibu dalam rangka menyambut kehamilan perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan yang meliputi:

1. Membuat silsilah / riwayat kesehatan, termasuk penyakit dan kelainan, pada keluarga serta saudara, baik pihak Ibu maupun pihak suami.
2. Memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan screening prenatal yang meliputi pemeriksaan fisik, darah, urin, serta pemeriksaan penunjang lainnya bila diperlukan.
3. Memeriksa kelengkapan vaksinasi
4. Pola makan dan gaya hidup

Setelah siap secara fisik, selanjutnya Ibu juga harus mempersiapkan diri secara mental. Persiapan ini sendiri tentunya menjadi tantangan terbesar bagi seorang wanita ketika hamil. Selama kehamilan, kebanyakan wanita mengalami perubahan psikologis dan emosional. Seringkali kita mendengar seorang wanita mengatakan betapa bahagianya dia karena akan menjadi seorang Ibu. Namun, tidak jarang juga kita mendengar adanya wanita yang khawatir akan terjadi masalah dan kelainan pada kehamilannya.

Perubahan psikologis yang terjadi pada kehamilan ini, terutama trimester pertama, didasari pada teori Reva Rubin. Teori ini menekankan pada pencapaian peran sebagai ibu, dimana untuk mencapai peran tersebut seorang wanita memerlukan proses belajar melalui serangkaian aktivitas

Beberapa tahapan aktivitas penting saat seseorang akan menjadi ibu adalah:

• Taking On
Wanita dalam pencapaian peran sebagai ibu akan mulai meniru dan melakukan peran seorang ibu.

• Taking In
Seorang wanita sudah mulai membayangkan peran yang dilakukan

• Letting Go
Wanita mengingat kembali proses dan aktivitas yang sudah dilakukannya.

Pada saat sedang hamil, sering kali calon ibu merasa memiliki rasa ketergantungan terhadap orang lain. Hal ini bisa dimaklumi karena pada saat-saat ini, wanita memerlukan keamanan dan perhatian dari seseorang yang sangat dominan baginya.

Karenanya, keluarga dalam hal ini harus menjadi bagian dalam mempersiapkannya sebagai orangtua. Dengan dukungan penuh dari lingkungan sekitar, Ibu pun jadi lebih siap melewati masa-masa kehamilan.

Salam Hangat!