Share Like
Simpan

Hai, Bu! Apa kabar hari ini? Apa takjil untuk berbuka puasa bersama keluarga sudah siap? Atau, Ibu justru masih bingung mau menghidangkan takjil apa hari ini? Bagi yang masih bingung, coba es blewah yuk, Bu! Tak hanya tepat jadi pilihan karena mengandung banyak air dan memiliki rasa manis yang pas, si oranye yang satu ini juga perlu Ibu konsumsi sebagai salah satu cara menjaga kehamilan di bulan puasa ini.

Saat hamil di momen puasa tahun lalu, saya juga rutin mengonsumsi blewah, Bu. Sebab, di samping membantu menyegarkan tubuh kembali pasca berpuasa, buah ini juga punya banyak manfaat baik untuk Ibu hamil, di antaranya:

1. Sumber Nutrisi

Tahukah, Bu? Di balik rasanya yang manis menyegarkan, blewah termasuk makanan sehat untuk Ibu hamil karena mengandung banyak zat penting yang Ibu perlukan selama kehamilan. Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, C, dan B1, itulah berbagai zat yang bisa Ibu dapatkan dengan mengonsumsi si manis yang satu ini.

Tak hanya itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa di tiap seratus gram buah blewah ternyata terdapat senyawa Beta-Karoten hingga 3.138 mikrogram. Jumlah ini disebut-sebut tiga puluh kali lebih tinggi ketimbang yang terdapat pada buah jeruk. Sebagai info, Beta-Karoten ialah senyawa alami yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh serta bisa membantu Ibu terhindar dari risiko katarak dan penyakit jantung bila rutin dikonsumsi.

2. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Apa Ibu merasa kulit Ibu lebih kering saat masa kehamilan? Jika ya, mengonsumsi blewah saat berbuka puasa bisa membantu Ibu mengatasi masalah ini. Seperti yang Ibu tahu, blewah termasuk keluarga melon yang terkenal sebagai sumber Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi. Selain itu, blewah pun mengandung Kalium, Vitamin B1, B3, dan B6, Asam Folat, Vitamin K, serta Omega-3. Semua kandungan penting ini siap membantu Ibu menjaga kulit tetap lembap dan sehat selama kehamilan.

3. Mencegah Stres

Berhubung kondisi psikologis Ibu turut memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan, menghindari stres dan pemicunya menjadi salah satu cara menjaga kehamilan yang perlu Ibu lakukan. Terkait hal ini, buah blewah bisa membantu, lho.

Mengandung Fitonutrien (senyawa antioksidan alami tumbuhan) dalam jumlah tinggi, blewah dapat membantu Ibu menjaga kehamilan dengan membuat Ibu terhindar dari stres oksidatif. Dalam bahasa sederhana, stres oksidatif diartikan sebagai kondisi di mana kadar zat berbahaya dalam tubuh lebih banyak dibanding yang bisa dinetralkan oleh tubuh.

Nah, kini sudah tahu kan, Bu, manfaat konsumsi blewah untuk menjaga kesehatan Ibu selama hamil? Karenanya, yuk, konsumsi si oranye ini selama mengandung sebagai cara menjaga kehamilan Ibu!