Ibu berencana mengolah menu MPASI 8 bulan yang lezat dan kaya nutrisi untuk si Kecil? Sebelum itu, sebaiknya Ibu ketahui dulu beberapa hal penting yang berpengaruh terhadap pemberian MPASI si Kecil. Selain itu, pastikan juga Ibu tetap memberikannya ASI yang berkualitas. Ibu bisa minum susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Kemampuan makan bayi usia 8 bulan akan terus berkembang. Dalam hal ini, si Kecil umumnya sudah lebih terlatih untuk mengambil, menggenggam, dan memindahkan makanan lho, Bu.

Sebelum Ibu mengetahui apa saja resep MPASI 8 bulan yang bisa diberikan kepada si Kecil, sebaiknya Ibu ketahui dulu beberapa tips saat memberikan MPASI 8 bulan yang tepat di bawah ini!

Perkembangan dan Kemampuan Makan Bayi 8 Bulan

Perkembangan dan kemampuan makan si Kecil memang berkaitan erat dengan panduan pemberian MPASI 8 bulan. Sebab, Ibu perlu menyajikan MPASI 8 bulan sesuai dengan kemampuan si Kecil untuk mengunyah dan menelan, sehingga perlu memerhatikan tekstur dari MPASI 8 bulan tersebut. 

Untuk melatih kemampuan makan si Kecil yang semakin berkembang, Ibu juga sudah bisa memberikan si Kecil MPASI 8 bulan dalam bentuk finger food. Finger food merupakan makanan seukuran jari tangan, biasanya makanan yang dijadikan finger food bayi 8 bulan adalah sayuran rebus, pasta, telur, keju, dan lain sebagainya.

Artikel Sejenis

Panduan MPASI 8 Bulan untuk Si Kecil

Panduan MPASI 8 bulan - ibudanbalita

Mengingat usia si Kecil sudah semakin bertambah, maka Ibu perlu menyesuaikan tekstur dan porsi makan bayi 8 bulan. Selain itu, perhatikan juga beberapa panduan MPASI 8 bulan berikut ini:

  • Berikan variasi makanan yang beragam agar si Kecil tidak bosan
  • Sajikan finger food dengan ukuran dan tekstur yang sesuai kemampuan si Kecil
  • Pastikan makanannya mengandung nutrisi yang seimbang
  • Jaga kebersihan makanan, tempat makan, dan si Kecil 
  • Buat jadwal menu MPASI 8 bulan setiap harinya 
  • Tetap memberikan ASI sebagai nutrisi pendukung yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil.

Baca juga: 7 Cara Agar ASI Melimpah Secara Alami, Yuk Coba!

Berapa Banyak Porsi MPASI 8 Bulan yang Dibutuhkan?

Porsi makan bayi 8 bulan - ibudanbalita

Selain tetap rutin memberikan ASI, frekuensi makan yang bisa Ibu berikan untuk si Kecil juga perlu diperhatikan dengan baik. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian makan bayi 8 bulan sekitar 2-3 kali per hari.

Untuk jumlah porsi makan dalam sekali makan, Ibu bisa memberikan sekitar 1/2 mangkuk atau 1/2 gelas air mineral (sekitar 125 milliliter) MPASI 8 bulan yang teksturnya lembut. 

Selain mengonsumsi menu MPASI 8 bulan dengan tekstur yang lembut, sebenarnya si Kecil juga sudah bisa mengonsumsi makanan yang sedikit lebih padat atau camilan ringan. Ibu bisa memberikan si Kecil makanan selingan sebanyak 1-2 kali sehari di sela-sela waktu makan utamanya.

Saat memberikan makanan selingan, pastikan porsinya jangan terlalu banyak ya, Bu. Hal ini penting agar si Kecil tidak merasa kenyang saat memasuki waktu makan utamanya. Pastikan juga jam makan MPASI 8 bulan si Kecil tidak lebih dari 30 menit.

Lantas, bagaimana dengan tekstur MPASI 8 bulan berbentuk finger food? Ibu bisa memberikan si Kecil sayuran rebus (wortel, buncis, brokoli, dan lain sebagainya), keju, daging ayam rebus, telur rebus, dan lain sebagainya.

Ukuran finger food untuk MPASI 8 bulan sebaiknya jangan terlalu besar. Ukuran finger food yang kecil akan memudahkan si Kecil untuk belajar mengunyah makanan tersebut. Sebab, makanan yang seukuran dengan jari tangan ini lebih mudah digenggam dan dimakan oleh bayi 8 bulan.

Baca juga: Jenis Perkembangan Bayi 8 Bulan dan Stimulasinya

Resep MPASI 8 Bulan yang Kaya Nutrisi dan Lezat

Berikut ini menu MPASI 8 bulan yang bisa Ibu buat sendiri di rumah, di antaranya: 

Pure Jagung Manis & Hati Ayam

Rasa manis dari jagung dan gurihnya hati ayam pasti akan sangat disukai oleh bayi, Bu. Selain itu, kandungan nutrisinya pun tak perlu diragukan lagi. Yuk, intip resepnya!

Bahan-bahan:

  • 100 gr jagung manis pipil
  • 1 buah hati ayam kampung, kukus dan potong dadu
  • 100 ml air
  • ASI secukupnya
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm mentega tawar

Cara membuat:

  1. Kukus jagung manis hingga sangat lunak.
  2. Blender jagung hingga lembut.
  3. Tumis hati ayam dengan mentega tawar dan bawang putih cincang sebentar hingga harum.
  4. Angkat dan campurkan dengan ASI secukupnya
  5. Campurkan tumisan hati ayam di atas pure jagung.
  6. Pure jagung manis dan hati ayam siap dihidangkan.

Bubur Beras Merah dengan Daging Ayam & Sayuran

Resep MPASI 8 bulan bubur beras merah dengan daging ayam - ibudanbalita

Jika Ibu mencari resep MPASI 8 bulan penambah berat badan, kombinasi bubur beras merah dengan daging ayam dan sayuran bisa menjadi pilihan.

Menu MPASI 8 bulan ini sudah tergolong menu MPASI 4 bintang ya, Bu. Jadi si Kecil sudah mendapatkan banyak nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Bahan-bahan:

  • 100 gr beras merah
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm mentega tawar
  • 100 gr daging ayam giling
  • ASI secukupnya
  • 1 buah wortel, kukus dan cincang lembut
  • 1 buah brokoli ukuran kecil, kukus dan rajang lembut bagian atasnya saja

Cara membuat:

  1. Masak beras merah dengan cara ditumbuk sampai menjadi tepung atau bisa dimasak seperti biasa menggunakan perbandingan 1:9 air untuk mendapatkan tekstur yang sangat lunak. Masak dengan api kecil.
  2. Aduk-aduk bubur supaya tidak hangus.
  3. Tumis ayam giling dengan minyak mentega tawar dan bawang putih cincang hingga matang.
  4. Masukkan tumisan ayam, worter, dan brokoli kukus pada bubur yang sudah matang. Tambahkan ASI secukupnya, lalu aduk-aduk rata.
  5. Hidangkan dalam wadah dan tambahkan keju parut untuk menambahkan rasa gurih.

Bubur Kacang Hijau Kurma

Ibu bingung menyesuaikan tekstur MPASI 8 bulan belum tumbuh gigi? Kombinasi antara kacang hijau dan kurma yang lembut ini akan memberikan berbagai nutrisi untuk si Kecil. Kacang hijau juga termasuk kacang-kacangan yang bisa dijadikan menu makanan bayi 9 bulan, Bu. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • 100 gr kacang hijau kupas, rendam dengan air semalaman
  • 2 buah kurma, ambil dagingnya
  • ASI secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus kacang hijau hingga empuk.
  2. Blender daging kurma sampai lembut.
  3. Saring kacang hijau lalu campurkan ke dalam blender dan tambahkan ASI, lalu haluskan.
  4. Tuang ke dalam wadah, sajikan selagi hangat.

Bubur Kentang & Salmon

Bubur kentang dan salmon merupakan salah satu menu MPASI 8 bulan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Berikut resep yang bisa Ibu coba:

Bahan-bahan:

  • 100 gr kentang, kupas dan kukus
  • 50 gr salmon
  • 1 ikat bayam
  • Keju parut secukupnya
  • 1 sdm mentega tawar
  • 100 ml ASI

Cara membuat:

  1. Haluskan kentang kukus kemudian letakkan ke dalam panci.
  2. Tuang ASI, masak dengan api kecil hingga mengental.
  3. Panggang salmon dengan mentega tawar hingga matang, lalu suwir-suwir kecil.
  4. Tuang kentang ke dalam wadah, taburkan suwiran salmon dan keju parut.
  5. Bubur kentang salmon siap disantap menjadi menu MPASI 8 bulan

Nasi Tim Daging Cincang & Sayuran

Nasi tim merupakan sumber karbohidrat, sedangkan daging cincang adalah sumber protein hewani. Ibu bisa menambahkan wortel, brokoli, atau bayam sebagai sumber vitamin dan mineralnya. Berikut resep yang bisa Ibu coba buat sendiri di rumah:

Bahan-bahan:

  • 100 gram beras putih, cuci bersih
  • 50 gram daging sapi cincang
  • 1 ikat sawi sendok, cincang halus
  • 1 buah bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm mentega tawar
  • ASI secukupnya 

Cara membuat:

  1. Rebus beras putih dengan air hingga lembut dengan api kecil. Aduk-aduk agar tidak hangus.
  2. Tumis daging sapi dengan mentega tawar, bawang cincang, dan sawi cincang.
  3. Setelah beras mulai lembek, campurkan tumisan daging lalu aduk rata.
  4. Haluskan semuanya agar teksturnya lembut dan halus, tambahkan ASI secukupnya, lalu aduk rata
  5. Tuang dalam wadah, sajikan selagi hangat.

Baca Juga : Faktor Pemicu Bayi Berkeringat Saat Tidur

Menu MPASI 8 bulan di atas sangat mudah dan kaya nutrisi kan, Bu? Pastikan Ibu memasak MPASI 8 bulan ini sampai matang sempurna dan perhatikan juga kandungan nutrisi di dalamnya. Sebab, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan tumbuh kembangnya agar lebih prima.

Salah satu nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh Sadalah ASI. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu.

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar perut, indeks massa tubuh, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa tahu seperti apa tumbuh kembang ideal bagi bayi dan anak-anak. Yuk, coba langsung mencoba fiturnya di sini!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!


Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.