Share Like
Simpan

Hai Bu, si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI? Memasuki usia 6 bulan ke atas, si Kecil tentunya membutuhkan makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal tersebut juga mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya, lho. Oleh karena itu, Ibu bisa mulai memperkenalkan menu MPASI untuk buah hati kesayangan.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai artikel kesehatan, sebagai permulaan, Ibu dapat memberi si Kecil makanan dasar terlebih dahulu, yakni makanan yang terbuat dari satu jenis bahan makanan. Setelah itu, secara bertahap, Ibu bisa mulai memadukan berbagai jenis nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya. Menu ini dikenal dengan sebutan Menu 4 Bintang, yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur. Yuk, Bu, cari tahu lebih lanjut mengenai Menu 4 Bintang berikut ini!

Bagaimana Bu, jenis makanan untuk bayi yang saya paparkan cukup bervariasi bukan? Jadi, Ibu tak perlu bingung memilih jenis makanan untuk nutrisi yang sama. Selain itu, si Kecil pun terhindar dari rasa bosan terhadap jenis makanan tertentu.

Supaya asupan nutrisinya tetap seimbang, selain memberikan menu 4 Bintang, Ibu juga bisa memberikan buah-buahan untuk memperkenalkan si Kecil kepada beragam jenis makanan lainnya. Mulailah dengan memberikan buah bertekstur lunak, seperti alpukat, melon, pepaya, pisang, dan sebagainya.

O iya Bu, sebelum memasuki usia 12 bulan, umumnya si Kecil tidak mengutamakan rasa makanan yang mampu memanjakan lidahnya. Ia hanya makan untuk memenuhi kebutuhannya saat lapar. Itu sebabnya, hindari menambahkan perasa seperti gula dan garam secara berlebihan, ya. Selamat mencoba membuat menu MPASI bagi si Kecil!