Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah si Kecil selalu berkeringat ketika tidur? Anak saya juga sering mengalami hal yang sama dan sempat membuat saya khawatir, Bu. Saya pun mulai mencari berbagai informasi seputar berkeringat saat tidur dan baru tahu bahwa kondisi ini sangat umum terjadi pada anak-anak. Menurut dokter anak dan penulis buku Baby and Child Health: The Essential Guide From Birth to 11 Years, Jennifer Shu, anak kecil lebih mudah mengeluarkan keringat saat tidur, ketimbang orang dewasa. Mengapa begitu? Berikut ini alasannya, Bu!

1. Fase Tidur Lelap

Bu, berbeda dengan orang dewasa, ketika sedang tidur si Kecil umumnya akan memasuki fase tidur lelap atau deep sleep. Nah, ketika memasuki fase tidur ini, ia jadi jarang bergerak untuk mengubah posisi tidurnya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan si Kecil mengeluarkan banyak keringat ketika tidur.

2. Kelenjar Keringat di Kepala

Ketika mencari informasi soal masalah keringat pada si Kecil ini, saya banyak mengunjungi situs online yang membahas soal informasi anak, Bu. Beberapa artikel yang saya temukan menjelaskan bahwa kelenjar keringat anak-anak ternyata berada pada area kepalanya. Hal inilah yang menyebabkan sering kali hanya kepala si Kecil yang penuh dengan keringat.

3. Sedang Sakit

Walau kondisi berkeringat saat tidur umum terjadi pada anak-anak, namun hal ini bisa menjadi tanda bahwa si Kecil mengalami masalah gula darah rendah, Bu. Tahukah, Ibu? Tubuh yang kekurangan kadar gula darah biasanya akan mengeluarkan keringat saat tidur di malam hari. Biasanya gejala darah gula rendah juga disertai dengan kulit berwarna pucat dan jantung berdebar. 

Selain itu, berkeringat saat tidur juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung, Bu. Perlu Ibu ketahui bahwa anak yang memiliki masalah kesehatan jantung biasanya mudah berkeringat dan kurang nyenyak ketika tidur di malam hari. Selain itu, umumnya ia juga akan merasa nyeri pada seluruh tubuhnya.  Jika si Kecil mengalami gejala gula darah rendah dan penyakit jantung seperti di atas, saya sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya!

Bagaimana  Bu, sudah pahamkah informasi seputar alasan si Kecil berkeringat saat tidur? Nah, untuk mengurangi keringat berlebihan sang buah hati, Ibu bisa menghindari memakaikan baju tidur yang tidak terlalu tebal pada si Kecil. Selain itu, pastikan juga ia meminum air mineral yang banyak sebelum tidur, sehingga tetap terhidrasi meski berkeringat di malam hari. Namun, jika si Kecil tetap berkeringat disertai dengan demam, menggigil, pucat, dan gejala sakit lainnya, coba periksakan ke dokter, ya. Semoga informasi ini membantu, Bu.