Halo, Bu! Perkembangan bayi 8 bulan tentu perlu variasi stimulasi yang tepat dan menyenangkan untuk mendorong perkembangan mereka yang lebih optimal. Selain itu, Ibu juga dapat mendukung perkembangan bayi 8 bulan dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui ASI yang berkualitas. Guna meningkatkan kualitas ASI, diperlukan asupan bernutrisi untuk Ibu menyusui seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Variasi kegiatan stimulasi bayi 8 bulan ini bisa Ibu lakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari dan bisa dilakukan di rumah. Penting untuk terus melakukannya supaya tidak hanya perkembangan bayi 8 bulan saja yang terbentuk, tapi ikatan batin Ibu dan si Kecil semakin dekat dan menyenangkan.

Simak seperti apa perkembangan bayi 8 bulan dan stimulasinya berikut ini yuk, Bu!

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Sebelum mencatat stimulasi apa saja yang tepat untuk si Kecil, Ibu bisa pahami dulu perkembangan bayi 8 bulan. Umumnya si Kecil akan mulai mengoceh, bertepuk tangan, merangkak, menarik untuk berdiri dan banyak hal lainnya yang tentu sangat menyenangkan saat diamati sambil memberikan stimulasi bayi 8 bulan kepada si Kecil.

Pada usia 8 bulan, si Kecil mengalami percepatan perkembangan otak. Ini meningkatkan memori bayi dan mungkin Ibu akan melihat si Kecil membentuk keterikatan yang lebih kuat dengan orang lain, mainan, dan buku favorit mereka. Berikut beberapa perkembangan bayi 8 bulan yang perlu Ibu ketahui:

Artikel Sejenis

  1. Duduk Merangkak

    Di usia 8 bulan, kemungkinan bayi Ibu akan mulai bergerak merangkak. Apalagi jika mereka sudah mampu duduk dengan baik tanpa ditopang atau sandaran. Kebanyakan bayi memang merangkak di usia sekitar 8 bulan, tapi Ibu jangan khawatir jika si Kecil belum mulai merangkak.

    Perkembangan bayi 8 bulan belum bisa merangkak tidak bisa disimpulkan menjadi kondisi yang tidak normal ya, Bu. Si Kecil yang tidak terlihat pandai merangkak hingga berumur 1 tahun merupakan hal yang kerap terjadi. Namun, mereka biasanya langsung bisa meloncat setelah mahir berjalan perlahan.

  2. Keseimbangan

    Salah satu perkembangan bayi 8 bulan yang menakjubkan adalah keseimbangannya semakin membaik. Hal ini dikarenakan kekuatan otot mereka yang semakin berkembang.

    Pada usia 8 bulan ini mungkin si Kecil akan mulai senang berlatih berdiri sambil berpegangan dengan meja, sofa, atau mungkin sambil digandeng Ibu. Si Kecil mungkin juga akan terlihat duduk sambil berlompat-lompat di boks atau tempat tidur mereka. Mencoba berdiri ini adalah proses perkembangan bayi 8 bulan untuk mulai coba berjalan.

  3. Memiliki benda kesayangan

    Di usia 8 bulan ini, mungkin sekali jika si Kecil mulai memiliki kesukaan seperti selimut, mainan, atau boneka binatang khusus. Jangan khawatir atau malah dihindari ya Bu. 

    Proses ini justru menunjukkan perkembangan bayi 8 bulan yang baik pada si Kecil. Ini sebagai tanda kalau si Kecil mulai mencari kenyamanan yang lain setelah hanya bisa nyaman dengan Ibu.

    Dukung mereka untuk memiliki ‘bonding’ yang baik dengan benda kesayangannya ini. Tetap periksa kebersihan selimut, boneka, mainan atau bantal kesayangan mereka ya Bu.

  4. Mengoceh

    Beberapa bayi di usia 8 bulan akan mulai mengeluarkan kata-kata seperti "mama" dan "dada." Dari usia ini, mungkin Ibu belum akan bisa berkomunikasi dengan baik dan benar hingga mereka menginjak usia 12 bulan.

    Meski begitu, perkembangan bayi 8 bulan yang satu ini akan menjadi dasar utama perkembangan bahasa dan komunikasi mereka selanjutnya. Jadi, pastikan Ibu selalu merespon dan mengajak si Kecil berbicara terus ya Bu.

  5. Kontrol motorik yang semakin baik

    Perkembangan bayi 8 bulan akan terlihat dari kontrol motoriknya yang semakin baik. Sangat mungkin bagi si Kecil untuk dapat mengoper sesuatu, seperti mainan, dengan lancar dari satu tangan ke tangan lainnya.

    Mereka mungkin juga terampil menggenggam benda-benda kecil dan memasukkannya ke mulut. Penting untuk selalu mengamati si Kecil saat bermain ya Bu. Jangan sampai si Kecil tidak sengaja memasukkan benda berukuran kecil kemudian hingga tertelan. 

  6. Menunjuk sesuatu

    Di usia 8 bulan hingga 12 bulan nanti, si Kecil akan mulai bisa menunjuk sesuatu. Stimulasi yang tepat untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan ini salah satunya dengan mendorong si Kecil menunjuk sesuatu saat diberi pertanyaan atau diajak berbicara. Pastikan Ibu selalu merespon dengan baik saat mereka tampak menunjuk sesuatu ya.

Stimulasi Perkembangan Bayi 8 Bulan

stimulasi perkembangan bayi 8 bulan - ibudanbalita

Berikut beberapa kegiatan stimulasi yang bisa Ibu lakukan di rumah untuk mendorong indera dan perkembangan bayi 8 bulan lebih optimal:

  1. Selalu mengajak si Kecil berbicara

    Di usia ini si Kecil akan sangat tertarik memerhatikan percakapan. Sebagai stimulasi untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan, Ibu bisa ajak berbicara si Kecil tentang hal-hal sehari-hari dan hal lainnya. Kegiatan ini akan membantu mereka memahami arti kata-kata. Semakin banyak bicara semakin baik!

  2. Dengarkan dan tanggapi ocehan si Kecil

    Dengan mendapatkan respon dari Ibu, ini dapat membangun keterampilan bahasa, komunikasi, dan literasi serta membantu si Kecil merasa 'didengar', dicintai, dan dihargai.

    Penting untuk merespons dengan berbicara atau mengatur intonasi dan nada suara Ibu yang hangat dan penuh kasih sebagai stimulasi perkembangan bayi 8 bulan. Si Kecil pada dasarnya senang mendengar suara Ibu yang didengarnya naik turun dan suka melihat ekspresi wajah Ibu saat berbicara.

  3. Bermain bersama si Kecil

    Saat bermain ini, Ibu bisa sambil nyanyikan lagu, bermain cilukba, membunyikan lonceng, menyembunyikan mainan, dan membuat suara lucu atau suara binatang bersama-sama. Pada usia ini, si Kecil sangat senang dan menikmati waktu bermain dengan Ibu dan meniru apa yang Ibu lakukan.

    Selain menjadi stimulasi untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan, bermain bersama juga membantu si Kecil merasa dicintai dan aman.

  4. Membaca bersama

    Ibu bisa mengembangkan imajinasi si Kecil dengan membaca, berbicara tentang gambar di buku dan bercerita. Kegiatan ini menjadi stimulasi perkembangan bayi 8 bulan karena membantu si Kecil memahami bahasa dan belajar membaca seiring bertambahnya usia.

  5. Mendorong si Kecil untuk bergerak 

    Dengan banyak bergerak dan menjelajah, kekuatan otot si Kecil akan terbangun dengan lebih baik untuk gerakan yang lebih kompleks seperti menarik untuk berdiri dan berjalan. Kegiatan stimulasi ini bagus untuk membantu perkembangan bayi 8 bulan belum bisa merangkak.

    Jika si Kecil sudah mulai merangkak, Ibu bisa mencoba turun ke lantai dan merangkak bersamanya, atau bermain kejar-kejaran sebagai stimulasi perkembangan bayi 8 bulan. Pastikan rumah Ibu aman dan mendukung aktivitas si Kecil sehingga mereka terhindar dari cedera saat jatuh atau saat gerakan mereka sedang tidak tepat.

Mainan Pendukung Perkembangan Bayi 8 Bulan

Mainan pendukung perkembangan bayi 8 bulan - ibudanbalita

Selain melakukan kegiatan atau aktivitas di atas sebagai stimulasi perkembangan bayi 8 bulan, Ibu juga bisa memberikan si Kecil beberapa jenis mainan yang juga menjadi stimulasi perkembangannya.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, si Kecil yang berusia 8 bulan memiliki fungsi pendengaran dan penglihatan yang makin berkembang. Pada fase ini, si Kecil mulai gemar melihat dan mengikuti gerak benda. Ia juga akan berpaling saat mendengar suara di dekatnya dan mulai dapat meraih mainan.

Mainan yang tepat akan mendorong perkembangan motorik dan sensorik si Kecil semakin baik. Berikut beberapa contoh mainan yang bagus untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan:

  • Busy board

    Busy board mainan stimulasi perkembangan bayi 8 bulan - ibudanbalita

    Busy board adalah salah satu mainan yang bagus untuk mendukung perkembangan bayi 8 bulan. Sebab, mainan ini memiliki tombol warna-warni atau banyak benda yang ditempel yang sangat menarik perhatian si Kecil.

    Apalagi jika mengeluarkan suara atau cahaya dengan warna-warni yang menarik. Stimulasi bayi 8 bulan ini bagus untuk mendorong perkembangan otak si Kecil sekaligus kemampuan ototnya untuk mencoba berdiri atau menarik mainan di busy board.

  • Balok mainan

    Balok mainan stimulasi perkembangan bayi 8 bulan - ibudanbalita

    Balok mainan dengan warna-warni yang menarik cocok dijadikan mainan pendukung perkembangan bayi 8 bulan. Si Kecil akan memerhatikan warna, bentuk dan juga teksturnya. Sehingga stimulasi bayi 8 bulan ini bisa mendorong kemampuan motorik dan sensorik si Kecil.

  • Alat musik

    Alat musik mainan stimulasi perkembangan bayi 8 bulan - ibudanbalita

    Ada banyak mainan alat musik seperti kerincingan, piano, atau maracas. Mainan pendukung perkembangan bayi 8 bulan ini akan mengajarkan prinsip sebab akibat untuk si Kecil, dimana saat mereka menekan atau menggerakkan, kemudian mainan alat musik akan mengeluarkan suara. 

Bagaimana Bu, sudah tahu seperti apa perkembangan bayi 8 bulan dan stimulasinya? Selain stimulasi di usia dini, si Kecil tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan tepat. Sudah pasti, ASI adalah asupan nutrisi penting yang jadi sumber banyak vitamin dan gizi lainnya di usia awal si Kecil.

Penting bagi Ibu untuk menjaga dan meningkatkan produksi ASI selama menyusui. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi. 

Selain memantau perkembangan bayi 8 bulan, Ibu juga bisa mengetahui progres pertumbuhan dan perkembangan si Kecil melalui fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Di fitur ini, tinggi badan anak, berat badan, lingkar kepala, dan indeks massanya akan diukur, serta disesuaikan dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk coba sekarang!.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.