Whatsapp Share Like Simpan

Bosan dengan olahan MPASI si Kecil yang itu-itu saja, Bu? Bagaimana jika mengolah MPASI dari beras merah? Yup! Bayi juga boleh lho mengonsumsi beras merah karena mengandung nutrisi penting untuk mendukung kesehatannya. Maka dari itu, Ibu perlu mengetahui cara memasak beras merah yang tepat agar MPASI si Kecil kaya nutrisi dan lezat. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memasak beras merah, sebaiknya Ibu ketahui juga manfaat dari beras merah bagi tumbuh kembang bayi. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Bu.

Apa Saja Manfaat Beras Merah untuk Bayi?

Ini dia beberapa manfaat beras merah bagi tumbuh kembang bayi, antara lain:

Wah, manfaat beras merah cukup beragam ya, Bu? Namun, Ibu perlu tahu juga bahwa manfaat tersebut akan lebih optimal jika cara memasak beras merah yang Ibu lakukan sudah tepat. Sebab, apabila cara memasak beras merahnya tidak tepat, maka kandungan nutrisi di dalamnya akan rusak. Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memasak beras merah yang tepat bagi bayi. Simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana Cara Memasak Beras Merah yang Tepat untuk Bayi?

Cara memasak beras merah dengan jenis beras lainnya ternyata berbeda lho, Bu. Hal ini penting untuk diketahui agar MPASI nasi merah yang diolah tetap mengandung nutrisi yang optimal dan teksturnya lembut atau pulen sesuai kemampuan si Kecil.

Sebagai langkah awal dalam cara memasak beras merah, Ibu dapat mencuci beras menggunakan air bersih dan membilas dengan baik sebelum mengolahnya. Cara ini sebenarnya sama dengan kebiasaan Ibu mencuci dan membilas beras putih. 

Setelah dicuci dan dibilas dengan bersih, Ibu perlu memastikan tekstur beras merah yang tepat untuk MPASI bayi. Lantas, bagaimana tekstur yang sesuai? Untuk MPASI bayi, sebaiknya cara memasak beras merah yang Ibu lakukan harus menjadi puree atau lembut.

Cara memasak beras merah yang menjadi puree sangat direkomendasikan bagi bayi yang berusia 6-12 bulan. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih mudah mengunyah dan mencerna MPASI tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara memasak beras merah yang bisa Ibu lakukan, antara lain:

  1. Tambahkan air lebih banyak dibandingkan jenis beras putih
  2. Pastikan nasi merah yang diolah sudah sangat pulen
  3. Ibu bisa coba mengombinasikan beras merah dengan ASI atau susu formula khusus bayi yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Pastikan Ibu berkonsultasi dengan tenaga medis dulu, ya!
  4. Ibu juga bisa mencampurkan beras merah dengan sayuran yang telah dikukus
  5. Tambahkan lauk pauk agar si Kecil mendapatkan asupan protein

Yang tak kalah penting, cara memasak beras merah sebaiknya dilakukan dengan menjaga kebersihan Ibu dan lingkungan sekitar. Selain itu, hindari memasak atau memanaskan beras merah tersebut secara berulang kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. Cukup mudah, kan? Nah, cara memasak beras merah bisa Ibu praktekan langsung dengan mengikuti beberapa ide resep di bawah ini lho. Intip resepnya di bawah ini ya, Bu!

Resep MPASI Beras Merah

Cara memasak beras merah untuk MPASI si Kecil sebenarnya cukup mudah. Yang perlu Ibu pastikan adalah kandungan nutrisi di dalam MPASI tersebut, pemilihan bahan masakan yang berkualitas, serta tekstur yang lembut agar si Kecil lebih mudah mengonsumsinya.

Nah, berikut ini ada beberapa ide resep sebagai salah satu tips cara memasak beras merah untuk MPASI si Kecil, antara lain:

MPASI beras merah, hati ayam, dan wortel

Resep MPASI yang satu ini mengombinasikan sumber karbohidrat, protein, dan serat yang penting bagi kesehatan si Kecil. Cara memasak beras merah dalam resep MPASI ini pun mudah. Yuk, intip resepnya berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 1 sdm nasi merah
  • 200 gram hati ayam, cincang halus
  • 1 buah wortel, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • Air matang secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak nasi merah hingga teksturnya seperti bubur
  2. Kukus hati ayam dan wortel sampai matang
  3. Haluskan hati ayam dan wortel hingga menjadi puree
  4. Jika bubur beras merah kurang halus, maka haluskan lagi hingga teksturnya benar-benar lembut
  5. Campurkan bubur beras merah, hati ayam, dan wortel
  6. Saring ketiga makanan tersebut sambil dituangkan ke mangkuk
  7. Sajikan selagi hangat

MPASI beras merah ayam keju

Sama seperti resep sebelumnya, cara memasak beras merah yang satu ini pun tidak terlalu repot lho. Langsung aja ikuti resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 sdm nasi merah pulen
  • 200 gram dada ayam tanpa kulit, cincang halus
  • Keju secukupnya
  • ASI secukupnya
  • Kaldu ayam asli secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak nasi merah hingga teksturnya seperti bubur
  2. Kukus dada ayam cincang sampai matang
  3. Haluskan dada ayam dan keju hingga teksturnya lembut
  4. Jika bubur beras merah kurang halus, maka haluskan lagi hingga teksturnya benar-benar lembut
  5. Campurkan bubur beras merah dengan dada ayam dan keju
  6. Saring ketiga makanan tersebut sambil dituangkan ke mangkuk
  7. Sajikan selagi hangat

MPASI beras merah salmon

Cara memasak beras merah yang satu ini tak kalah mudah nih, Bu. Ibu cukup mengombinasikannya dengan ikan salmon yang kaya nutrisi. Yuk, contek cara memasak beras merah pada resep berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 sdm nasi merah
  • 200 gram salmon fillet
  • 1/2 buah tahu
  • Bayam secukupnya
  • Butter secukupnya
  • Keju secukupnya
  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • Air secukupnya
  • Daun salam

Cara membuat:

  1. Iris ikan salmon, tahu, bayam, bawang putih, dan bawang merah
  2. Panaskan air di dalam panci. Kemudian masukkan salmon, tahu, bawang merah, bawang putih, daun salam. Rebus hingga matang
  3. Di panci terpisah, rebus nasi merah agar menjadi bubur
  4. Lalu masukkan butter ke dalam olahan bubur nasi merah
  5. Angkat salmon, tahu, bawang merah, bawang putih, dan daun salam
  6. Sisihkan daun salam karena tidak boleh dimasukkan ke dalam MPASI
  7. Haluskan salmon, tahu, bawang merah, dan bawang putih yang sudah matang menggunakan blender
  8. Campurkan olahan tersebut ke bubur beras merah. Aduk sampai rata
  9. Sajikan bubur beras merah selagi hangat

Ada banyak cara memasak beras merah untuk MPASI yang bergizi dan sehat bagi si Kecil. Yang terpenting, Ibu harus memastikan asupan nutrisi si Kecil tercukupi dengan baik. Di samping pemberian MPASI, Ibu juga tetap perlu memberikannya ASI secara rutin.

Untuk meningkatkan kualitas ASI, Ibu sebaiknya mengonsumsi susu  Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Rasanya pasti bahagia banget kalau melihat si Kecil tumbuh dengan prima ya, Bu? Supaya tidak terlambat, Ibu bisa memantau tumbuh kembang si Kecil sedini mungkin dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima.

Akademi Keluarga Prima akan menemani keluarga prima sejak masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil. Fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima pun tidak kalah penting karena Ibu bisa memantau tumbuh kembang si Kecil berdasarkan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC lho. Bermanfaat banget kan, Bu? Yuk, langsung gunakan fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz