Share Like
Simpan

Halo Ibu! Wah, sekarang si Kecil sudah berusia 9 bulan, ya? Coba deh Ibu perhatikan, apakah ia sering rewel saat jam makan siang? Saya juga pernah mengalami hal yang sama, Bu. Namun, dari hasil obrolan saya dengan kerabat, saya baru tahu kalau ternyata reaksinya tersebut bisa jadi karena si Kecil sudah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Ini artinya, tantangan saya waktu itu adalah membuat menu makanan baru yang praktis dan variatif untuk si Kecil. Awalnya sih saya sempat bingung, Bu. Namun, ternyata tidak usah pusing-pusing, kok. Bubur beras yang tampak sederhana pun bisa jadi variatif, lho.

Dulu, saya pernah membuat bubur beras dengan kreasi aneka saus buah yang sangat disukai si Kecil. Selain rasa buburnya jadi makin lezat, dengan menambahkan saus, kandungan gizi dalam menu makanannya juga semakin lengkap. Untuk sausnya, saya biasa menggunakan apel atau pir. Ini karena dua buah tersebut mengandung Kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan Vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain buah pir, wortel juga bisa jadi pilihan, Bu. Tidak perlu diragukan lagi, wortel kaya akan senyawa Karoten dan berbagai senyawa Fitokimia. Sayuran berwarna oranye ini juga sarat Vitamin B dan C, Kalsium, serta sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil.

Berikut ini ada beberapa resep olahan beras yang pernah saya buat. Selamat membaca, Bu!

Bubur Beras Susu Saus Pir/Apel (untuk anak usia di atas 9 bulan)

Bahan-bahan:

  •  2 sdm beras merah, rendam, tiriskan, sangrai, lalu haluskan dengan blender atau memakai food processor.
  • 50 ml  ASI.
  • 400 ml air untuk mengukus.
  • Pir manis atau apel secukupnya.
  • Air secukupnya untuk merebus beras.

Cara membuat:

  1. Kupas apel atau pir manis, buang bagian tengahnya, lalu kukus dengan 400 ml air selama 10 menit. Angkat, kemudian haluskan dengan blender, lalu saring.
  2. Masak tepung beras dengan air sampai meletup-letup dan matang.
  3. Sisihkan tepung beras yang sudah matang tadi. Letakkan dalam mangkok.
  4. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk secara merata.
  5. Tuang saus apel atau pir manis di atas bubur.
  6. Berikan pada si Kecil selagi hangat.

Apabila tekstur bubur masih terlalu kental, dan Ibu ingin menambahkan ASI sedikit lagi ke dalam campuran bubur, masak tepung beras dengan sedikit air sampai matang. Setelah itu, baru ASI dicampurkan ke dalam bubur sampai memperoleh kekentalan yang diinginkan. Oh iya, sebelum disajikan, pastikan Ibu telah mencicipi dahulu sausnya ya, untuk tahu apakah rasa apel atau pirnya asam atau tidak.

 

Bubur Beras Merah Saus Wortel (untuk anak usia di atas 7 bulan)

Bahan-bahan:

  •  2 sdm beras merah, rendam, tiriskan, sangrai lalu haluskan. Bisa diblender atau memakai food processor.
  • 50 ml ASI.
  • 25 gr wortel yang sudah dikupas.
  • Air secukupnya untuk merebus beras.

Cara membuat:

  1. Masak tepung beras merah dengan air sampai meletup-letup dan matang. Beras merah biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dibandingkan beras putih.
  2. Kukus wortel, lalu blender sampai halus. Saring.
  3. Masukkan wortel halus ke dalam larutan bubur, kemudian masak lagi selama 3 menit. Setelah matang, sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  4. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk secara merata.
  5. Berikan pada si Kecil selagi hangat.

Sudah siap menyajikan menu di atas untuk si Kecil, Bu? Selamat mencoba, ya. Semoga si Kecil suka!