Whatsapp Share Like
Simpan

Sebagian besar gejala premenstrual syndrome atau PMS hampir serupa dengan gejala hamil. Ibu mungkin akan merasakan nyeri pada pinggul, payudara mengeras, mood swing, ingin makan banyak, dan tanda lain yang menunjukkan Ibu akan PMS. Hal ini sangat wajar dirasakan setiap bulan oleh wanita. Jika Ibu kesulitan membedakan, berikut ini cara mengetahui mana PMS dan mana gejala hamil. Simak ulasannya berikut ini ya.

  1. Payudara yang mengeras dan nyeri
    Perubahan payudara yang muncul sebagai ciri kehamilan dan PMS mencakup sensasi payudara yang terasa penuh, sesak, agak membesar, dan disertai oleh rasa nyeri serta sakit. Ibu juga akan menyadari bahwa jaringan payudara biasanya terasa lebih padat, terutama di sisi terluar. Tanda jika Ibu PMS adalah perubahan pada payudara tersebut hanya Ibu rasakan menjelang dan selama haid. Biasanya muncul dan sangat terasa tepat sebelum menstruasi dan mulai membaik selama menstruasi, hingga akhirnya hilang dengan sendirinya seiring menstruasi selesai. Rasa sakit akan terus membaik karena berkurangnya kadar hormon progesteron di dalam tubuh Ibu.
    Sementara perubahan payudara sebagai tanda-tanda kehamilan, biasanya dengan munculnya rasa sakit, payudara cenderung lebih sensitif, serta terasa lebih keras saat disentuh. Tak jarang sebagian besar wanita mengeluhkan area sekitar puting susu terasa nyeri atau sakit.
  2. Puting susu berubah warna, artinya Ibu hamil
    Jika pada PMS tidak menunjukkan perubahan warna pada puting susu, namun jika Ibu hamil akan merasakan perubahan warna. Wah selamat ya!
    Jika Ibu menemukan puting terasa lebih mengeras, serta warna areola yang berada di sekitar puting menjadi lebih gelap atau lebih besar daripada biasanya, tandanya Ibu berada di masa awal kehamilan. Perubahan puting dan areola terkait kehamilan ini dapat terjadi sejak 1 atau 2 minggu setelah mengalami pembuahan.
  3. Kram perut lama, artinya tanda menstruasi
    Kram perut atau dismenore wajar dialami oleh wanita PMS. Kram PMS pada umumnya terasa seolah perut bawah Ibu diperas sesekali yang diikuti oleh nyeri punggung. Ibu mungkin juga mengalami kembung di daerah perut.
    Beberapa wanita mengalami kram perut PMS ringan, tetapi beberapa lainnya mengeluhkan rasa kram yang cenderung sangat intens. Jangan khawatir, karena kram dan segala penderitaan yang mengikuti akan berangsur berkurang sedikit demi sedikit selama periode haid Ibu, sampai kemudian menghilang di penghujung siklus menstruasi.
    Sedangkan kram perut yang disebabkan implantasi embrio umumnya terasa lebih ringan daripada kram perut yang biasa Anda alami selama PMS. Banyak wanita mengatakan bahwa nyeri berpusat lebih di satu sisi dari yang lainnya.
  4. Pendarahan di awal kehamilan
    Mungkin Ibu hanya akan merasa bercak darah yang keluar adalah darah menstruasi. Padahal pendarahan ringan terkadang menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan paling awal. Hal ini disebut dengan pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi dimulai sekitar 10-14 hari setelah terjadi pembuahan. Dengan demikian, bercak darah yang Ibu lihat segera setelah ovulasi kemungkinan menunjukkan suksesnya pembuahan. Ibu mungkin melihat hanya 1-2 tetes darah di panty liner yang bukanlah berwarna merah darah menyala.
    Biasanya pendarahan implantasi berwarna merah muda atau kekuningan hingga hampir kecoklatan, dengan hanya sedikit saja bercak darah yang keluar. Hal ini terjadi tidak pada setiap wanita, dan durasi hanya terbatas untuk beberapa jam yakni sekitar 1-2 hari saja.
  5. Mual dan muntah adalah tanda hamil
    Sudah menjadi gejala umum bahwa Ibu yang mengawali kehamilan selalu mual dan muntah. Kondisi mual dan muntah ini biasanya sudah dimulai sejak sebulan setelah pembuahan, sampai sebelum minggu ke-9 kehamilan.
    Hanya saja yang perlu menjadi catatan, tidak semua wanita mengalami morning sickness. Meski namanya morning sickness, tapi kondisi ini juga dapat terjadi kapan pun sepanjang hari. Entah itu siang, sore, atau malam hari.


Nah, itu tadi tanda-tanda yang membedakan mana hamil dan mana PMS. Apakah Ibu sedang hamil atau hanya menstruasi? Jika terlihat tanda-tanda kehamilan pada tubuh Ibu, jangan lupa persiapkan sebaik mungkin. Salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi yang baik bagi janin dan Mama. Ibu bisa konsumsi Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA, minuman khusus untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. Diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi janin dan mama. Dengan kombinasi zat gizi makro: protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral untuk melengkapi asupan gizi Ibu hamil dan menyusui yang memerlukan tambahan zat gizi lebih banyak dibandingkan kebutuhan gizi harian sebelumnya.

Sudahkah Ibu menjaga kehamilan dengan baik?