Whatsapp Share Like
Simpan

Jika melihat film atau drama, penggunaan test pack untuk mengetahui kehamilan terlihat sangat mudah dan praktis bukan? Namun kenyataannya adalah tidak sesederhana itu. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil yang didapat. Sebelumnya, Ibu harus tahu apa itu test pack sebenarnya. Test pack atau alat tes kehamilan merupakan alat pendeteksi hormon kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG) yang biasanya terdapat dalam urin wanita hamil. Jumlah hormon HCG ini biasanya akan meningkat dua kali lipat setiap 2-3 hari pada minggu pertama kehamilan. Kadar hormon inilah yang diukur melalui alat tes kehamilan atau testpack.

Jenis dan cara penggunaan Test Pack yang benar

Terdapat dua jenis test pack yang umum dan dijual bebas di apotek mana saja.

  1. Test Pack Strip atau Dip Stick
    Cara penggunaannya yaitu mencelupkan alat ini ke dalam urine yang sudah di wadahi sebelumnya selama 5 sampai 10 detik. Jika muncul warna atau simbol tertentu, maka artinya Ibu positif hamil.
  2. Test Pack dengan Alat Strip dan Wadah Urine
    Penggunaan jenis test pack ini memiliki dua cara. Pertama, dapat dilakukan dengan cara seperti Test Pack Strip dan meneteskan urine pada alat ini. Akan terjadi perubahan di area tertentu pada test pack jika ditemukan hormon HCG.

Cara memakai alat tes kehamilan sebenarnya tidak terlalu rumit. Tapi terkadang Ibu mengabaikan petunjuk yang dicantumkan pada kemasan. Padahal setiap merek test pack memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Bahkan ada jenis test pack yang harus disimpan dalam lemari pendingin terlebih dahulu. Beberapa tips berikut bisa Ibu perhatikan ketika menggunakan test pack.

  1. Baca dan ikuti petunjuk pemakaian dengan teliti dan pastikan tidak kedaluwarsa sebelum digunakan.
  2. Lakukan pengetesan di pagi hari atau saat buang air kecil pertama kali karena akan memberikan hasil yang lebih akurat.
  3. Sabar, tunggu hasilnya keluar setelah beberapa menit tapi jangan juga ditinggalkan terlalu lama juga karena hasilnya mungkin dapat berubah saat Ibu tidak memperhatikan.
  4. Positif atau negatif, lakukan ulang pengetesan hingga 2-3 kali untuk memastikan kebenarannya.
  5. Meskipun mengklaim memiliki akurasi sampai 99%, Ibu dapat membaca seberapa akurat test pack yang akan dibeli dengan membaca informasi yang tertera pada kemasan. Biasanya akan tertera informasi terkait konsentrasi hormon HCG yang dilaporkan dalam mili-Internasional Unit per mililiter. Semakin rendah jumlahnya maka test pack semakin sensitif.

Kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan?

Jika Ibu melakukan tes kehamilan terlalu dini, hasilnya tidak akan akurat karena sulit untuk mendeteksi HCG. Test pack akan menunjukkan hasil positif bila hormon HCG dalam urine mencapai tingkat tertentu. Biasanya hormon HCG meningkat setelah Ibu terlambat haid selama seminggu atau 9-12 hari sejak berhasilnya proses pembuahan sel telur hingga hormon HCG dapat terdeteksi pada urine.

Perlu diingat bahwa sensitivitas test pack berbeda-beda. Paling dini kehamilan bisa dideteksi 7 hari setelah terjadinya pembuahan. Namun sebaiknya periksakan dahulu bila menstruasi telah terlambat datang. Waktu yang tepat untuk menggunakan test pack adalah pada saat sudah mulai muncul beberapa tanda awal kehamilan yang secara umum sebenarnya akan muncul seperti seperti telat datang bulan, mual, dan kelelahan. Jika hasil yang didapat negatif, tunggu seminggu untuk melakukan tes ini lagi atau Ibu dapat melakukan tes lainnya atau kunjungi dokter untuk lebih yakin.

Artikel Sejenis

Salah satu kunci dari kelancaran proses kehamilan, persalinan hingga pertumbuhan si kecil adalah mengetahui usia kehamilan sejak dini. Makanya, banyak Ibu menggunakan test pack untuk mengetes kehamilan. Jika dilakukan dengan benar dan sesuai petunjuk, tes yang menggunakan urine ini memiliki tingkat akurasi sampai dengan 97%. Apabila hasilnya positif, Ibu dapat segera menjalani berbagai anjuran atau saran demi kesehatan janin dan menghindari segala pantangan yang sebaiknya dihindari. Ibu pun jadi bisa memantau pertumbuhan si Kecil dengan menyeimbangkan asupan makanan dan gaya hidup sehat.