Whatsapp Share Like
Simpan

Wah, tidak terasa usia kandungan Ibu sudah memasuki bulan kelima! Selamat, Ibu sudah berhasil menjaga kesehatan tubuh dan janin sampai sejauh ini. Berbagai perubahan drastis pada tubuh serta kebutuhan yang Ibu alami semenjak trimester pertama hingga kini, biasanya membuat Ibu harus menyesuaikan diri dengan banyak hal dan pastinya melelahkan. Itulah mengapa, sangat dianjurkan agar Ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup dan dapat tidur nyenyak. 

Berikut ini adalah beberapa tips dari Ginger Garner, terapis fisik dengan spesialisasi kesehatan prenatal dan postpartum, agar Ibu hamil dapat tidur nyenyak:

Posisi Tidur

Pilih posisi tidur yang nyaman dan aman bagi Ibu dan janin. Ketika tidur, terkadang Ibu takut untuk berganti posisi sehingga waktu tidur yang tidak optimal. Oleh sebab itu, janganlah terlalu khawatir akan hal tersebut tapi fokuskan diri Ibu agar dapat tidur nyenyak. Namun, apabila Ibu harus menjalani bed rest atau istirahat total karena gangguan pada kehamilan, sebaiknya ikuti anjuran mengenai posisi tidur yang baik untuk mengatasi gangguan yang Ibu alami. Temukan info lebih lanjut mengenai posisi tidur bagi Ibu hamil di artikel berikut ini: Posisi Tidur Yang Aman Bagi Ibu Hamil.

Pilih Bantal Yang Nyaman

Bantal adalah salah satu benda yang mendukung Ibu ketika mencari posisi yang nyaman agar dapat tidur dengan nyenyak. Menurut terapis khusus pijat, Hali Chambers, ketika tidur letakkan bantal di bawah perut sebagai penyangga dan diantara kedua kaki Ibu. Bantal berukuran besar atau body pillow yang didesain khusu Ibu hamil juga bisa dijadikan pilihan. Ini karena bantal sejenis ini dirancang untuk menyangga leher, perut, punggung, dan pinggul.

Alas Pada Tempat Tidur

Apabila ketika Ibu berbaring dengan posisi miring dan merasa sakit pada bagian pundak atau pinggul, tambahkan matras yang berbentuk seperti krat telur pada tempat tidur Ibu. Matras yang seperti itu memiliki busa yang lembut dengan sirkulasi udara yang baik.

Berikan Kenyamanan Untuk si Kecil

Ketika Ibu sibuk memikirkan posisi tidur seperti apa yang cocok bagi si Kecil, Ibu akan merasa was-was dan sulit tidur. Sementara sebenarnya, di dalam kandungan, si Kecil biasanya sudah merasa nyaman dan hangat dalam suasana yang menenangkan. Jadi, beristirahatlah dengan nyenyak ya, Bu. 

Ibu hamil yang dapat beristirahat dengan baik adalah Ibu yang memiliki tingkat stress lebih rendah. Oleh sebab itu, tetaplah rileks, agar Ibu tidak merasa cepat lelah dan lebih mudah menjalani masa-masa kehamilan. Apalagi, memasuki trimester kedua ini, mual serta muntah yang terjadi pada trimester pertama biasanya akan mereda. Sehingga, Ibu dapat merasa lebih berenergi dan dapat berelaksasi dengan tenang. Ingat Bu, janin di dalam kandungan akan merasakan hal yang sama dan dapat berkembang dengan baik jika Ibu merasa nyaman dan tenang.

Agar masa kehamilan ini dapat berjalan dengan baik, jangan lupakan pola makan sehat ya, Bu. Memasuki bulan kelima, pertumbuhan janin akan menjadi lebih cepat. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan Ibu hamil juga semakin banyak diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin. Sementara itu, dengan kebutuhan yang juga bertambah, tubuh Ibu tidak dapat menghasilkan vitamin C dengan optimal. Itu sebabnya, Ibu harus banyak mengonsumsi banyak buah dan sayur yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, brokoli, dan tomat untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, kurangi aktivitas dan kerja yang berat di masa kehamilan ini ya, Bu. Perbanyaklah istirahat agar tumbuh kembang si Kecil semakin optimal. Selamat menjalani masa kehamilan ini!