Share Like
Simpan

Cara untuk menjaga kehamilan bisa Ibu lakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Tak hanya demi kesehatan Ibu, makanan bernutrisi juga berperan besar dalam proses tumbuh kembang si Kecil selama berada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, saya ingin berbagi sedikit informasi seputar makanan bergizi untuk ibu hamil.

Sewaktu hamil si Kecil dulu, saya cukup mudah bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Alhasil, saya hobi sekali melihat resep-resep untuk ibu hamil di dunia maya. Suatu saat, saya melihat informasi seputar kacang kedelai. Menurut situs kehamilan yang pernah saya baca, kacang kedelai baik untuk memenuhi gizi ibu hamil karena memiliki beberapa kandungan berikut:

  • Protein

Dalam 172 gram kacang kedelai, Ibu bisa memenuhi setidaknya 57% Protein. Kandungan ini sangatlah baik untuk mendukung pertumbuhan sel serta meningkatkan produksi darah yang tentunya tak hanya baik untuk Ibu, namun sangat bermanfaat bagi si Kecil. Tak hanya itu, Protein juga menjadi salah satu penunjang pertumbuhan otak pada si Kecil, lho.

  • Zat Besi

Sebagai salah satu cara menjaga kehamilan, ada baiknya jika Ibu memperbanyak asupan Zat Besi untuk mendukung pertumbuhan plasenta dan janin serta mencegah Ibu dari anemia. Saat hamil, Ibu perlu memenuhi kebutuhan Zat Besi setidaknya sebanyak 27 mg per hari. Nah, dalam172 gramkacang kedelai saja, Ibu sudah bisa memenuhi sekitar49% kebutuhan Zat Besi saat hamil. Salah satu kandungan mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh saat hamil karena kekurangan Zat Besi dapat menimbulkan risiko kelahiran prematur, rendahnya berat badan si Kecil saat lahir, atau bahkan kematian pada.

  • Asam Folat

Ibu tentu tahu bahwa kebutuhan Asam Folat saat hamil sangatlah penting karena dapat mendukung pertumbuhan otak dan saraf tulang belakang si Kecil. Oleh sebab itu, Ibu perlu memenuhi sekitar 400 mcg kebutuhan Asam Folat di trimester pertama ini agar tumbuh kembang balita semakin optimal. Mengonsumsi kacang kedelai maupun produk olahannya bisa menjadi alternatif dari daging ataupun produk susu, Bu. Dalam 100 gram kacang edamame rebus Ibu bisa memenuhi kebutuhan Asam Folat sekitar28%, 7% pada tahu goreng, dan 6% pada tempe goreng.

  • Kalsium

Setiap orang membutuhkan Kalsium untuk membantu tulang agar tetap kuat. Begitu juga dengan si Kecil yang saat ini sedang dalam proses berkembang, Bu. Tak hanya baik untuk pertumbuhan tulangnya, Kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan saraf, otot, dan jantung. Supaya si Kecil bisa berkembang dengan optimal dan kesehatan tulang Ibu juga terjaga dengan baik, Ibu membutuhkan sekitar 1000 mg Kalsium setiap harinya, baik sebelum, selama, maupun setelah menjalani masa kehamilan.

  • Seng

Rutin mengonsumsi makanan kaya akan Seng sangatlah baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Mineral jenis ini memiliki fungsi memproduksi serta memperbaiki sel untuk menyembuhkan luka dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Sebelum hamil, biasanya Ibu hanya membutuhkan sekitar 8 mg Seng per hari. Namun, setelah hamil Ibu perlu meningkatkan asupan mineral ini sebanyak 11 mg per harinya.

Nah, setelah mengetahui banyaknya kandungan bermanfaat pada kacang kedelai, tak ada salahnya jika Ibu mendapatkan info tambahan mengenai variasi makanan yang terbuat dari kacang kedelai, yaitu:

  • Tahu dan tempe

Salah satu jenis makanan yang terkenal hingga ke berbagai belahan dunia ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, Bu. Tumis dengan sayur, rebus, ataupun goreng, tahu dan tempe bisa menjadi lauk sehari-hari.

Kacang kedelai yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu camilan yang lezat dan juga sehat. Cara mengolahnya juga mudah kok, Bu. Ibu cukup merebusnya selama kurang lebih 10 menit atau hingga kulitnya sedikit terkelupas. Kacang edamame ini bisa Ibu santap bersamaan dengan salad sayur juga, lho.

  • Susu kacang kedelai

Saat hamil, Ibu membutuhkan asupan Kalsium yang salah satunya bisa didapatkan dari susu. Nah, susu kacang kedelai juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan asupan tersebut selain dari susu khusus untuk Ibu hamil biasa Ibu minum.

Bagaimana, Bu? Apakah informasi ini sudah cukup membantu Ibu untuk mengenal manfaat dari kacang kedelai? Jika Ibu masih meragukan aman atau tidaknya mengonsumsi kacang kedelai saat hamil,sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mencari tahu lebih dalam mengenai cara menjaga kehamilan, ya.