Whatsapp Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu malas sarapan ketika awal masa kehamilan? Saya dulu seringkali melewatkan sarapan karena gejala morning sickness. Namun, kebiasaan itu malah membuat rasa mual semakin menjadi, Bu. Setelah saya baca di berbagai artikel kehamilan, ternyata diketahui bahwa menyantap makanan sehat Ibu hamil di pagi hari itu penting saat trimester pertama. Berikut ini saya kumpulkan beberapa informasi soal pentingnya sarapan untuk Ibu hamil muda.

1. Makanan Ibu Merupakan Makanan Janin

Ibu harus ingat bahwa ada janin yang hidup di dalam perut dan mendapat nutrisi dari Ibunya. Tentunya, janin tidak bisa berkembang optimal apabila kekurangan asupan nutrisi. Oleh sebab itu, apabila Ibu melewatkan sarapan, si Kecil di dalam kandungan juga melewatkan momen mendapat asupan nutrisi pada pagi hari. Padahal, di pagi hari, metabolisme tubuh Ibu lebih tinggi dibanding waktu lainnya, sehingga nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh. Ketika Ibu mendapat asupan nutrisi optimal, proses pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan janin pun lebih baik. 

2. Sarapan Mampu Meningkatkan Energi

Ketika Ibu bangun pagi, kadar gula dalam darah cukup rendah, Bu. Inilah sebabnya Ibu  sering merasa loyo, tak bertenaga, dan lelah ketika bangun tidur. Nah, mendapat asupan sarapan bernutrisi bisa membuat energi yang dibutuhkan tubuh terkumpul kembali, Bu. Jadi, Ibu bisa melakukan aktivitas dengan lancar sepanjang hari. 

3. Mencegah Obesitas Selama Masa Kehamilan

Saya mendengar dari beberapa teman yang menganggap sarapan bisa membuat berat badan Ibu hamil meningkat drastis. Ternyata, anggapan ini kurang tepat, Bu. Selama asupan nutrisinya tidak berlebihan, sarapan tidak membuat Ibu hamil gemuk. Manfaat sarapan bagi Ibu hamil justru mencegah konsumsi makanan tinggi kalori dan gula pada siang dan malam harinya. Saat Ibu melewatkan sarapan, tubuh memerlukan makanan berkadar gula tinggi untuk cepat mengganti energi. Akibatnya, Ibu mengonsumi makanan lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh, sehingga berat badan tidak terkontrol. Nah, hal ini akan lebih mudah dicegah ketika Ibu sarapan karena tubuh akan merasa kenyang lebih awal.

4. Mengurangi Morning Sickness

Mungkin Ibu seperti saya, tidak mau sarapan karena merasa mual di pagi hari. Padahal, Bu, mengonsumsi sedikit makanan di pagi hari sebelum beraktivitas justru mengurangi gejala morning sickness. Hal ini disebabkan asam lambung tidak naik karena perut sudah terisi. Supaya Ibu tidak merasa mual, pilihlah sarapan yang ringan namun memiliki nutrisi cukup, seperti roti panggang atau salad.

Setelah melihat informasi ini, semoga Ibu tidak lagi melewatkan sarapan saat hamil, ya. Selalu sediakan menu makanan sehat untuk Ibu hamil agar momen kehamilan lebih mudah dilalui dan nutrisinya tercukupi. Terus menjaga kesehatan ya, Bu!