Share Like
Simpan

Bu, morning sickness bisa dibilang merupakan salah satu hal yang kerap kali dialami oleh Ibu hamil. Begitu pun dengan saya ketika tengah mengandung si Kecil dulu. Saya ingat betul masa-masa merasa mual dan tidak nafsu makan di pagi hari. Hampir semua jenis makanan membuat saya ingin muntah, bahkan hanya dengan melihat atau mencium baunya saja.

Meskipun sebenarnya kita enggan makan, si Kecil tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya, Bu. Mau tak mau, kita harus pintar menyiasati hal ini. Setelah membaca buku tentang kehamilan, saya mendapatkan berbagai informasi tentang cara mengatasi morning sickness.

Nah, salah satu cara yang saya lakukan adalah mencoba berbagai resep yang bisa meredakan rasa mual. Ternyata, jika menemukan resep yang tepat, itu sangat membantu kita untuk mengembalikan nafsu makan sehari-hari, lho.

Hm, sebenarnya resep apa saja sih yang bisa Ibu hamil nikmati untuk mengusir morning sickness? Berikut dua resep ampuh nan lezat yang pernah saya coba. Simak, yuk!

  • Oatmeal (1 Porsi)

Merasa mual ketika sarapan? Tenangkan diri sejenak, dan cobalah membuat oatmeal yang dikreasikan dengan berbagai topping untuk meningkatkan selera makan. Oatmeal juga kaya akan Serat yang baik untuk melancarkan pencernaan Ibu. Berikut cara membuat hidangan ini.

Bahan:

  • 100 gr oatmeal
  • 240 ml susu Frisian Flag Mama
  • 1 buah pisang, potong kecil
  • 1 sdm kacang tanah, tumbuk kasar
  • 1 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat:

  1. Masak oatmeal dan susu Frisian Flag Mama hingga mendapat tekstur bubur yang kental. Masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Sajikan dengan potongan pisang, kacang, dan bubuk kayu manis di atas mangkuk.
  3. Oatmeal pisang dan kacang siap disantap. Nikmati selagi buahnya masih segar.

 

  • Es Jeruk Nipis dan Jahe (2 gelas)

Aroma khas dari jahe dan kesegaran rasa jeruk nipis adalah kombinasi tepat untuk melepaskan diri dari gejala mual. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi jeruk nipis terlalu banyak jika Ibu punya penyakit maag, ya.

Bahan:

  • 3 ruas jahe, iris tipis
  • 240 ml perasan jeruk nipis
  • 3 sdm madu
  • 240 ml air mineral

Cara membuat:

  1. Untuk membuat sirup, rebus potongan jahe dan perasan jeruk nipis di dalam panci hingga mendidih, kurang lebih 2 hingga 3 menit.
  2. Pisahkan ampas jahe dari sirup. Campurkan madu ke dalam sirup, lalu aduk hingga merata. Dinginkan sirup di dalam kulkas selama 20 menit.
  3. Masukkan es batu ke dalam gelas. Tambahkan air mineral dan 2 sdm sirup yang sudah dingin. Aduk dan segera minum selagi segar. 

Bagaimana, Bu? Mudah bukan membuatnya? Itulah dua resep anti mual yang biasa saya konsumsi sewaktu hamil dulu. Nah, yang paling penting, selalu perhatikan kesegaran bahan yang digunakan untuk memasak ya, Bu. Bahan-bahan yang baik tentu akan memberikan banyak nutrisi untuk tubuh kita dan si Kecil. Selamat mencoba di rumah!