Whatsapp Share Like Simpan

Sebagaimana yang telah Ibu ketahui dalam memahami nutrisi di masa kehamilan, kegunaan asam folat punya peranan penting dalam menjaga kesehatan Ibu dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, penting bagi Ibu dalam mencukupi asupan asam folat agar kegunaan asam folat bisa tersalurkan secara maksimal. Secara mendalam, banyak kegunaan asam folat yang sangat memengaruhi kesehatan, baik bagi Ibu yang sedang berada di dalam masa kehamilan maupun bagi Ibu yang sedang menyusui. Mari membahas lebih jauh mengenai salah satu nutrisi penting berikut dan kegunaan asam folat secara jangka panjang. 

Apa itu asam folat?

Sebagai pengenalan, asam folat berasal dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat dianggap sebagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena kegunaan asam folat berperan penting dalam proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Kegunaan asam folat tersebut terbukti cukup dibutuhkan oleh siapa saja, terutama bagi ibu hamil. Selain itu, kegunaan asam folat juga jadi penting sebagai nutrisi bagi Ibu yang sedang menjalani program hamil.

Kegunaan asam folat

Dinilai sebagai salah satu nutrisi penuh manfaat, mari membedah kegunaan asam folat satu per satu baik dalam mencukupi kebutuhan Ibu hamil dan juga banyak orang di berbagai rentang usia.

  1. Membentuk sel tubuh

    Selain membantu proses produksi DNA, kegunaan asam folat juga berguna dalam membantu proses pembentukan sel tubuh baru. Pembentukan sel tubuh sebagai salah satu kegunaan asam folat ini cukup penting agar tubuh dapat beroperasi secara optimal, salah satunya adalah untuk dapat menyerap asupan nutrisi dengan baik. Pembentukan sel tubuh dari kegunaan asam folat ini hadir berkat kolaborasi yang tercipta dari vitamin B12 dan vitamin C bersama asam folat untuk memecah, menggunakan, serta membentuk protein baru yang dibutuhkan oleh tubuh yang berdampak pada kesehatan.

  2. Mencegah anemia

    Anemia merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan darah di dalam tubuhnya. Sebagaimana yang telah dijelaskan, salah satu kegunaan asam folat adalah membantu proses pembentukan sel darah merah secara optimal. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan asam folat harian dapat membuat Ibu terhindar dari risiko anemia. Gejala anemia ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Ibu. Umumnya gejala anemia akan terlihat ketika Ibu merasa mudah lemas dan pusing. Namun jika terlalu berangsur, anemia bisa membuat Ibu merasakan nyeri di bagian dada yang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pastikan Ibu selalu merasakan kegunaan asam folat secara maksimal setiap harinya.

    Artikel Sejenis

  3. Meningkatkan daya ingat

    Produksi sel darah merah yang bagus di dalam tubuh juga memberi manfaat baik bagi daya ingat Ibu. Produksi sel darah merah yang baik berkat kegunaan asam folat dapat menghadirkan peningkatan kepada mengalirnya oksigen ke kepala. Dengan oksigen dan darah yang cukup ke kepala maka seseorang akan dapat memaksimalisasi peran otak, seperti untuk mengingat sesuatu. Oleh karena itu, salah satu kegunaan asam folat yang bisa dirasakan adalah meningkatnya kemampuan untuk daya ingat 

  4. Mencegah bayi lahir cacat

    Meskipun punya banyak manfaat bagi Ibu hamil, ada kegunaan asam folat yang penting untuk Ibu ketahui. Salah satu kegunaan asam folat di masa kandungan adalah membantu proses pembentukan saraf pusat pada janin, sehingga dengan mencukupi kebutuhan asam folat maka besar kemungkinan Ibu juga ikut berperan dalam mencegah bayi lahir secara cacat. Kegunaan asam folat lainnya di masa kandungan juga untuk menjaga proses pembentukan dan perbaikan DNA agar berfungsi secara baik. Fungsi DNA optimal berkat kegunaan asam folat juga memengaruhi pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin dengan optimal.

  5. Mengurangi risiko gangguan jantung

    Kegunaan asam folat yang penting bagi banyak orang adalah kemampuan asam folat dalam mengurangi risiko gangguan jantung. Kegunaan asam folat dalam mengurangi risiko gangguan jantung ini berkesinambungan dengan fungsi asam folat yang membantu pembentukan sel darah merah. Asam folat berperan untuk mencegah adanya penggumpalan darah di dalam tubuh. Pasalnya, penggumpalan darah tersebut akan mencegah aliran darah ke jantung yang juga bisa menghadirkan risiko datangnya serangan stroke.

    Baca juga: Penyebab Hb Rendah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya 

Makanan yang mengandung asam folat

Agar Ibu dan anggota keluarga lainnya selalu dapat merasakan manfaat dari kegunaan asam folat dengan maksimal, tentu Ibu perlu menghadirkan asupan makanan yang kaya akan asam folat. Menurut data yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tubuh orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Sedangkan untuk Ibu yang sedang hamil diperlukan dua kali asupan asam folat lebih banyak dari biasanya, yaitu 800 mikrogram setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan merasakan kegunaan asam folat secara optimal bagi kesehatan, berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

  1. Brokoli

    Tahukah Ibu bahwa brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mampu mencukupi kebutuhan asam folat sehari-hari. Diketahui pada setiap 91 gram brokoli mentah terkandung 57 mikrogram asam folat. Kandungan asam folat tersebut setara dengan 14 persen kebutuhan asam folat harian. Ketika dimasak, kandungan asam folat di dalam brokoli bisa bertambah banyak lagi, yaitu sebanyak 84 mikrogram pada 78 gram brokoli. Selain mengandung asam folat, brokoli juga memiliki kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat yang baik dalam menjaga kesehatan Ibu dan buah hati di dalam kandungan. Selain itu, zat-zat yang terkandung di dalam sayuran untuk ibu hamil tersebut juga bermanfaat dalam mencegah tubuh dari kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan, seperti kanker. 

  2. Kacang-kacangan

    Meskipun bentuknya kecil, ternyata kacang-kacangan juga termasuk sebagai jenis makanan yang penuh manfaat. Bagi Ibu hamil, mengkonsumsi kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin. Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang digunakan sebagai sumber protein. Namun beberapa jenis kacang, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang tolo, kacang hijau, kacang polong, dan kacang walnut  juga mengandung asam folat yang dapat mencukupi kebutuhan asupan Ibu dan anggota keluarga di rumah.

  3. Bayam 

    Untuk Ibu yang sedang mengandung, pastikan untuk hadirkan bayam secara rutin dalam menu makanan harian. Pasalnya, bayam adalah salah satu jenis sayuran yang mampu jadi sumber utama dalam mencukupi kebutuhan asupan asam folat dan zat besi yang diperlukan oleh Ibu di masa kehamilan. Bayam juga dianggap sebagai sayuran mudah untuk diolah di rumah. Salah satu cara mudah mengolah bayam adalah sebagai bahan utama untuk sayur bening

Selain melalui makanan, Ibu yang sedang mengandung juga bisa menemukan alternatif dalam pemenuhan kebutuhan asam folat sehari-hari. Salah satu alternatif tersebut hadir melalui Frisian Flag MAMA. Frisian Flag MAMA merupakan susu khusus Ibu hamil yang mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.