Share Like
Simpan

Halo, Ibu! Saya punya sedikit cerita, nih. Kemarin, saya baru saja berkunjung ke rumah salah satu sahabat yang tengah hamil memasuki trimester kedua. Saat berbincang seputar kehamilan, ia bertanya kepada saya soal camilan sehat untuk Ibu hamil. Mendengar pertanyaan tersebut, saya jadi teringat sewaktu hamil si Kecil dulu, Bu.

Jadi, sewaktu saya mengandung anak pertama, saya sempat mengalami morning sickness yang cukup hebat di trimester pertama. Tak hanya itu, kondisi mual dan muntah yang saya alami dulu bahkan sempat membuat saya tidak bisa mengonsumsi makanan berat. Untungnya, dengan dukungan dari keluarga dan teman, saya berhasil melewati fase tersebut dengan baik.

Setelah masuk ke trimester kedua, barulah nafsu makan saya meningkat sampai-sampai saya harus selalu menyiapkan camilan di sela-sela waktu makan besar. Nah, camilan favorit saya dulu adalah aneka kacang-kacangan yang menyehatkan, Bu. Beberapa di antaranya adalah:

  • Almond

Jika Ibu mengonsumsi kacang almond selama hamil, ada banyak manfaat yang bisa Ibu dapatkan. Beberapa di antaranya adalah kandungan Protein tinggi yang bisa menjaga stamina Ibu selama hamil, Vitamin E sebagai penunjang pertumbuhan rambut dan kulit si Kecil, Serat untuk mencegah konstipasi, serta Asam Folat untuk pembentukan otak dan sistem saraf janin.

  • Kenari

Tak hanya kacang almond, kacang kenari juga memiliki ragam manfaat untuk Ibu dan janin. Salah satunya adalah kandungan Asam Lemak Omega-3 yang sangat baik untuk mendukung perkembangan sel otak si Kecil. Selain itu, kacang kenari juga bisa mencukupi kebutuhan Protein sebesar 4 gram per sajiannya saat hamil.

  • Mete

Tahukah Ibu, dalam 1 ons kacang mete terdapat 4.3 gram Protein, 9 gram Karbohidrat, dan 13 gram lemak baik. Tak hanya itu, kacang ini juga kaya akan vitamin, Zat Besi, dan Magnesium yang baik untuk menunjang pertumbuhan janin.

  • Edamame

Saat berkunjung ke restoran Jepang dan menemukan kacang berwarna hijau, Ibu tak perlu ragu untuk menyantapnya saat hamil. Kacang tersebut adalah salah satu jenis kacang kedelai yang sering disebut sebagai edamame. Kacang ini terkenal dengan kandungan serat, Protein, Vitamin A, Kalsium, serta Asam Folat yang tinggi sehingga baik untuk Ibu dan juga janin. Nah, apabila Ibu ingin mengonsumsinya sebagai camilan sehari-hari di rumah, Ibu bisa membeli edamame mentah di supermarket, kemudian rebus hingga matang.

Seperti yang sudah sering kita dengar, kacang-kacangan memang memiliki potensi menimbulkan reaksi alergi, terutama apabila Ayah memiliki alergi terhadap kacang yang terhitung cukup berat. Bukan tidak mungkin jika kondisi ini juga diwariskan kepada si Kecil,Bu. Oleh sebab itu, pastikan Ibu sudah berkonsultasi dan mengecek terlebih dahulu kacang jenis apa yang sesuai dengan kondisi Ibu, ya.

Tak hanya faktor alergi saja yang perlu diperhatikan, Bu. Cara pengolahan kacang juga berpengaruh, lho. Misalnya, kacang yang digoreng dan terasa sangat berminyak dapat menyebabkan aliran darah Ibu melambat sehingga dapat menghambat peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kacang yang Ibu konsumsi sudah diolah dengan baik,  seperti dipanggang atau direbus.

Selamat mencoba!