Share Like
Simpan

Bagaimana kondisi kehamilan Ibu di trimester pertama ini? Ya, waktu hamil muda disebut-sebut sebagai masa yang penuh tantangan. Pasalnya, kini tubuh Ibu sedang beradaptasi dengan Perubahan Fisik yang terjadi akibat kehamilan.

Hal ini juga terjadi pada saya ketika mengandung si Kecil dulu, Bu. Sejak saat itu, saya jadi rajin mencari informasi seputar kehamilan lewat internet. Setelah membaca forum ibu hamil di situs ibudanbalita.com  , saya mendapatkan informasi bahwa perubahan fisik pada trimester pertama memang  menyebabkan rasa letih dan mual. Namun, tidak hanya tubuh saja, kondisi emosional Ibu pun bisa ikut terpengaruh.

Tidak bisa dipungkiri, energi saya pada masa awal kehamilan ini terasa semakin menurun. Oleh karena itu, selain mencari info ibu hamil di internet, saya pun berkonsultasi dengan kerabat yang kebetulan adalah seorang dokter kandungan. Kemudian, ia membagikan saya berbagai tips untuk meningkatkan energi di trimester pertama. Mau tahu apa saja tipsnya, Bu? Mari kita baca bersama-sama!

  • Nutrisi ibu hamil

Pada trimester pertama ini, kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil tentunya harus dipenuhi dengan baik. Memasuki empat minggu pertama, Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 2000 kilo kalori per hari. Ibu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi sumber Karbohidrat, seperti nasi, roti, atau sereal, yang dilengkapi dengan sayuran, buah, daging, ikan, dan susu khusus ibu hamil. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat meningkatkan energi Ibu selama masa kehamilan, serta menjaga perkembangan janin .

  • Olahraga ringan

Meski sedang hamil, ada baiknya Ibu tidak berdiam diri di rumah.  Berbagai aktivitas seperti jalan santai, prenatal yoga dan senam aerobik sederhana , dan dapat mengembalikan energi, meningkatkan kekuatan otot, serta membakar kalori. Olahraga selama masa kehamilan muda sebaiknya dilakukan secara perlahan dan tidak terlalu berat. Ibu bisa memulainya dengan pemanasan agar terhindar dari kram. Setelah melakukan olahraga sederhana, Ibu juga perlu istirahat yang cukup ya.

  • Istirahat yang cukup

Tidur siang selama 10-20 menit ternyata dapat membantu meningkatkan energi Ibu di trimester pertama, lho. Walaupun rasa mual di trimester pertama kerap menyebabkan Ibu sulit tidur, hindari begadang di malam hari ya, Bu. Oh iya, Bu, terlalu banyak minum air di malam hari juga dapat menyebabkan sulit tidur, karena Ibu harus bolak-balik ke toilet. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari minum air terlalu banyak di malam hari.

  • Menenangkan pikiran

Bu, pikiran yang tenang dan jauh dari stres begitu penting untuk menambah energi selama masa hamil muda. Ada banyak cara dapat Ibu lakukan untuk menenangkan pikiran. Misalnya saja, Ibu bisa mulai melakukan meditasi sederhana dengan memejamkan mata sejenak, serta mengosongkan pikiran. Kemudian, fokuskan pikiran pada suatu hal yang menyenangkan, misalnya dengan membayangkan seolah-olah Ibu sedang berada di pantai bersama Ayah. Lakukan meditasi sederhana sambil menarik napas dalam dan menghembuskannya perlahan. Selain itu, menghabiskan waktu bersama orang terdekat juga bisa memberikan energi positif, lho. Mengunjungi taman kota bersama Ayah sembari menghirup udara segar misalnya.

Wah, ternyata banyak juga hal yang bisa dilakukan untuk menambah energi di trimester pertama kehamilan. Semoga info ini bisa menginspirasi Ibu selama menjalani masa hamil muda!