Share Like
Simpan

Percayakah Ibu dengan mitos yang mengatakan wanita hamil sebaiknya tidak melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya? Faktanya, wanita hamil justru dianjurkan melakukan olahraga ringan secara teratur karena bisa memberikan banyak manfaat, baik secara fisik maupun emosional. Salah satu olahraga yang sangat baik untuk dilakukan oleh wanita hamil adalah prenatal yoga. 

Prenatal yoga sangat sempurna untuk dijadikan olahraga utama bagi wanita hamil dengan berbagai manfaat seperti berikut:

1.Menekan level stres

Saat hamil, Ibu sering mengalami stres karena berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuh dan munculnya gejala morning sickness di usia awal kandungan. Dengan melakukan latihan pernapasan dan melatih ketenangan pikiran melalui yoga, secara tidak langsung Ibu akan lebih mengenal diri sendiri dan lebih siap menyambut kelahiran calon anak nantinya. Apabila belum terbiasa dengan gerakan prenatal yoga ini, lakukan secara bertahap sesuai dengan gerakan yang bisa diikuti di bawah pengawasan ahlinya.  

2.Meringankan nyeri otot

Wanita hamil sering mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu karena adanya tekanan pada otot akibat pertumbuhan janin. Rasa nyeri di bagian pinggul dan punggung bawah muncul karena adanya beban dari berat janin, sedangkan rasa nyeri di dada timbul akibat perubahan ukuran payudara yang membuat pundak dan leher terasa tidak nyaman. 

Peregangan yang merupakan salah satu gerakan dalam prenatal yoga membuat otot tubuh wanita hamil lebih lemas sehingga rasa nyeri akan mereda. 

3.Membantu pengendalian diri

Banyak wanita hamil yang memiliki nafsu makan berlebih saat mengandung sehingga akhirnya berat badan naik dengan drastis dan mengalami obesitas. Meski banyak orang yang menganggap kenaikan berat badan pada wanita hamil adalah suatu kewajaran, hal ini tentu tak baik untuk kondisi fisik dan emosional Ibu. 

Melalui gerakan-gerakan prenatal yoga yang menenangkan dan membuat tubuh rileks, Ibu akan belajar mengendalikan diri dan lebih mengutamakan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan janin. 

4.Lebih dekat dengan calon anak

Prenatal yoga merupakan jenis olahraga yang dapat melatih Ibu untuk fokus pada diri sendiri dan merasakan apa yang terjadi di dalam tubuh melalui beberapa gerakan dan latihan pernapasan. Hal ini secara tidak langsung akan membangun kedekatan antara Ibu dengan calon anak yang sudah dinantikan kehadirannya. 

Sebelum melakukan olahraga ini, Ibu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan dan juga ahli yoga (yogi) untuk mengetahui gerakan yoga yang paling tepat dilakukan selama masa kehamilan. Sebab, olahraga yang cocok untuk seseorang belum tentu sesuai bagi Ibu karena kondisi kesehatan dan kemampuan tubuh wanita hamil berbeda-beda. Salam sehat, Bu!