Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar Ibu di trimester pertama kehamilan ini? Semoga dalam keadaan sehat ya, Bu. Di usia kehamilan ini, tentunya banyak tantangan yang Ibu alami. Salah satunya adalah perubahan hormon yang memengaruhi kondisi psikis dan fisik dalam diri Ibu. Hal itu mungkin membuat Ibu mudah lelah dan stres, serta suasana hati menjadi sangat mudah berubah-ubah atau lebih dikenal dengan istilah moody. Benar, Bu? Saya juga mengalaminya ketika hamil si Kecil dulu.

Jangan khawatir ya, Bu! Apa yang Ibu alami itu sangat wajar, kok. Ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan supaya bisa mengatasi moody dan kembali bersemangat dalam keseharian.

Lakukan Hal-Hal Menyenangkan

Pikirkan tentang hal-hal yang bisa membuat Ibu merasa senang kembali saat stres atau moody datang. Misalnya, nonton film di bioskop atau mengobrol bersama sahabat sambil menonton DVD favorit di rumah. Ibu juga bisa membuat janji dengan teman-teman untuk pergi ke kafe kesukaan atau shopping bareng mereka. Pilihan lainnya, Ibu dapat melibatkan suami dengan merencanakan makan malam romantis bersamanya. Namun, kadang-kadang saya sendiri malah merasa butuh waktu sendiri untuk menenangkan diri saat moody datang. Jika Ibu pun merasa begitu, lakukan saja hal-hal sederhana yang bersifat menenangkan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, melakukan pijat, atau tidur.

Bicara kepada Seseorang

Salah satu cara ampuh mengatasi moody adalah curhat. Utarakan apa yang ada di hati Ibu kepada seseorang. Akan lebih baik jika Ibu curhat kepada orang-orang yang memang mengerti kondisi Ibu dan mengenal Ibu dengan baik, seperti suami, keluarga, dan sahabat. Ibu juga bisa curhat dengan calon-calon ibu lain yang usia kehamilannya sama dengan Ibu. Dengan begitu, Ibu bisa berbagi cerita dengan mereka, saling menguatkan, dan memberi semangat ketika stres datang.

Berolahraga

Olahraga dikenal sebagai salah satu kegiatan yang bisa memperbaiki mood, sehingga bisa bersemangat kembali. Saat Ibu tiba-tiba merasa cemas, gelisah atau sedih, coba untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki di tempat terbuka sambil menghirup udara segar. Jika punya waktu, Ibu bisa memilih olahraga renang, mengikuti kelas yoga atau senam untuk wanita hamil. Tidak hanya membuat bersemangat kembali, badan pun menjadi lebih bugar, Bu. Selain itu, olahraga rutin bagi wanita hamil juga dapat meningkatkan stamina tubuh supaya lebih siap saat melahirkan nanti.

Bermimpi

Tidak heran jika di usia kehamilan trimester pertama ini, Ibu menjadi agak terobsesi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi, mulai dari pernak-pernik untuk si Kecil, nama yang akan dipilih, sampai bagaimana cara mengurus si Kecil nanti. Nah, bermimpi dan berkhayal yang indah-indah tentang si Kecil juga bisa membantu mengembalikan semangat Ibu, lho. Namun, yang mesti diperhatikan adalah jangan sampai khayalan dan mimpi tersebut menjadi muluk-muluk, lalu malah membuat Ibu merasa stres ya, Bu

Trimester pertama bisa jadi terasa cukup berat karena Ibu masih membiasakan diri dengan berbagai perubahan fisik dan mentak dengan adanya si Kecil dalam kandungan. Jalani dengan santai saja, Bu, serta terus jaga kesehatan Ibu dan si Kecil. Selamat menikmati masa awal kehamilan dan tetap semangat ya, Bu!