Share Like
Simpan

Apakah Ibu rajin melakukan olahraga selama masa kehamilan? Senam hamil merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat untuk dijalani wanita yang sedang mengandung. Dengan rutin melakukan senam hamil, tubuh akan terasa lebih segar, bugar, memiliki banyak energi, dan setelah persalinan nanti akan lebih mudah kembali ke bentuk tubuh awal.

Untuk melakukan senam hamil ini, Ibu tidak harus pergi ke tempat latihan khusus dan mengeluarkan banyak uang. Senam hamil yang sederhana dapat dilakukan dengan mudah dan murah di rumah, lho. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti lima langkah gerakan sederhana senam hamil berikut ini:

  1. Berdiri Bertumpu

    Gerakan ini dimulai dengan posisi badan dalam keadaan berdiri tegak dan salah satu tangan bertumpu pada kursi. Bukalah kedua kaki dengan lebar kurang lebih 45 derajat. Kemudian, tekuk lutut dan secara perlahan bawalah tubuh dalam posisi serendah mungkin dan jagalah agar posisi punggung tetap lurus. Setelah itu, angkat kembali tubuh dan luruskan kaki seperti posisi awal. Ulangi gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik. Manfaat gerakan ini adalah untuk melatih otot paha bagian belakang dan pantat, serta meningkatkan keseimbangan.

  2. Jongkok

    Posisikan tubuh dengan punggung dalam keadaan lurus. Kemudian, turunkan badan pelan-pelan hingga mencapai posisi berjongkok. Tahanlah posisi tersebut untuk beberapa saat selama kira-kira 10 detik. Angkat tubuh perlahan-lahan dan berdirilah dengan tegak. Dalam sehari, Ibu dapat melakukan gerakan ini beberapa kali. Selain mudah dilakukan, senam hamil dengan gerakan jongkok ini dapat mempermudah persalinan karena memperkuat otot paha dan otot panggul.

  3. Duduk

    Senam hamil dalam posisi duduk ini dapat dilakukan di lantai dengan punggung bersandar pada dinding dengan lutut yang ditekuk dan telapak kaki saling dirapatkan. Kemudian, angkat dan turunkan lutut hingga menyentuh lantai dengan telapak kaki yang masih saling menyentuh. Gerakan ini bisa dilakukan sekitar 10-20 detik saja dan Ibu akan memperoleh manfaatnya, seperti mengencangkan otot paha dan membuat tubuh lebih rileks.

  4. Miringkan Panggul

    Selanjutnya, lalukan gerakan senam hamil dengan memiringkan panggul. Posisikan tubuh seperti hendak merangkak dengan punggung yang lurus dan kepala ditegakkan. Sembari menengadahkan kepala, cobalah untuk menarik nafas dan melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik sehari. Manfaat yang diperoleh dari gerakan senaman hamil ini adalah untuk menguatkan otot perut dan dapat mengurangi rasa sakit di pinggang selama masa kehamilan.

Gerakan-gerakan sederhana dalam senam hamil ini selain cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah, juga bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Meski relatif aman untuk ibu hamil tak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan langganan sebelum melakukan aneka gerakan senam tersebut. Selalu jaga kesehatan ya, Bu!