Share Like
Simpan

Apakah Ibu sering mual selama masa kehamilan? Mual merupakan salah satu gejala morning sickness yang sering dialami wanita hamil dan sangat berpengaruh terhadap menurunnya nafsu makan serta berkurangnya energi tubuh. Untuk mengatasi hal ini, santaplah makanan yang mengandung gizi penting untuk ibu hamil dan juga berfungsi sebagai peningkat energi sehingga aktivitas tetap lancar hingga waktu persalinan tiba.

Ingin tahu apa saja jenis nutrisi ibu hamil yang juga ampuh sebagai peningkat energi? Simak informasi berikut ini:

  1. Protein
    Protein merupakan salah satu gizi yang penting untuk ibu hamil karena mengandung asam amino yang baik untuk perkembangan janin, sekaligus dapat meningkatkan energi.
    Contoh makanan yang kaya kandungan protein dan dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil adalah telur dan yoghurt. Telur dan yoghurt memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh dan janin, serta dapat meningkatkan energi karena kandungan kalori di dalamnya.
    Makanan lain yang juga kaya akan protein dan dapat meningkatkan energi ibu hamil adalah susu, keju, daging, ayam, ikan dan seafood, tahu, kacang buncis, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Ibu bisa mengombinasikan aneka bahan makanan ini menjadi sajian lezat yang ampuh untuk meningkatkan energi sekaligus dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.
  2. Karbohidrat Kompleks
    Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat penting untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena memberikan suplai energi kepada janin dan juga sang ibu. Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil ini, sayur dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang paling tepat untuk dikonsumsi.
    Salah satu sayuran kaya karbohidrat kompleks yang bisa dipilih adalah kentang, tetapi Ibu perlu perhatian khusus saat mengolahnya agar nutrisi penting di dalamnya tidak hilang. Pangganglah kentang di dalam oven tanpa mengupas kulitnya dan bisa Ibu konsumsi dengan sedikit tambahan garam serta lada untuk memberikan rasa gurih yang lebih nikmat.
    Selain itu, campuran buah kering seperti cranberry dan aprikot juga kaya kandungan karbohidrat kompleks sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif kudapan lezat di sela-sela waktu makan. Ibu juga boleh mencampurkan berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond karena memiliki kandungan kalori yang dapat meningkatkan energi tubuh selama masa kehamilan, serta membuat rasa buah kering jadi lebih nikmat.

Saat Ibu mulai merasa lemas dan tak bertenaga, perbanyaklah konsumsi aneka makanan berprotein dan juga kaya karbohidrat kompleks yang ampuh untuk meningkatkan energi tubuh. Akan tetapi, jangan lupa juga untuk menyesuaikan takarannya dan membuat variasi jenis bahan makanan yang dikonsumsi agar kebutuhan gizi ibu hamil bisa terpenuhi secara seimbang. Salam sehat, Bu!