Share Like
Simpan

Ibu pasti sudah tak asing dengan berbagai tanda kehamilan seperti sakit kepala di pagi hari, mual dan muntah, terjadinya perubahan pada payudara, serta bertambahnya frekuensi buang air kecil. Seluruh tanda kehamilan ini dipicu oleh pregnancy hormone yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi tubuh beberapa hari setelah sel telur mengalami pembuahan.

Simak penjelasan berikut agar Ibu mengetahui mengapa hormon ini diproduksi dan bagaimana bisa memicu terjadinya berbagai tanda kehamilan.

1. Pengertian dan manfaat hCG

Hormon yang menyebabkan munculnya berbagai tanda kehamilan ini diproduksi oleh sel-sel plasenta yang tertanam pada lapisan uterus. Hormon ini juga merangsang korpus luteum, salah satu bagian rahim, untuk meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan.

Jumlah hCG dalam tubuh akan semakin meningkat pada minggu-minggu awal kehamilan dan bisa mencapai 2 kali lipat saat Ibu mengandung anak kembar. Pada 85% kehamilan normal, kadar hCG akan berlipat ganda setiap 48 hingga 72 jam sekali, dan jangka waktu ini naik menjadi 96 jam sekali saat kandungan mencapai usia yang lebih tua.

HCG bercampur dalam urin dan darah, itulah mengapa alat tes kehamilan harus direndam dalam air kencing selama beberapa saat untuk menentukan positif tidaknya kandungan seseorang. Selain itu, hCG juga berperan dalam melindungi janin dengan melemahkan kekebalan tubuh agar tak menyerang sel telur yang baru dibuahi dan tertanam dalam uterus.

2. Tanda kehamilan yang disebabkan hCG

  • Peningkatan jumlah hCG secara drastis pada kandungan di minggu-minggu awal memicu timbulnya berbagai tanda kehamilan, seperti rasa mual dan dan meningkatnya kepekaan penciuman terhadap bau yang ada di sekitar.
  • Hormon progesteron yang produksinya meningkat karena kemunculan hCG menyebabkan timbulnya tanda kehamilan berupa rasa lelah berlebih, lemas, dan sakit kepala di trimester pertama. Progesteron juga “bertanggung jawab” atas rasa sakit di bagian pinggul dan tulang kemaluan yang dialami selama masa kehamilan.
  • Tanda kehamilan berupa payudara yang terasa lunak dan sakit saat disentuh juga menjadi akibat dari tingginya produksi hormon progesteron yang dirangsang oleh hCG.
  • Berbagai tanda kehamilan lainnya, seperti seringnya buang air kecil dan muntah setiap pagi juga disebabkan oleh produksi hCG di dalam tubuh.

Sekarang Ibu sudah mengenal hormon yang satu ini, kan? Jika pada trimester pertama Ibu mengalami tanda-tanda kehamilan yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas, segera temui dokter untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.