Share Like
Simpan

Di trimester pertama kehamilan saat ini, mual dan muntah mungkin cukup sering Ibu alami ya di pagi hari? Setahun lalu, saat tengah mengandung si Kecil, saya juga sempat berhadapan dengan hal ini, Bu. Bahkan, saking lemasnya akibat morning sickness, saya jadi malas beraktivitas di pagi hari dan memilih untuk kembali tidur hingga siang hari tiba. Namun, tahukah, Bu? Setelah membaca artikel di sebuah forum kesehatan wanita hamil, saya jadi tahu bahwa kebiasaan tidur pagi ternyata perlu dihindari, karena memperbesar beberapa risiko berikut:

1. Tubuh Sering Terasa Lemas dan Kurang Berenergi

Benar memang bahwa Ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang memicu kelelahan. Namun, bukan berarti Ibu harus bermalas-malasan selama kehamilan, lho. Alih-alih membuat tubuh terasa lebih bugar, terlalu banyak tidur di pagi hari justru bisa menyebabkan tubuh terasa lemah dan mudah lelah, karena stamina Ibu menurun.

Padahal, Ibu memerlukan stamina tubuh yang baik saat ini. Selain membantu Ibu lebih prima, stamina jadi modal penting calon Ibu untuk menghadapi proses persalinan kelak. Bila stamina tubuh Ibu bagus, Ibu akan mampu mengejan lebih kuat dan tak mudah kelelahan di tengah-tengah proses persalinan. Setuju?

2. Rentan Terhadap Sakit Kepala yang Tak Tertahankan

Menurut artikel yang saya baca di forum kesehatan calon Ibu, kebiasaan tidur pagi juga perlu dihindari karena berpotensi menyebabkan terjadinya penumpukan cairan serebrospinal di area otak. Sebagai info, cairan serebrospinal berfungsi sebagai bantalan otak di dalam tulang tengkorak. Saat jumlahnya berlebih, cairan ini bisa menyebabkan Ibu mengalami sakit kepala tak tertahankan karena koordinasi antarsaraf pada otak terhambat.

Bila tak ditangani dengan baik, kelebihan cairan serebrospinal selama kehamilan disebut-sebut juga bisa menyebabkan bayi Ibu terlahir dengan kondisi hydrocephalus, yakni kondisi di mana ukuran kepala membesar secara tidak wajar.

3. Cairan Ketuban yang Berlebihan

Bermalas-malasan di atas ranjang di pagi hari berdampak buruk pada kesehatan wanita hamil karena dapat mengakibatkan volume air ketuban di dalam rahim terlalu banyak. Semakin minim aktivitas dan gerakan yang Ibu lakukan, volume cairan ketuban pun akan semakin meningkat.

Bila hal ini sampai terjadi, posisi janin dalam kandungan juga jadi berubah-ubah, Bu. Efeknya, janin makin sulit memasuki daerah panggul, dan berisiko menghambat proses persalinan normal.

Nah, itulah tiga alasan mengapa Ibu hamil perlu menghindari kebiasaan tidur pagi yang saya dapat dari forum kesehatan wanita hamil. Agar calon Ibu dan bayi sehat, yuk minimalisir kebiasaan yang kurang baik ini, Bu. Selamat menjalani masa kehamilan dengan lebih aktif!