Share Like
Simpan

Kabar yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Selamat untuk kehamilan pertamanya, Bu! Di momen kehamilan pertama ini, mungkin ada banyak hal seputar kehamilan yang belum Ibu tahu, termasuk makanan ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi ya? Tak perlu sedih, sebab dulu saya pun merasakan hal yang sama saat hamil anak pertama.

Sadar pengetahuan saya masih sangat minim, saya kemudian berinisiatif mengikuti satu forum diskusi Ibu hamil. Ternyata, hal ini membantu lho, Bu. Forum itu tak hanya memperluas hubungan pertemanan saya, tetapi juga sekaligus menambah pengetahuan seputar hal-hal yang terkait dengan kehamilan pertama.

Menurut sejumlah Ibu di forum itu, selain mengurangi aktivitas berat yang bisa memicu kelelahan, mengonsumsi asupan kehamilan yang baik juga disarankan oleh para dokter kandungan sejak awal kehamilan. Sebab, di samping memenuhi kebutuhan nutrisi harian Ibu, makanan Ibu hamil yang tepat juga akan mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan sejak trimester pertama. Sebagai referensi, berikut beberapa pilihan asupan bernutrisi yang baik dikonsumsi saat Ibu sedang menjalani trimester pertama kehamilan:

  1. Daging rendah lemak

Mengandung Protein tinggi, daging rendah lemak adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu hamil. Protein dalam wujud Asam Amino pada daging rendah lemak berfungsi membangun pertahanan sel-sel tubuh Ibu dan calon buah hati sehingga lebih kebal terhadap ancaman penyakit.

Daging rendah lemak juga merupakan sumber Zat Besi yang baik. Zat Besi akan membantu bayi dalam proses pembentukan sel-sel darah merah di tubuhnya, sekaligus menghindarkan Ibu dari anemia, masalah yang mungkin terjadi selama asa kehamilan.

  1. Kacang

Makanan Ibu hamil berikutnya yang juga baik dikonsumsi ialah kacang-kacangan. Jenis makanan ini tinggi kandungan Asam Folat yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin serta menekan risiko cacat lahir.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, kacang-kacangan juga termasuk salah satu makanan paling ramah usus, Bu. Ketika dikonsumsi secara rutin, ia bisa membantu membersihkan usus dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Salmon

Seperti halnya daging rendah lemak, salmon juga baik dikonsumsi Ibu hamil karena mengandung asam lemak jenuh yang membantu memaksimalkan perkembangan otak si Kecil. Selama kehamilan, memperbanyak konsumsi makanan sumber asam lemak jenuh penting bagi para Ibu karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah dapat memperlancar tubuh memproses vitamin A dan E, serta memperkecil risiko depresi selama kehamilan. Namun, ingat untuk memastikan daging salmon sudah matang sebelum mengonsumsinya, Bu. Ketika tidak matang sempurna, bakteri dan larva cacing dalam daging salmon dikhawatirkan masuk ke plasenta janin dan dapat membahayakan si Kecil dalam kandungan.

  1. Alpukat

Kaya Asam Folat, Potasium, Vitamin C, dan Vitamin B6, alpukat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, sekaligus mengurangi gejala morning sickness dalam balutan rasa yang nikmat. Selain untuk Ibu, si Kecil dalam kandungan juga dapat manfaatnya, lho, antara lain terhindar dari gangguan tulang dan risiko cacat saraf.

Agar si Kecil nanti terlahir sehat, mulailah memilih makanan Ibu hamil yang bergizi dan kaya manfaat dari sekarang serta konsultasikan soal asupan kehamilan ke dokter kandungan yuk, Bu!