Share Like
Simpan

Pernakah Ibu merasa berat tubuh bertambah saat hamil, namun berat janin tidak mengalami perubahan? Saya pernah mengalaminya, Bu. Saat itu, dokter kandungan meminta saya untuk lebih menjaga kesehatan janin dan menambah berat badan si Kecil dalam kandungan. Akan tetapi, saya bingung cara melakukannya. Untuk itu, saya mencari sejumlah informasi di internet untuk mengetahui makanan apa saja yang bias dikonsumsi untuk mendapatkan berat janin ideal. Berikut ini beberapa informasi yang saya dapat.

Berapa Berat Janin Ideal?

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists, berat janin akan bertambah pesat pada trimester ketiga. Pada awal trimester ketiga, berat janin akan mencapai 900 gram hingga 1.100 gram, Bu. Namun, berat tersebut akan bertambah dua kali lipat ketika memasuki bulan kedelapan. Idealnya, berat badan janin akan bertambah sekitar 200 gram setiap minggu. Supaya perkembangan janin 8 bulan lancar, Ibu sebaiknya mengonsumsi sekitar 2.400 kalori/hari selama trimester ini. Namun, jumlah ini tergantung berat badan Ibu selama masa kehamilan, sehingga sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter kandungan.

Makanan Apa Saja yang Perlu Dikonsumsi?

Menaikan berat badan bukan berarti Ibu bisa makan semua hal yang diinginkan, lho. Dari artikel American Pregnancy Association yang saya baca, Ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi penting untuk janin. Kalau Ibu mengonsumsi makanan tidak sehat, janin juga akan mendapat asupan yang sama. Supaya berat janin ideal, Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan berikut ini.

  • Protein

Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi 90-100 gram Protein setiap hari. Selain menambah berat janin, Protein juga membantu perkembangan otaknya. Ibu bisa mendapatkan asupan Protein dari beberapa makanan, seperti kacang almond, daging sapi tanpa lemak, produk olahan susu, ikan kembung, dan daging ayam.

  • Karbohidrat

Terkadang, Ibu hamil menghindari makanan yang mengandung banyak Karbohidrat, seperti nasi putih karena khawatir semakin gemuk. Namun, Karbohidrat dibutuhkan untuk meningkatkan berat janin. Oleh sebab itu, Ibu bisa memilih bahan makanan lain yang kaya Karbohidrat. Misalnya, kacang polong, gandum, jagung, dan kentang.

  • Lemak Sehat

Siapa bilang Ibu hamil tidak perlu lemak? Makanan yang mengandung Lemak tak jenuh justru diperlukan untuk pertumbuhan janin. Pilihlah bahan makanan seperti aplukat dan selai kacang untuk mendapat asupan Lemak. Bahkan, American Congress of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan yang mengandung Lemak sehat setiap harinya. 

  • Gula

Makanan manis ternyata juga dibutuhkan Ibu hamil. Namun, Ibu sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan bergula. Pilihlah yang mengandung gula alami, seperti yang terdapat dalam buah-buahan. Gula yang terdapat dalam kue atau permen tidak memberikan cukup nutrisi untuk janin. Coba tambahkan sekitar 100 kalori gula alami dalam menu makanan sehari-hari Ibu. Jenis gula ini akan meningkatkan berat badan janin, tetapi tidak memengaruhi berat badan Ibu secara signifikan. Sekarang, Ibu sudah mengetahui beberapa bahan makanan yang bisa membantu menaikkan berat janin bukan? Ingat Bu, menjaga kesehatan janin  dan Ibu sendiri adalah hal yang penting. Pastikan Ibu selalu memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, ya.