Share Like
Simpan

Bu, makanan apa yang jadi favorit selama kehamilan? Saat mengandung calon anak tercinta, makanan ibu hamil yang terdiri dari daging, buah, dan sayur harus dikonsumsi secara seimbang untuk mendapatkan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak vitamin dan mineral penting yang baik untuk pertumbuhan janin sehingga harus terus dikonsumsi melalui makanan yang disantap setiap harinya. Nah, agar Ibu memahami manfaat dari masing-masing vitamin dan mineral sekaligus tahu bagaimana cara mendapatkannya, simak hal-hal penting berikut ini:

1. Vitamin A dan Beta Karoten

Janin membutuhkan vitamin A dan beta karoten untuk membantu pertumbuhan tulang dan giginya. Tambahkan hati ayam, telur, wortel, bayam, brokoli, kentang, atau labu dalam makanan ibu hamil yang dikonsumsi untuk mendapat manfaat optimal dari kedua zat berkhasiat ini.

2. Vitamin D

Tak jauh berbeda dengan vitamin A, janin juga membutuhkan vitamin D untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang dan giginya melalui fosfor yang ada di dalamnya. Untuk mendapat asupan vitamin D, ibu hamil sebaiknya menyantap hidangan yang terbuat dari susu dan ikan.

3. Vitamin E

Vitamin yang satu ini membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan otot pada janin melalui makanan ibu hamil dengan campuran minyak sayur, kacang-kacangan, dan bayam.

4. Vitamin C

Vitamin C yang dapat ditemukan pada jeruk, stroberi, paprika, pepaya, kentang, brokoli, dan tomat sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun serta membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

5. Thiamin (B1)

Kandungan thiamin bisa didapatkan dari makanan ibu hamil yang gandum utuh, daging, telur, kacang-kacangan, dan legum. Thiamin sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan energi dan mengoptimalkan kerja sistem saraf pada wanita hamil.

6. Pyridoxine (B6)

Zat yang satu ini membantu pembentukan sel darah merah pada janin dan juga dapat meringankan gejala morning sickness pada wanita hamil. Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihlah makanan ibu hamil yang terbuat dari ayam, ikan, telur, wortel, kubis, bayam, pisang, buncis, brokoli, dan kacang.

7. Folic Acid (folat)

Mengonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung folat dapat mencegah terjadinya spina bifida atau cacat tulang belakang pada janin. Bahan makanan yang kaya akan folat antara lain jeruk, stroberi, sayuran-sayuran hijau, buah bit, kembang kol, dan kacang-kacangan.

8. Kalsium

Kandungan kalsium dalam makanan ibu hamil membantu tulang dan gigi janin tumbuh dengan maksimal dan mencegah pembekuan darah pada wanita hamil. Kalsium banyak terdapat pada susu, yogurt, keju cheddar, sayur-sayuran berwarna hijau tua, dan ikan sarden.

9. Zat besi

Makanan ibu hamil dengan kandungan zat besi yang cukup dapat mencegah kelahiran prematur dan meminimalkan risiko anemia pada sang ibu. Makanan yang kaya zat besi antara lain daging sapi, sayur-sayuran berdaun hijau, oat, dan wheat germ.

10. Protein

Makanan ibu hamil yang terbuat dari daging sapi, ayam, telur, olahan susu, sayuran, dan kacang-kacangan, kaya akan protein yang baik untuk mengoptimalkan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Sepuluh nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang tepat agar memberikan manfaat optimal bagi Ibu dan calon anak kesayangan. Jika bosan dengan makanan ibu hamil yang sama setiap hari, cobalah kombinasikan bahan-bahan kaya vitamin dan mineral tersebut menjadi sajian yang nikmat dan mengundang selera. Selamat makan, Bu!