Share Like
Simpan

Bu, sibuk apa hari ini? Di tengah aktivitas yang dijalani, perkembangan janin juga harus tetap diawasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama di akhir trimester pertama. Pada fase ini, perkembangan janin memasuki tahap yang sangat penting karena jantungnya mulai bekerja dan tubuhnya terbentuk dengan lebih sempurna.

Penasaran apa saja yang terjadi dalam rahim di akhir trimester pertama? Yuk Bu, simak tahap perkembangan janin berikut ini:

1. Munculnya Detak Jantung

Salah satu perkembangan janin yang paling dinanti calon ibu dan ayah saat pemeriksaan adalah mulai terdengarnya detak jantung. Di akhir trimester pertama, jantung janin mulai berfungsi dan berdetak 2 kali lebih cepat dibanding jantung Ibu, yaitu sekitar 120 hingga 140 kali per menit.

Suara detak jantung ini bisa terdengar dengan bantuan alat khusus yang disebut Doppler, namun kadang janin berada dalam posisi tertentu sehingga alat tak bisa menangkap suara detak jantungnya yang masih sangat lirih.

2. Terbentuknya Kulit

Perkembangan janin yang juga tak kalah pentingnya di akhir trimester pertama adalah terbentuknya lapisan kulit yang melindungi organ dalam. Selain itu, terbentuk pula lapisan khusus yang akan membuat kuku kaki dan tangannya terbentuk lebih sempurna dan bisa memanjang.

Pada fase ini, kelopak mata janin telah sepenuhnya terbentuk namun masih belum bisa terbuka hingga memasuki trimester ke-2. Selain itu, organ seksual dalam tubuh janin juga mulai terbentuk walaupun masih belum bisa terlihat melalui pencitraan ultrasonografi (USG).

3. Berkembangnya Gerak Refleks

Di akhir trimester pertama, perkembangan janin terjadi cukup pesat yang ditandai mulai berkembangnya gerak refleks. Saat perut bergerak atau terguncang, janin akan ikut bergerak dan menggeliat meski Ibu masih belum bisa merasakannya.

Janin juga mulai bisa membuka lengan dan menggerakkan jari-jarinya karena sistem saraf di otaknya telah terbentuk sepenuhnya. Wajah janin juga sudah mulai terbentuk sempurna dengan posisi mata dan telinga yang telah berada pada tempatnya.

4. Organ dalam bekerja optimal

Memasuki akhir trimester pertama, organ vital janin telah melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks, misalnya hati yang mulai memproduksi empedu dan ginjal yang mulai menyekresi urin ke kandung kemih.

Perkembangan janin di fase ini juga ditandai dengan bertambahnya panjang badan dari 2 atau 3 cm menjadi 5 cm. Berat janin masih belum bertambah secara signifikan dibanding dengan kehamilan di minggu sebelumnya dan baru akan meningkat ketika memasuki trimester kedua.

Pasti gembira rasanya mengetahui pesatnya perkembangan janin di akhir trimester pertama, sebab tak lama lagi ia akan tumbuh semakin besar dan Ibu mulai bisa merasakan tendangan lembut calon anak tercinta. Jadi, selalu jaga kesehatan agar janin tumbuh makin optimal ya, Bu!