Share Like
Simpan

Memasuki trimester ketiga, ada banyak hal yang harus Ibu perhatikan terkait perkembangan janin untuk memastikan kesehatannya sebelum proses persalinan beberapa minggu lagi. Di trimester terakhir ini, perkembangan janin yang terjadi lebih mengarah pada kemampuan otak dan saraf-saraf tubuhnya yang mulai peka dalam merasakan dan mengenali lingkungan sekitar.

Ada 6 perkembangan janin yang sangat menarik di trimester terakhir ini. Ibu penasaran? Simaklah apa saja yang dilakukan janin beberapa minggu sebelum ia lahir, seperti berikut ini:

1. Membuka mata

Aktifnya sistem saraf pada otak membuat janin dapat membuka mata dan melihat cahaya untuk pertama kalinya. Bahkan, janin sudah bisa merasa terganggu oleh sinar yang mengenai matanya dan ia akan berbalik untuk menghindari cahaya tersebut.

2. Mulai mengenal jadwal tidur

Saat Ibu beraktivitas di pagi, siang, dan sore hari, tubuh akan terus bergerak sehingga janin ikut terayun dalam cairan ketuban yang ada di uterus. Hal ini membuatnya rileks sehingga ia lebih banyak tidur ketika tubuh terus bergerak melakukan berbagai aktivitas dan terjaga ketika Ibu tidur, itulah sebabnya janin lebih aktif saat malam tiba.

3. Lebih mudah bernapas

Ketika trimester ketiga, terjadi perkembangan janin yang sangat penting, yaitu semakin optimalnya sistem pernapasan calon anak tercinta. Dalam fase ini, pembuluh darah mulai menyalurkan oksigen ke paru-paru sehingga janin dapat bernapas dengan mudah. Tubuhnya juga memproduksi zat bernama surfaktan yang berfungsi mempermudah janin mengambil napas saat lahir nanti.

4. Dapat mengatur suhu

Salah satu perkembangan janin yang tak kalah penting adalah optimalnya kemampuan otak dalam mengatur suhu tubuh yang mencegah janin merasa kedinginan di tengah cairan ketuban. Selain itu, lapisan lemak yang semakin tebal pada tubuh janin juga membuatnya tetap merasa hangat hingga waktu persalinan tiba.

5. Banyak menyerap makanan

Menjaga asupan makan di trimester ketiga sangatlah penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin, sebab pada fase ini ia menyerap banyak nutrisi dari makanan yang Ibu konsumsi untuk menambah berat tubuhnya. Selain itu, kalsium dalam hidangan yang Ibu santap juga akan digunakan untuk menyempurnakan pertumbuhan tulang dan giginya.

6. Menggunakan panca indra

Di minggu ke-33, terjadi perkembangan janin yang sangat penting karena berkenaan dengan 5 indra yang dimilikinya. Pada tahap ini, janin dapat menggunakan matanya untuk melihat, menggerakkan jarinya untuk meraba sesuatu di dalam uterus, merasakan cairan ketuban yang tertelan dengan lidahnya, mendengar berbagai suara dengan telinganya, bahkan ia juga dapat mencium aroma jika saja tak ada cairan ketuban di sekitarnya.

Memasuki trimester ketiga, Ibu harus lebih intens berkonsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan janin agar proses persalinan berjalan lancar. Selain itu, jangan lupa juga mulai menyiapkan perlengkapan bayi yang kelak dibutuhkan calon anak tersayang. Semoga persalinan Ibu nanti berjalan lancar, ya!