Share Like
Simpan

Info ibu hamil yang dicari oleh ibu baru, biasanya hanya seputar nutrisi untuk ibu hamil maupun mitos-mitos mengenai cara menjaga kehamilan. Namun, pernahkah Ibu mencari tahu mengenai bagaimana milih bra menyusui yang tepat? Jika belum, Ibu bisa menanyakannya kepada konselor laktasi atau mencari info terkait dari forum ibu menyusui, Bu.

Melalui salah satu artikel tentang kehamilan yang pernah saya baca, memilih bra menyusui yang tepat tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan Ibu ketika mulai menyusui si Kecil, namun juga untuk memastikan kenyamanan Ibu. Dulu saya sempat merasakan betapa tidak nyamannya menggunakan bra yang tidak tepat, sehingga harus membeli bra baru yang lebih nyaman. Oleh karena itu, saya ingin berbagi tips memilih bra menyusui yang tepat supaya Ibu tidak melakukan kesalahan yang sama dengan saya. 

  • Beli sekitar sebulan sebelum melahirkan

Biasanya ukuran cup payudara masih terus bertambah. Saat mencari info seputar kehamilan, saya mendapatkan info agar agar membeli bra menyusui paling cepat sebulan sebelum persalinan. Pada masa ini, ukuran cup dan lingkar dada Ibu lebih mendekati ukuran setelah melahirkan nanti. Jadi, meski dada membesar karena produksi ASI setelah melahirkan, perbedaan ukuran bra Ibu tidak terlalu signifikan.

  • Perhatikan ukuran lingkar dada dan cup

Memilih ukuran bra menyusui tak hanya berdasarkan lingkar dada saja, Bu. Inilah poin penting yang saya dapat dari info ibu hamil. Sebab, biasanya ukuran cup Ibu juga berubah karena produksi ASI bertambah menjelang kelahiran si Kecil. Jadi, pastikan untuk mengukur ulang ukuran dada Ibu sebelum membeli bra, ya. Supaya lebih aman, cobalah untuk mengaitkan bra di kaitan paling dalam atau yang terkecil. Saat lingkar dada bertambah, Ibu dapat melonggarkannya sedikit demi sedikit.

  • Pilih bra dengan kancing cup yang mudah dibuka

Setelah mengetahui ukuran yang tepat, saatnya Ibu memilih jenis bra yang nyaman dan mudah digunakan.  Salah satunya pilih bra dengan kancing atau pengait depan cup yang mudah dibuka. Jika Ibu bisa mencoba membukanya dengan satu tangan, berarti bra tersebut dapat memudahkan Ibu ketika si Kecil mulai rewel meminta ASI.

  • Abaikan harga, perhatikan bahannya

Harga yang lebih murah memang memungkinkan Ibu untuk membeli bra menyusui lebih banyak. Namun, sebaiknya perhatikan juga jenis bahan bra tersebut ya, Bu. Gunakan bahan yang lembut seperti katun atau serat alami. Hindari menggunakan bra yang mengandung bahan plastik agar payudara bisa bernapas.

Biasanya bra dengan harga lebih murah memiliki masa penggunaan yang relatif lebih singkat daripada yang lebih mahal. Jika Ibu berencana untuk menyusui si Kecil lebih dari 1 tahun, sebaiknya pilih bra yang memiliki kualitas baik karena Ibu akan menggunakan bra ini berkali-kali.

  • Perhatikan jahitan dan talinya

Selain bahan, perhatikan juga jalur jahitan dan lebar tali penyangga bra. Usahakan untuk mencari bra menyusui yang tidak memiliki jahitan sambungan di sekitar puting ya, Bu. Ini bertujuan agar puting yang sedang lecet karena menyusui tak bertambah sakit ketika terkena benang pada bra. Selain itu, pilihlah tali bra yang cukup lebar agar lebih kuat menyangga dada. Tali yang kecil akan terasa sakit saat dipakai jika ukuran cup Ibu termasuk besar.

  • Hindari bra berkawat

Jika sebelum hamil Ibu lebih suka menggunakan bra berkawat, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut setelah hamil, ya. Ukuran dada saat hamil dan setelah menyusui pasti membesar, Bu. Jika menggunakan bra berkawat, saluran ASI bagi si Kecil bisa terganggu karena terhambat kawat tersebut. Selain itu, kawat penyangga pada bagian bawah bra ini dapat mengganggu kenyamanan Ibu saat memberikan asupan nutrisi pada balita melalui ASI, Bu.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus Ibu perhatikan sebelum membeli bra menyusui. Sebaiknya, belilah minimal tiga bra menyusui untuk persediaan. Semakin banyak bra menyusui yang Ibu miliki, semakin jarang pula waktu yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkannya, bukan?  Tak hanya faktor kenyamanan, pertimbangkan juga keamanannya dengan melihat berbagai info ibu hamil.