Share Like
Simpan

“Duh, semenjak menyusui di minggu ketiga, kenapa ASI yang keluar lebih sedikit, ya?”

Pernahkah Ibu mengalami hal yang serupa? Kebetulan, pengalaman tadi saya alami sewaktu menyusui si Kecil dulu. Sempat khawatir sih, karena takut gizi yang diserapnya jadi lebih lama kelamaan jadi lebih sedikit. Apalagi, di usia si Kecil yang belum genap 1 bulan, ASI tidak hanya merupakan sumber nutrisi, melainkan sebagai pembangun daya tahan tubuhnya juga. Mengingat hal itu, tentu saya jadi ketar-ketir sendiri.

Namun, setelah bertanya-tanya dengan teman dan saudara yang pernah mengalami berkurangnya produksi ASI ini, saya jadi tahu, Bu. Rupanya, saya bisa kembali melancarkan produksi ASI dengan mengonsumsi jenis makanan berikut:

  • Oatmeal

Kandungan nutrisi yang terkandung pada makanan ini bukanlah satu-satunya alasan mengapa mengonsumsinya saat menyusui memiliki manfaat yang sangat baik. Seperti yang ditulis dalam situs Justmommies.com, oatmeal juga termasuk makanan yang membuat Ibu merasa nyaman sehingga bisa meningkatkan produksi homon oksitosin yang berperan penting dalam memproduksi ASI.

  • Sayuran berwarna hijau gelap

Bayam, daun selada, dan juga brokoli, merupakan berbagai jenis sayuran yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung phytoestrogens. Jika Ibu bosan dengan penyajian yang itu-itu saja, Ibu bisa membuat jus yang dicampur dengan buah-buah segar seperti apel atau lemon.

  • Buah bit

Buah berwarna merah ini mengandung beta-karoten tinggi yang sangat dibutuhkan oleh Ibu di masa menyusui dan juga bermanfaat sebagai penambah Zat Besi untuk mengurangi risiko dari terkena anemia. Apabila Ibu termasuk orang yang senang bereksperimen dengan jens-jenis makanan, Ibu bisa membuat jus segar dari buah ini dan dicampur dengan wortel. Hm, rasanya pasti segar!

  • Salmon

Jika Ibu termasuk penyuka salmon, kali ini Ibu sudah bisa bernapas lega. Memasuki masa menyusui, Ibu sudah diperbolehkan kembali unutk mengonsumsi ikan berwarna kuning kemerahan tanpa perlu lagi merasa khawatir. Ikan salmon sendiri merupakan salah satu sumber Asam Lemak Esensial dan Asam Lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan produksi ASI.

  • Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, atau macadamian merupakan pilihan utama para ibu untuk meningkatkan produksi ASI. Ini karena kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan Lemak serta Antioksidan yang tinggi. Namun, saat memlih produk kacang-kacangan ini, sebaiknya Ibu mencari yang tawar (tidak ditambahkan garam) dan bebas minyak.

Untungnya, lima makanan yang sudah saya sebutkan di atas memang jenis makanan kesukaan saya. Alhasil saya tidak merasa kesulitan saat harus mengonsumsi makanan tadi dengan porsi yang lebih sering. Apalagi, saya termasuk orang yang senang membuat variasi menu selama menyusui. Jadi, saya bisa memadu padankan beberapa jenis menu di atas dan dijadikan jus segar. Hm, rasanya enak deh, Bu!

Selain kelima jenis makanan di atas, ada juga zat tersendiri yang seringkali disangkutpautkan dengan produksi ASI, Bu. Namanya adalah Galactagogue. Jadi, Galactagogue ini adalah zat untuk meningkatkan produksi susu dan biasanya terkandung di dalam tanaman herbal, seperti alfalfa dan fenugreek. Tidak hanya tanaman herbal saja, Ibu juga bisa mengonsumsi obat khusus ibu hamil yang mengandung zat ini apabila Ibu mengalami kasus serupa.

Semoga informasi kali ini bisa membantu, ya. Kini, bagaimana dengan Ibu? Punya tips menarik yang dapat membantu melancarkan ASI? Yuk, bagikan dengan ibu-ibu lain di sini!