Whatsapp Share Like Simpan

Dalam menjalani program ASI eksklusif, tentu Ibu pernah mengalami masa ASI yang dikeluarkan kurang optimal seperti biasanya. Hal tersebut umum terjadi dan bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi sumber makanan pelancar ASI. Namun solusi tersebut kerap kali teralihkan dari rasa khawatir yang Ibu rasakan. Rasa khawatir tersebut datang karena ketakutan akan gizi yang diserap si kecil jadi lebih sedikit. Apalagi jika berlangsung dalam waktu yang lama. 

Meskipun begitu, rasa khawatir tersebut masih terbilang wajar. Mengingat kebutuhan ASI terhadap si buah hati cukup penting. ASI untuk baik tidak hanya jadi sumber makanan maupun nutrisi saja. ASI juga dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Namun kini Ibu tidak perlu lagi khawatir, karena solusi mengonsumsi sumber makanan pelancar ASI ini tidak hanya mudah didapatkan, tapi juga bisa diolah dengan cepat di rumah. 

Ragam makanan pelancar ASI

Makanan pelancar ASI secara umum bisa Ibu dapatkan dari berbagai sumber makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Bagi Ibu yang sedang berada di dalam fase menyusui, sebenarnya tidak ada pola konsumsi makanan atau minuman khusus yang mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan. 

Meskipun begitu, penting bagi Ibu untuk mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat sebagai makanan pelancar ASI ini. Manfaat dari sumber makanan pelancar ASI yang sehat dan kaya nutrisi ini berperan baik untuk menjaga tubuh Ibu bekerja secara optimal, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan. Oleh karena itu, gizi yang tercukupi dengan baik dari makanan pelancar ASI bisa membantu meningkatkan atau memperbanyak persediaan ASI.

Untuk penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan membahas mengenai berbagai jenis sumber makanan bergizi yang dinilai punya manfaat besar untuk memperlancar ASI. Ibu juga bisa hadirkan kreasi makanan yang lezat dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai makanan pelancar ASI dengan bahan makanan yang sehat ini. Apa saja daftar makanan pelancar ASI tersebut? Simak infonya di bawah ini.

Artikel Sejenis

Susu

Susu termasuk salah satu makanan pelancar ASI yang kaya akan nutrisi untuk memenuhi gizi harian ibu dan si Kecil. Apalagi susu termasuk sumber protein berkualitas yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh, seperti membantu meningkatkan sistem imun tubuh, memelihara dan membangun sel-sel serta jaringan tubuh, sebagai sumber energi, dan dapat mengangkut zat gizi lain di dalam tubuh. Pastikan Ibu memilih susu dari sumber hewani karena memiliki asam amino esensial yang lengkap dibandingkan susu dari sumber nabati.

Salah satu susu yang bisa Ibu konsumsi untuk melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI yaitu susu Frisian Flag Mama yang yang mengandung beragam nutrisi penting, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc (seng), fosfor, natrium, dan magnesium. Susu Frisian Flag MAMA memiliki 2 manfaat sekaligus dalam 1 produknya, yaitu bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga nutrisi di dalamnya penting bagi kesehatan Ibu dan si Kecil.

Oatmeal

Oatmeal dan gandum merupakan salah satu makanan pelancar ASI yang mudah untuk Ibu temukan dan bisa dikonsumsi dalam berbagai macam olahan makanan. Salah satu makanan pelancar ASI ini dinilai punya kandungan nutrisi yang cukup baik untuk membantu memperlancar produksi ASI. 

Meskipun begitu, manfaat yang terkandung di dalam makanan pelancar ASI satu ini bukan jadi satu-satunya alasan untuk Ibu konsumsi selama menjalani masa menyusui. Manfaat lain yang dikandung oatmeal dan olahan gandum lainnya ini dikenal mampu membuat Ibu merasa rileks. Pasalnya, mampu menjadi stimulan agar tubuh bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin agar Ibu merasa nyaman saat menyusui buah hati.

Sayuran berwarna hijau gelap

Bayam, daun katuk, daun selada, dan juga brokoli, merupakan berbagai jenis sayuran yang masuk ke dalam jenis makanan pelancar ASI. Keempat jenis sayuran tersebut yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung phytoestrogens. Untuk bayam sendiri, selain phytoestrogens, Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat efektif mengembalikan kadar zat besi di dalam tubuh terutama setelah melahirkan. Kekurangan zat besi yang Ibu alami ini juga jadi faktor yang memengaruhi kualitas produksi ASI. 

Daun katuk juga merupakan salah satu sayuran yang cukup sering dianjurkan sebagai bahan makanan pelancar ASI. Anjuran tersebut nyatanya datang bukantanpa sebab. Diketahui bahwa daun katuk merupakan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Sebagai makanan pelancar ASI, daun katuk mengandung protein yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Selain protein, daun katuk juga mengandung laktagogum dan prolaktin yang tinggi. Dua kandungan esensial dalam makanan pelancar ASI ini dianggap berguna untuk membantu perangsangan dalam meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. 

Jika Ibu bosan dengan cara penyajian yang itu-itu saja, Ibu bisa membuat jus yang dicampur dengan buah-buah segar seperti apel atau lemon. Campuran jus sayur dan buah ini juga nikmat dikonsumsi di waktu rehat, seperti sore hari.

Buah bit

Tahukah Ibu bahwa buah berwarna merah ini merupakan salah satu sumber makanan pelancar ASI yang juga menawarkan manfaat baik bagi tubuh? Buah bit adalah salah satu makanan pelancar ASI yang secara alami mengandung beta-karoten tinggi yang sangat dibutuhkan oleh Ibu di masa menyusui. 

Selain itu, buah bit juga bermanfaat sebagai penambah zat besi untuk mengurangi risiko dari terkena anemia. Apabila Ibu termasuk orang yang senang bereksperimen dengan jens-jenis makanan, Ibu bisa membuat jus segar dari buah ini dan dicampur dengan wortel. Hm, rasanya pasti segar!

Salmon

Jika Ibu termasuk penyuka salmon, kali ini Ibu sudah bisa bernapas lega. Memasuki masa menyusui, Ibu sudah diperbolehkan kembali untuk mengonsumsi ikan berwarna kuning kemerahan tanpa perlu lagi merasa khawatir. Selain itu, salmon juga dinilai menjadi salah satu makanan pelancar ASI yang membawa manfaat besar bagi Ibu di masa menyusui ini. Ikan salmon sendiri merupakan salah satu sumber Asam Lemak Esensial dan Asam Lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Daging rendah lemak

Daging rendak lemak, baik itu daging sapi dan daging ayam termasuk makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI juga lho, Bu. Sebab, daging termasuk sumber protein hewani yang sangat penting untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil. Selain protein, daging juga mengandung zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B12, serta beragam vitamin dan mineral lain yang penting untuk mendukung asupan gizi harian ibu menyusui.

Pepaya

Buah pepaya ternyata dikenal juga sebagai makanan yang berkhasiat untuk memperlancar ASI. Makanan pelancar ASI satu ini mampu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, sehingga produksi ASI juga ikut meningkat. Buah ini juga kaya akan Vitamin A, B, C, dan E, serta berbagai mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebagai buah yang rendah kalori, pepaya sangat baik untuk pencernaan. Ibu bisa mengonsumsi pepaya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi sup atau salad.

Labu siam

Labu siam bisa jadi pilihan sayuran lainnya sebagai makanan pelancar ASI. Diketahui bahwa labu siam mampu mencukupi kebutuhan asam folat sangat diperlukan bagi Ibu yang sedang hamil maupun menyusui. Asam folat berperan penting untuk membantu perkembangan sel, hemoglobin, dan jaringan organ si kecil. Ibu bisa mengonsumsi minimal 100 gram labu siam setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Selain memperlancar ASI, labu siam juga dipercaya dapat memaksimalkan manfaat ASI untuk si kecil.

Selain jenis makanan pelancar ASI di atas, ada juga zat khususyang sering kali disangkut pautkan dengan sebagai zat yang meningkatkan produksi ASI, Bu. Zat tersebut dikenal dengan nama adalah galactagogue. Galactagogue ini merupakan zat yang bekerja untukmeningkatkan produksi susu. Zat ini biasanya terkandung di dalam tanaman herbal, seperti alfalfa dan fenugreek. Tidak hanya tanaman herbal saja, Ibu juga bisa mengonsumsi obat khusus ibu hamil yang mengandung zat ini apabila Ibu mengalami kasus serupa.

Cara alami meningkatkan produksi ASI

Selain makanan pelancar ASI, ada beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan demi menjaga kualitas produksi ASI harian untuk si kecil. Beberapa langkah ini merupakan langkah alami yang bisa Ibu lakukan di rumah sehari-hari dan juga berperan sebagai dorongan agar manfaat makanan pelancar ASI bisa didapatkan secara maksimal.

  1. Tingkatkan frekuensi menyusui

    Agar Ibu bisa menyalurkan produksi ASI dan juga nutrisi yang didapatkan dari makanan pelancar ASI kepada buah hati, pastikan agar Ibu terus meningkatkan frekuensi menyusui. Peningkatan frekuensi menyusui ini baik dilakukan di awal-awal masa pasca kelahiran. Pasalnya, semakin tinggi frekuensi menyusui, tubuh Ibu , terutama di bagian payudara akan mendapatkan rangsangan agar bisa terus menyediakan pasokan ASI seoptimal mungkin.

  2. Coba untuk pompa ASI secara rutin

    Selain mendapatkan rangsangan dari frekuensi menyusui yang meningkat, memompa ASI secara rutin bisa jadi alternatif baik agar produksi ASI bisa berjalan dengan baik, sehingga Ibu bisa merasakan manfaat makanan pelancar ASI yang maksimal. Memompa ASI sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI ini dianjurkan jika seusai menyusui, payudara Ibu masih terasa keras. Payudara yang keras tersebut menjadi tanda bahwa masih ada pasokan ASI yang masih perlu dikeluarkan dalam waktu tersebut. ASI yang berhasil dipompa tersebut bisa Ibu simpan dalam lemari pendingin khusus agar bisa dikonsumsi si kecil pada jadwal menyusui berikutnya.

  3. Buat ruangan menjadi nyaman

    Selain kebutuhan akan makanan pelancar ASI, nyatanya aspek lingkungan juga ternyata dapat memengaruhi produksi ASI, lho, Bu. Jika Ibu menyusui di ruangan yang nyaman, hal tersebut tentu juga akan membuat Ibu menjadi lebih rileks. Perasaan nyaman tersebut bisa membuat tubuh menjadi tidak tegang, sehingga produksi ASI pada saat menyusui buah hati bisa mengalir secara maksimal. Ruangan yang nyaman juga dapat membantu Ibu untuk terhindar dari serangan stres yang dapat mengganggu aktivitas keseharian lainnya.

  4. Melakukan pijatan di payudara

    Memijat payudara secara berkala juga ternyata mampu menjadi rangsangan alami demi meningkatkan produksi ASI. Memijat payudara ini merupakan salah satu cara yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja di saat Ibu sedang rileks. Ibu bisa melakukan pijatan di bagian payudara sambil menyusui si buah hati. Sangat dianjurkan untuk Ibu mulai memijat payudara dari bagian luar terlebih dahulu sembari secara perlahan memijiat ke bagian dalam.

Itulah beberapa rekomendasi makanan pelancar ASI serta langkah alami memperlancar produksi ASI yang bisa Ibu coba. ASI merupakan makanan terbaik yang dapat Ibu berikan semenjak si kecil lahir hingga berumur 6 bulan. Oleh karena itu, selalu pastikan makanan yang Ibu konsumsi mampu meningkatkan kualitas ASI dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Pemberian ASI yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI dan melakukan stimulus secara alami, Ibu juga bisa penuhi kebutuhan tubuh dalam meningkatkan kualitas ASI dengan minum minum Frisian Flag Mama dengan formula khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan si Kecil.

Susu Frisian Flag MAMA memiliki 2 manfaat sekaligus dalam 1 produknya, yaitu bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga nutrisi di dalamnya penting bagi kesehatan Ibu dan si Kecil. Susu  Frisian Flag MAMA hadir dengan rasa cokelat yang lezat dan bisa diminum dalam sajian susu panas maupun dingin sesuai selera Ibu. Semoga informasi kali ini bisa membantu, ya.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz