Share Like
Simpan

Berbagai perubahan fisik dan hormonal yang berlangsung di awal masa kehamilan pastinya memengaruhi kondisi Ibu, ya. Saat hamil si Kecil dulu, saya juga merasakannya, Bu. Mual-mual, pegal, dan keluhan lain cukup sering saya alami. Untuk mengatasinya, saya menghindari konsumsi obat-obatan berbahan dasar kimia karena khawatir bisa berdampak negatif pada perkembangan janin.

Saat itu, saya berkonsultasi dengan seorang dokter kandungan via Live Chat di laman Facebook Ibu & Balita untuk mencari tahu cara alami mengatasi ketidaknyamanan yang saya rasakan. Nah, untuk Ibu, berikut saya bagikan rangkuman tips yang saya dapat dari dokter itu. Simak, yuk:

• Hindari Pemicu Rasa Tak Nyaman

Menurut dokter tempat saya berkonsultasi, salah satu pemicu mual dan muntah-muntah yang biasa dialami Ibu hamil muda adalah aroma-aroma tertentu yang baunya cukup menyengat. Misalnya durian atau benda lain yang juga memiliki aroma tajam. Jadi, mengingat secara alami indra penciuman Ibu menjadi semakin tajam selama kehamilan, saya disarankan untuk menghindari makanan atau benda-benda sumber aroma tersebut.

• Makan Dalam Porsi Kecil

Saat mual, kita cenderung menghindari makanan ya, Bu. Padahal, menurut dokter, perut yang kosong justru akan memperparah mual yang Ibu rasakan, lho. Oleh sebab itu, dokter menyarankan, sebaiknya Ibu tetap makan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu, untuk menghindari perut kosong, Ibu juga bisa menyediakan camilan sehat seperti buah-buahan favorit di rumah.

• Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat saya berkonsultasi, dokter juga bilang bahwa dehidrasi ternyata juga memperburuk kondisi morning sickness, Bu. Oleh karena itu, saya disarankan memenuhi kebutuhan air putih harian, setidaknya delapan gelas per hari. Selain itu, dokter juga meminta saya untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan tinggi kandungan air seperti jeruk, jambu biji, dan apel sebagai cara sehat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

• Jalan Santai

Dengan kondisi punggung yang pegal, kepala pusing dan rasa tak nyaman lain, saya jadi malas bergerak dan lebih banyak berbaring untuk mengistirahatkan diri. Apa Ibu pun demikian? Nah, setelah berkonsultasi, saya baru tahu bahwa saat gangguan-gangguan seperti ini hadir, saya justru harus lebih aktif bergerak supaya ketidaknyamanan itu bisa segera berkurang. Sebab, bergerak aktif akan membuat aliran darah dalam tubuh lebih lancar sehingga otot tubuh tidak kaku.

Nah, itu dia beberapa tips Ibu hamil muda yang saya dapatkan dari dokter untuk mengatasi ketidaknyamanan di masa kehamilan. Bila Ibu juga merasakan keluhan serupa, Ibu bisa mencoba mempraktikkan beberapa tips tadi, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter, Bu. Terus semangat menanti kelahiran si buah hati, ya.