Whatsapp Share Like
Simpan

Masih teringat hingga sekarang betapa bahagianya saya ketika mengetahui perut ini sudah ada penghuninya. Rasanya seperti mimpi! Kini lengkap sudah hidup saya sebagai seorang perempuan.

Menjalani masa-masa kehamilan memang gampang-gampang susah ya, Bu. Apalagi setelah memasuki trimester kedua. Semakin bertambahnya berat janin, tubuh kita juga terasa semakin berat. Biasanya, ketika usia kandungan bertambah, Ibu akan mudah merasa pegal. Hal ini sangat mudah menyerang apabila Ibu kurang berolahraga. Nah, untuk membantu Ibu, saya punya enam tips mudah untuk menghilangkan badan pegal saat hamil muda, yaitu:

Melatih Postur Tubuh

Biasakan diri untuk melatih postur yang baik saat hamil. Seperti berdiri dengan tegak, angkat dada sedikit lebih tinggi, dan tarik bahu ke belakang tapi tetap rileks. Dengan begitu, beban yang bertambah di bagian perut Ibu dapat diseimbangkan dengan melakukan ketiga posisi tadi.

Sering melatih postur tubuh yang baik dapat mengurangi rasa pegal pada tulang, terutama tulang punggung dan pinggang. Dalam beberapa kasus bahkan dapat mengurangi resiko nyeri tulang parah dan membuat Ibu jadi susah bergerak. Kasus tersebut umumnya terjadi pada penderita skoliosis (kelainan tulang) yang rentan akan sakit pinggang dan punggung.

Rajin Bergerak & Berolahraga

Meski sedang hamil, tapi Ibu tetap harus aktif bergerak. Bertambah besarnya ukuran janin membuat kemampuan tubuh Ibu menjadi berkurang dan membuat tubuh jadi cepat pegal. Oleh sebab itu, olahraga sangatlah penting untuk menjaga kekuatan tulang dan juga kelenturan otot. Olahraga yang aman dilakukan oleh Ibu hamil muda diantaranya adalah jalan sehat, yoga, berenang, bersepeda, dan senam ringan.

Artikel Sejenis

Pakai Bantal Penyangga

Terlalu lama duduk bisa membuat badan terasa pegal, terlebih bagi Ibu hamil. Jika Ibu masih aktif bekerja di kantor dan harus duduk selama berjam-jam, gunakan bantal penyangga di punggung untuk menjaga postur tubuh tetap tegak, ya. Ibu bisa menggunakan bantal kecil atau bantal khusus untuk menyangga punggung bagian bawah. Bila sudah terlalu lama duduk, beristirahatlah dengan berdiri atau berjalan-jalan sebentar dan lakukan pemanasan ringan agar otot tidak kaku.

Kompres dengan Air Hangat

Badan pegal saat hamil muda memang sulit untuk dihindari. Bila ada anggota tubuh yang terasa pegal, Ibu bisa menggunakan kompres dengan air hangat di tempat-tempat yang terasa pegal selama kurang lebih 15 menit. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih rileks.

Konsultasi ke Dokter

Bu, jika sakit yang dirasakan sudah cukup mengganggu, berkonsultasilah kepada dokter untuk melakukan terapi chiropractic. Menurut penelitian pada jurnal Obstetrics and Gynecology di tahun 1998, terapi chiropractic aman bagi Ibu hamil karena tubuh hanya akan dipijat untuk mengembalikan posisi saraf ke tempat yang benar tanpa perlu melakukan operasi ataupun minum obat-obatan.

Akupuntur

Selain terapi chiropractic, akupuntur juga dikenal dapat mengurangi rasa pegal maupun rasa sakit yang sudah cukup mengganggu. Jarum-jarum yang ditusukkan pada titik yang tepat dapat membuat tubuh menghasilkan penghilang rasa sakit alami pada tubuh. Namun sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah akupuntur ini aman dilakukan dengan kondisi Ibu.

Menjaga kebugaran tubuh selama hamil sangatlah penting. Selain demi kesehatan Ibu, hal tersebut juga baik bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Itu sebabnya sangat dianjurkan bagi Ibu hamil agar mulai membiasakan diri melakukan latihan fisik sedari dini. Olahraga yang cukup juga harus diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu juga meningkatkan asupan kalsium pada menu makan sehari-hari. Selain baik bagi kesehatan tulang Ibu, kalsium dapat  membantu pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil, lho. Ibu bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari susu khusus ibu hamil seperti Frisian Flag Mama atau dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut:

  • Yoghurt rendah lemak
  • Sereal
  • Jus jeruk  atau kurma (tanpa pemanis buatan)
  • Kacang kedelai
  • Roti tawar atau gandum

Bu, meskipun badan pegal saat hamil muda merupakan hal yang biasa terjadi, tapi hal tersebut tetap membutuhkan perhatian Ibu. Apalagi ketika rasa pegal tersebut sudah sangat mengganggu dan juga menyakitkan. Jika enam tips di atas tidak dapat membantu Ibu, sebaiknya segera hubungi dokter dan periksakan kondisi Ibu segera. Jaga terus kesehatan dan kebugaran tubuh Ibu, ya! Selamat menjalani masa kehamilan!