Share Like
Simpan

Gangguan kesehatan yang dialami saat hamil muda sering membuat Ibu tak bersemangat menjalani hari. Akibatnya, timbul rasa stres dan tertekan yang tentu saja tak baik untuk kesehatan janin. Meski sulit untuk langsung menghilangkan rasa mual, pusing, bahkan stres begitu saja, ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk membuat masa hamil muda lebih menyenangkan. 

Ingin tahu kiat-kiatnya? Langsung saja simak informasi berikut ini untuk membantu melewati masa sulit saat hamil muda:

1.Maksimalkan waktu

Umumnya rasa mual atau pusing selama hamil muda hanya terjadi pada waktu tertentu, misalnya pagi hari saat baru bangun atau malam hari ketika akan tidur. Ibu harus mengetahui kapan gejala-gejala tersebut datang sehingga bisa memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk melakukan berbagai hal yang jadi hobi dan menimbulkan perasaan senang.

Jika rasa pusing dan mual selalu datang pada pagi hari, istirahatlah di rumah hingga hari beranjak sore dan setelah itu baru lakukan aktivitas di luar ruangan. Ibu bisa mengunjungi rumah kerabat, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, atau sekedar bersantai di teras rumah bersama suami tercinta.

2.Istirahat cukup

Tak hanya pusing dan mual, banyak wanita yang mengalami kelelahan berlebih saat hamil muda. Hal ini terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan yang terjadi akibat tumbuhnya janin sehingga Ibu jadi mudah lelah dan lemas padahal tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

Untuk mengatasinya, Ibu bisa menambahkan jam tidur yang semula hanya 7 atau 8 jam menjadi 10 atau 11 jam setiap harinya. Banyaknya waktu istirahat akan membuat tubuh terasa lebih bugar saat bangun sehingga dapat beraktivitas seperti biasa tanpa terganggu oleh rasa lelah yang berlebihan.

3.Ubah pola makan

Pada umumnya wanita hamil enggan makan saat rasa mual datang, padahal hal ini bisa dihilangkan dengan meningkatkan frekuensi makan. Jika sebelum hamil Ibu biasa makan 3 kali sehari, sekarang cobalah meningkatkan frekuensinya namun dengan porsi yang lebih sedikit. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan mengandung terlalu banyak lemak karena akan semakin membuat mual.

Agar tubuh terasa fit dan kondisi kesehatan selalu stabil, Ibu juga perlu mengonsumsi tambahan kalori sesuai dengan berat badan dan jumlah yang disarankan oleh dokter. Selain itu, perbanyak konsumsi makanan bernutrisi yang bisa menjadi sumber energi sehingga dapat membuat Ibu merasa segar sekaligus membantu proses pertumbuhan calon anak tercinta.

4.Aktif bergerak

Tidur seharian memang tampak sebagai pilihan yang sempurna dalam mengatasi rasa mual dan pusing yang dialami saat hamil muda, padahal cara ini justru membuat tubuh makin lemas. Cobalah untuk tetap aktif bergerak dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berolahraga ringan pada sore hari yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan menambah asupan oksigen dalam tubuh.

Jika Ibu ingin melakukan aktivitas tertentu yang melibatkan pergerakan fisik, ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat nasihat yang sesuai dengan kondisi kesehatan saat hamil muda.

Trimester pertama kehamilan memang menjadi masa yang sulit bagi sebagain besar wanita, namun Ibu bisa mengatasinya dengan pola hidup sehat dan banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat. Tetaplah aktif dan bersemangat saat hamil muda ya, Bu!