Usia kehamilan dan berat janin yang semakin bertambah setiap minggunya, tentu akan membebani tubuh Ibu terutama bagian punggung. Simak tips sehat di bawah ini agar sakit punggung saat hamil tidak mengganggu aktivitas sehari-hari atau saat beristirahat. Jika Ibu mencoba ‘berteman’ dengan sakit punggung saat hamil, Ibu pun akan tetap nyaman menjalani tugasnya.

Banner AKP
Banner Register

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil


Sakit punggung saat hamil

Artikel Sejenis

Menurut penelitian, sakit punggung saat hamil biasanya dialami Ibu mulai dari trimester kedua. Sakit punggung saat hamil yang dialami oleh Ibu, bisa dikarenakan beberapa hal berikut ini:

  • Perubahan hormonal selama kehamilan menyebabkan ligamen bagian panggul dan sendi-sendi menjadi melunak sebagai persiapan proses melahirkan; perubahan tersebut mempengaruhi kemampuan otot menyangga punggung sehingga menyebabkan sakit punggung saat hamil.
  • Pusat gravitasi tubuh secara bertahap akan mengarah ke depan seiring semakin besarnya rahim dan janin, sehingga postur tubuh Ibu juga berubah dan Ibu pun cenderung mencondongkan tubuh ke belakang untuk menyeimbangkannya sehingga seringkali sakit punggung saat hamil muncul.
  • Penambahan beban berat yang disebabkan oleh semakin besarnya kehamilan dan bayi, sehingga menimbulkan perubahan beban pada punggung yang harus disangga kemudian menjadi sakit punggung saat hamil.
  • Postur atau posisi tubuh. Postur tubuh yang tidak baik, berdiri lama dan membungkukkan badan dapat memicu atau meningkatkan rasa nyeri akibat sakit punggung saat hamil.
  • Stres seringkali muncul karena perubahan suasana hati yang seringkali berubah saat hamil. Tidak jarang keluhan ini kemudian menyebabkan sakit punggung saat hamil.

Tips Meredakan Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung saat hamil mungkin tidak bisa dihilangkan seluruhnya, namun Ibu bisa mengurangi kadar nyerinya, yaitu dengan:

  • Melakukan latihan/gerakan tertentu yang dapat membantu menyangga dan memperkuat otot-otot punggung dan perut, dengan arahan dokter/bidan/instruktur terlatih.
  • Mengambil posisi jongkok ketika hendak mengambil sesuatu di lantai. Ibu sebaiknya tidak membungkukkan badan dalam posisi berdiri karena dapat memberikan beban tambahan pada punggung sehingga dapat meningkatkan sakit punggung saat hamil.
  • Menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi ataupun sepatu yang tidak menyangga tubuh dengan baik. Gunakanlah sepatu datar dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang sesuai.
  • Menghindari/mengurangi berbaring pada punggung. Sebaiknya berbaring menyamping, karena selain bermanfaat untuk mengurangi sakit punggung saat hamil, juga mengurangi risiko penekanan pembuluh darah besar pada tubuh Ibu.
  • Memperbanyak istirahat, dengan menaikkan posisi kaki.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

  • kompres dengan es, air dingin, atau air hangat; manapun yang terasa nyaman bagi Ibu untuk mengurangi sakit punggung saat hamil.
  • menggunakan alat penyangga.
  • berbaring dengan posisi miring ke salah satu sisi dan letakkan bantal penyangga di bagian lutut.

Kapan Ibu Perlu ke Dokter?

  • terasa sakit punggung saat hamil yang berat atau semakin berat
  • dirasakan semakin sering
  • timbul nyeri kram secara teratur

Selain mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi sakit punggung saat hamil, Ibu juga harus selalu memastikan asupan nutrisi untuk kesehatan serta tumbuh dan kembang janin dalam kandungan.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial yaitu jenis protein siap serap yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh) untuk mendukung pertumbuhan sel otak, otot dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng agar kebutuhan nutrisi Ibu selama periode kehamilan tercukupi.

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu hamil dengan 9AAE + 9 Nutrisi Penting untuk melengkapi nutrisi Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag Primamum mengandung energi sebanyak 180 kalori, protein 9 gram, DHA 34 mg dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. DHA dibutuhkan janin untuk mendukung pertumbuhan sel otaknya. Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. 

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kalkulator Kehamilan yang memudahkan Ibu untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) si Kecil. Ayo, cobain fiturnya di sini ya, Bu.