Share Like
Simpan

Bu, mencukupi kebutuhan Vitamin dan Mineral memang penting untuk menjaga kesehatan wanita hamil dan janin! Seperti pengalaman saya saat mengandung si Kecil dulu, salah satu yang perlu dipenuhi adalah asupan yang mengandung Vitamin A, karena dapat membantu menjaga sistem imun tubuh pada ibu hamil.

Akan tetapi, pemberian asupan Vitamin A perlu diperhatikan, Bu. Menurut dokter saya, terlalu banyak mengonsumsi Vitamin A justru dapat berisiko mengganggu perkembangan janin. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui segala informasi, termasuk pro dan kontra mengonsumsi Vitamin A selama masa kehamilan. Penasaran, Bu? Berikut informasinya!

Apa Saja Manfaat Vitamin A untuk Ibu Hamil?

Tahukah, Ibu? Seperti kata dokter, sumber Vitamin A dibagi dua jenis, yakni Preformed Vitamin A dan Provitamin A Carotenoids. Nah, Preformed Vitamin A dapat ditemukan dalam produk hewani seperti telur, susu, dan hati. Sedangkan Provitamin A Carotenoids dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, terutama yang berwarna oranye, kuning, dan hijau. Kedua sumber Vitamin A tersebut penting untuk membantu menjaga kesehatan wanita hamil dan janin, karena Provitamin yang terdapat pada makanan-makanan tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A. 

Jadi, apa saja manfaat Vitamin A? Selain membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh, dokter juga menjelaskan bahwa Vitamin A memiliki manfaat lain, yaitu membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan mata Ibu, serta membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Meskipun begitu, konsumsi Vitamin A tetap perlu dibatasi agar tidak menganggu kesehatan Ibu dan janin di masa kehamilan. Baca terus ya, Bu.

Bagaimana Risikonya Jika Terlalu Banyak Suplemen Vitamin A?

Bu, segala hal yang berlebihan tentu dapat memberikan efek negatif bagi perkembangan janin. Menurut dokter, asupan Vitamin A yang berlebihan atau dalam dosis tinggi dapat berbahaya bagi janin, yaitu berisiko menyebabkan bayi lahir cacat dan keracunan hati.

Ibu juga perlu berhati-hati, beberapa suplemen seperti obat jerawat juga mengandung senyawa Vitamin A dan dapat menyebabkan berlebihannya Vitamin A dalam tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan Ibu hamil sering berkonsultasi ke dokter mengenai pola makan dan obat apa saja yang akan diminum, meskipun itu adalah makanan atau obat yang sudah biasa Ibu konsumsi sebelum hamil.

Berapa Banyak Vitamin A yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

Untuk wanita hamil dengan rentang usia 19 tahun ke atas membutuhkan Vitamin A sekitar 770 mcg per hari, atau setara dengan kurang lebih ¾ cangkir bayam yang sudah dimasak matang. Berdasarkan konsultasi saya dengan dokter kandungan dan ahli gizi waktu mengandung si Kecil dulu, Ibu tidak harus memenuhi standar kebutuhan Vitamin A tiap harinya berdasarkan jumlah tersebut, lho. Jadi, Ibu cukup mengambil jumlah rata-rata selama beberapa hari atau per minggu. Yuk, konsultasikan daftar menu makanan harian Ibu dengan ahli gizi atau dokter kandungan! Lengkapi dengan asupan nutrisi kaya nutrisi, seperti Protein, Vitamin, Mineral, dan juga Lemak. Untuk menjaga kesehatan wanita hamil dan janin secara optimal, konsumsi makanan selama masa kehamilan harus dibatasi sesuai anjuran dokter ya, Bu.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Ibu!