Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti mengetahui salah satu manfaat kalsium yaitu untuk menjaga kesehatan tulang, bukan? Ternyata manfaat kalsium bukan hanya itu saja lho, Bu. Kalsium merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan lainnya. Oleh karena itu, pemberian kalsium kepada si Kecil sejak dini sangat penting demi menunjang tumbuh kembangnya lebih optimal. Namun, kalsium dalam tubuh saja tidak cukup ya, Bu, gizi harian si Kecil perlu Ibu seimbangkan pula dengan nutrisi penting lainnya.

Kalsium bisa Ibu dapatkan dari beberapa jenis makanan, mulai dari susu dan produk olahannya, sayuran hijau, ikan salmon, sarden, suplemen kalsium, dan lain-lain. Kebutuhan kalsium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, sejak dalam kandungan hingga orang tua. Kalsium dalam tubuh berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan otot, serta menggerakkan sistem saraf dalam membawa pesan antara otak dan setiap bagian tubuh. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui apa saja manfaat kalsium agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal.

Manfaat Kalsium

Berikut ini beberapa manfaat kalsium untuk tumbuh kembang si Kecil, di antaranya:

  1. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Manfaat kalsium yang paling sering disebut yaitu membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mineral ini memang berfungsi dalam membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi lebih kuat dan tidak rapuh. 

    Pada anak-anak, manfaat kalsium ini membantu pertumbuhan tulang dalam tubuh. Asupan kalsium yang baik dapat membuat tinggi badan si Kecil lebih optimal. Fungsi kalsium akan terus memperkuat kepadatan tulang, sampai si Kecil menginjak usia 20-25 tahun. Setelah itu, kepadatan tulang akan menurun. Namun kalsium tetap menjaga serta memperlambat proses hilangnya kepadatan tulang (osteoporosis).

    Artikel Sejenis

  2. Membantu menjaga kesehatan jantung

    Tak hanya penting bagi tulang dan gigi, manfaat kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung si Kecil. Kalsium dibutuhkan dalam proses pembekuan darah, mampu menjaga kerja otot jantung untuk membuat detaknya lebih teratur, serta mengontrol kontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  3. Mendukung kerja sistem saraf

    Manfaat kalsium yang tak kalah penting yaitu mendukung kerja sistem saraf. Sebab, sistem saraf tubuh manusia membutuhkan kalsium untuk mengirim sinyal dari otak ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, manfaat kalsium juga dapat bertindak sebagai obat penenang alami yang membuat sistem saraf bekerja lebih rileks dan mengurangi rasa sakit.

  4. Mengatur kontraksi otot

    Manfaat kalsium juga penting untuk kontraksi otot. Ketika sistem saraf merangsang otot, kalsium dalam tubuh pun dilepaskan. Akibatnya, protein dalam otot bisa berkontraksi. Selanjutnya, otot akan kembali rileks, saat kalsium dipompa keluar dari otot.

  5. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat kalsium lainnya yaitu mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh. Banyak ahli yang menyebutkan bahwa anak yang kekurangan kalsium cenderung lebih lemah, lesu, dan mengalami kram otot, tentunya didukung dengan konsumsi vitamin dan mineral juga ya, Bu.

  6. Membantu meningkatkan kecerdasan

    Tahukah Ibu bahwa manfaat kalsium juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf si Kecil lho. Ini karena kalsium juga terlibat langsung dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Sehingga anak yang kekurangan kalsium pun berisiko lebih lambat dalam menyerap informasi. Manfaat ini akan lebih optimal jika didukung dengan asupan nutrisi penting untuk otak anak, seperti DHA yang tinggi, sphingomyelin, dan asam sialat.

  7. Mencegah kanker usus besar 

    Melansir Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan risiko kanker usus besar pada orang-orang yang mengonsumsi kalsium dengan kadar yang cukup sejak kecil. Oleh karena itu, manfaat kalsium salah satunya dapat menurunkan beberapa penyakit dan membuat tubuh si Kecil lebih kuat. 

Sumber Kalsium

Melihat banyaknya manfaat kalsium untuk tumbuh kembang si Kecil, maka penting bagi Ibu untuk memberikan asupan makanan yang mengandung kalsium bagi si Kecil dari sumber makanan berikut ini: 

  • Susu dan produk olahannya

    Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang dapat dikonsumsi si Kecil. Kalsium di dalam susu umumnya lebih mudah terserap oleh tubuh, sehingga manfaat kalsium akan lebih mudah didapatkan oleh si Kecil jika ia rutin meminum susu sejak kecil. Susu bubuk pertumbuhan yang mengandung kalsium[DK1] yang cukup tinggi yaitu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa vanila dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian anak sekitar 30% sesuai AKG. Jika Ibu membiasakan si Kecil minum susu sebanyak 3 kali sehari, maka asupan kalsiumnya akan bertambah menjadi 90%. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi si Kecil akan lebih optimal karena tidak kekurangan kalsium. Ibu juga bisa mendukung asupan kalsium dari makanan bergizi lainnya.

  • Sayuran hijau

    Selain kaya akan serat, beberapa jenis sayuran hijau juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tubuh si Kecil. Ibu bisa mendapatkan manfaat kalsium dari bayam, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy. 

  • Makanan laut

    Makanan laut (seafood) juga kaya akan kalsium. Selain itu, jenis ikan tersebut juga mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan kulit.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen termasuk makanan yang kaya akan kalsium. Selain kalsium, kacang dan biji juga kaya akan nutrisi lain, seperti serat, protein, zat besi, zinc, folat, magnesium, dan kalium.

  • Makanan yang diperkaya kalsium

    Ibu juga bisa mendapatkan manfaat mineral ini dari beberapa jenis makanan yang diperkaya kalsium, seperti sereal, roti, dan oatmeal. Pastikan Ibu membaca label kemasan untuk memastikan produk tersebut adalah produk makanan yang diperkaya kalsium.

Efek Samping Kekurangan Kalsium

Manfaat kalsium sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun, jika ia kekurangan mineral ini, maka akan ada dampak buruk yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Berikut ini dampak kekurangan kalsium pada anak-anak:

  • Pertumbuhan si Kecil tidak optimal

    Seperti yang telah disebutkan, manfaat kalsium sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kepadatan tulang si Kecil. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang kekurangan kalsium biasanya akan lebih pendek dibandingkan anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

  • Risiko mengalami kelainan tulang

    Kekurangan kalsium dan vitamin D pada anak akan memicu risiko munculnya kelainan tulang atau rakitis. Penyakit ini ditandai dengan tekstur tulang yang lunak dan rapuh. Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan demi menjaga kesehatan tulang. 

  • Risiko mengalami osteoporosis di masa tua

    Anak-anak yang kekurangan kalsium lebih berisiko mengalami tulang yang rapuh hingga bisa terjadi patah tulang. Dengan begitu, kemungkinan mengalami osteoporosis pun akan semakin besar lho, Bu.

  • Risiko alami kelelahan ekstrem

    Kadar kalsium rendah juga dapat menyebabkan kelelahan luar biasa. Dampaknya, orang dewasa maupun anak-anak juga bisa mengalami kekurangan energi atau merasa lesu sepanjang hari. Selain itu, kurang kalsium juga bisa menyebabkan pusing disertai dengan fokus yang berkurang serta kebingungan.

  • Masalah pada kulit dan kuku

    Perlu diketahui, kalsium berfungsi sebagai penutrisi kulit dan kuku. Bantalan kuku manusia sebagian terbuat dari timbunan kalsium. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan kalsium yang cukup agar bantalan kuku terus sehat. Bila tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan muncul beberapa gejala pada kulit seperti kulit kering, dermatitis atopik (eksim), atau pada kuku seperti kuku kering, patah, hingga rapuh. Bantu kebutuhan kalsium dengan asupan sehat dan suplemen kalsium.

  • Risiko rambut rontok

    Di antara beberapa mineral, manfaat kalsium akan membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan dapat meningkatkan kesehatan rambut, terutama bila dikombinasikan dengan protein dan Vitamin D yang memadai. Vitamin D akan meningkatkan penyerapan kalsium yang tepat, dan tubuh memproduksinya setelah terkena sinar matahari. Penurunan penyerapan kalsium akan menyebabkan rambut rontok dan penipisan rambut.

  • Risiko alami sakit gigi

    Setiap hari, tulang dan gigi melepaskan kalsium melalui sel kulit, keringat, atau kotoran. Bila kalsium terus dilepaskan tanpa ada asupan kalsium yang cukup, maka hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi anak-anak. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi kalsium sendiri sehingga bila kekurangan kalsium akan menimbulkan masalah seperti gigi keropos, berlubang, iritasi gusi, atau pelemahan pada akar gigi. Tambahkan suplemen kalsium juga bila perlu.

  • Penurunan suasana hati dan daya ingat

    Kalsium dikenal memiliki efek besar pada suasana hati dan memori. Nutrisi kecil tapi kuat ini telah terbukti memiliki efek menenangkan pada otak dan sistem saraf, terutama bila dikombinasikan dengan magnesium. Sehingga, kekurangan kalsium akan memiliki efek samping pada penurunan suasana hati dan daya ingat.

Ibu pasti ingin melihat si Kecil tumbuh menjadi anak yang pintar, kuat, dan tinggi, bukan? Nah, asupan kalsium saja tidak cukup lho. Ibu perlu memberikan si Kecil nutrisi penting lain, salah satunya adalah 9 asam amino esensial (9AAE). 9 asam amino esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh untuk tumbuh kembang anak. Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga memerlukan asupan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya.

Perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani adalah jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan protein nabati. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. 

Sedangkan, kebutuhan 9AAE harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang anak lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 

Manfaat kalsium dan 9 asam amino esensial (9AAE) ini bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, demi mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Kandungan dan manfaat kalsium dalam Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ akan membantu anak-anak untuk mencegah terjadinya risiko-risiko akibat kekurangan kalsium. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi penting lainnya, yaitu minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz