Whatsapp Share Like Simpan

Berbicara tentang formula asam amino atau asam amino pada susu, tentu Ibu tidak bisa memisahkan dari informasi umum mengenai susu pertumbuhan anak yang hanya fokus pada kalsium dan pembentukan tulang. Selain itu, Ibu mungkin juga sering bertanya tentang formula asam amino apa saja yang mampu tersedia dalam segelas susu, serta terkait hingga umur kapan anak Ibu bisa mulai lepas dari minum susu pertumbuhan. Pasalnya sebagaimana yang diketahui asam amino pada susu merupakan bagian dari 9 asam amino esensial atau yang juga dikenal dengan istilah 9AAE yang punya peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan tubuh anak. Selain bersumber dari makanan, 9 asam amino esensial atau 9AAE juga dapat diolah dari susu.

Asam amino pada susu diolah tubuh dari kandungan protein. Kandungan protein yang ada pada susu tersebut nantinya diurai oleh tubuh untuk memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Proses penguraian protein menjadi asam amino esensial ini terjadi karena tubuh si kecil tidak bisa memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya secara alami. Pasalnya, 9 asam amino esensial atau 9AAE hanya bisa didapat atau dilengkapi melalui makanan. Sumber makanan yang dapat membantu tubuh memproduksi 9AAE antara lain adalah telur, susu, daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan juga sayur serta olahan lainnya. 

Formula asam amino yang terdapat pada susu memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Formula asam amino yang terdapat pada susu ini hadir untuk dapat diolah secara mudah oleh tubuh anak. Maka dari itu, penting untuk Ibu agar memastikan anak minum susu dengan rutin sebagai salah satu suplemen yang dibutuhkan agar pertumbuhan anak terus tetap terjaga sehat dan kuat. Pastikan Ibu memilih susu dengan formula asam amino yang berkualitas. Meskipun begitu, banyak juga mitos mengenai susu yang kerap kali ditemukan di berbagai kalangan masyarakat. Kurang lebih ada 3 mitos umum mengenai susu yang perlu Ibu ketahui faktanya. Berikut adalah mitos mengenai susu pertumbuhan di luar pembahasan aspek formula asam amino atau asam amino pada susu.

1. Mitos: Susu pertumbuhan hanya memiliki kandungan kalsium

Fakta menyatakan, selain formula asam amino pada susu, kandungan kalsium di dalam susu memiliki porsi yang lebih kaya. Namun kandungan tersebut bukanlah kandungan satu-satunya yang terdapat pada susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga proses tumbuh kembang anak agar senantiasa sehat dan kuat. Formula asam amino, terutama 9 asam amino esensial atau 9AAE juga jadi kandungan penting pada susu pertumbuhan. Formula asam amino esensial yang terdapat pada susu memiliki peranan penting untuk menjaga pembentukan otot dan tulang pada anak jadi lebih optimal. Selain formula asam amino esensial, susu pertumbuhan anak juga kaya akan kandungan protein, vitamin A, B, dan D, mineral, asam linoleat, serta omega 3.

2. Mitos: Susu pertumbuhan dapat meninggikan tubuh anak secara maksimal

Sesuai dengan namanya, susu pertumbuhan memang memiliki peran dalam membantu tinggi badan anak secara maksimal. Faktanya, menurut penelitian, anak yang setidaknya meminum satu gelas susu pertumbuhan pada takaran 245 mililiter dalam sehari secara rutin akan membuat anak tumbuh lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak rutin minum susu. Hal tersebut juga didasari berkat keberadaan formula asam amino pada susu yang diolah dari protein di dalam tubuh. Tahukah Ibu, bahwa penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, Tiongkok, Vietnam, Kenya, Indonesia, dan India juga menyatakan bahwa susu dan olahannya mampu menstimulasi pertumbuhan tinggi pada badan anak-anak. 

Artikel Sejenis

Selain penelitian tersebut, masyarakat Belanda juga jadi salah satu bukti bahwa formula asam amino esensial pada susu jadi faktor utama yang membantu tumbuh tinggi badan pada anak. Pasalnya, Belanda memiliki catatan dengan memiliki populasi orang-orang tertinggi di dunia saat ini. Menurut penelitian, orang-orang di Belanda memiliki tinggi badan lebih dari 20 sentimeter dibandingkan tinggi badan orang secara rata-rata dunia. Hal tersebut juga didasari karena orang-orang Belanda memiliki tingkat konsumsi susu dan produk olahannya yang lebih banyak dibandingkan negara lain. Maka, jika Ibu mendambakan anak untuk memiliki tubuh yang tinggi, sehat, dan kuat, maka formula asam amino pada susu bisa jadi jawabannya.

3. Mitos: Batasan usia anak dalam minum susu pertumbuhan

Memang diketahui secara umum bahwa pada setiap susu pertumbuhan memiliki kisaran usia guna melengkapi asupan formula asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh anak-anak. Lalu, ketika anak-anak sudah bertambah besar, maka kebutuhan terhadap susu pertumbuhan sudah bukan lagi jadi hal yang diutamakan. Namun perlu Ibu pahami, bahwa susu memiliki formula asam amino esensial yang penting untuk menjaga fungsi tubuh bekerja secara optimal. Hal ini dibutuhkan karena tubuh manusia memang tidak bisa memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE secara otomatis. Maka susu dengan formula asam amino di dalamnya sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bahkan saat anak tumbuh besar pun, susu masih punya peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah studi di Malaysia dilakukan dalam mengobservasi pentingnya peran susu di dalam tubuh, terutama anak-anak. Sebanyak 2.766 anak dengan rentang usia 6 hingga 9 tahun yang terbagi dari 12 sekolah menjadi subyek dalam penelitian tersebut. Dalam studi untuk penelitian tersebut, setiap anak diwajibkan untuk meminum susu pertumbuhan secara rutin selama 2 tahun. Penelitian yang dilakukan selama 2 tahun tersebut menunjukkan hasil yang positif. Melalui penelitian tersebut ditemukan adanya pengurangan risiko terhadap stunting dan kekurangan berat badan pada anak yang bisa diatasi dengan mengonsumsi susu yang memiliki formula asam amino esensial secara rutin setiap hari. 

Di luar dari penelitian tersebut, Ibu pun sudah mengetahui jika susu dan produk olahannya dapat membantu anak untuk memenuhi asupan harian yang terdiri dari protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A, B1, B2, B3, C, dan D. Menjaga asupan harian secara optimal pada anak juga punya manfaat penting bagi perkembangan otak yang memengaruhi tingkat kecerdasan. Selain itu, perkembangan pada bagian otak anak juga membantu anak lebih mudah mempelajari aspek-aspek, seperti emosi, mengamati perilaku keseharian, membantu perkembangan motorik dan kognitif, mempermudah proses belajar bahasa serta proses pembelajaran umum lainnya yang dibutuhkan di masa sekolah.

Dengan mengetahui tentang mitos dan fakta mengenai susu dan formula asam amino ini, diharapkan Ibu dapat senantiasa memahami pentingnya peranan susu pertumbuhan pada masa tumbuh kembang anak. Guna memenuhi kebutuhan formula asam amino esensial pada anak, Susu Frisian Flag 456 dengan kandungan 9 asam amino esensial atau 9AAE dan nutrisi lengkap bisa jadi pilihan sebagai susu pertumbuhan demi menjaga tumbuh kembang anak secara optimal.