Whatsapp Share Like Simpan

Tahukah Ibu, dua tahun pertama setelah si kecil lahir merupakan waktu yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak? Di periode ini Ibu perlu memberikan nutrisi penting untuk menentukan pertumbuhan fisik, kemampuan motorik kasar dan motorik halus, bahasa, serta sosialisasi si kecil yang akan berpengaruh di masa depan. 

Pasalnya, 80 persen fungsi otak dan sistem saraf dibentuk dan berkembang pesat di periode ini lho. Oleh karena itu, periode ini juga disebut sebagai pondasi agar tahap tumbuh kembang anak optimal. Ibu pasti bertanya, apa saja nutrisi penting yang buah hati Ibu butuhkan di masa emas pertumbuhannya ini? 

Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap agar Ibu sebagai orang tua dapat memaksimalkan tahap tumbuh kembang anak dengan tepat. 

Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, ada nutrisi penting dari zat gizi makro dan zat gizi mikro yang harus dipenuhi oleh buah hati Ibu secara tepat. Zat gizi makro merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 

Sementara, kebutuhan zat mikro relatif lebih sedikit dibandingkan zat makro, namun perannya tetap penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, seperti berbagai vitamin dan mineral. 

Artikel Sejenis

Berikut ini beberapa nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, di antaranya: 

  • Protein

    Protein berada di urutan pertama sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak lho, Bu. Ini karena fungsi dan manfaat protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, di antaranya:

    • Berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh
    • Meningkatkan fungsi organ tubuh
    • Untuk pembentukan antibodi yang dapat melawan infeksi penyakit, luka, dan pembekuan darah
    • Sebagai sumber energi
    • Berperan dalam mengangkut zat gizi lain

    Protein sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Yang perlu orang tua ketahui, protein hewani merupakan protein yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil karena di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial atau disebut juga 9AAE yang lengkap dan berperan penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak lebih optimal. Ibu bisa mendapatkan protein hewani ini dari susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

    Sementara, protein nabati bisa Ibu dapatkan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya, sayuran, serta buah-buahan. Namun, protein dalam sayur dan buah tidak setinggi dalam protein hewani karena dalam sayur dan buah terdapat asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino esensial lainnya tidak terserap dengan baik oleh tubuh dan tumbuh kembang anak kurang optimal. 

    Oleh karena itu, asupan protein hewani sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal. Jika kebutuhan protein tidak tercukupi, si kecil bisa mengalami risiko penyakit, seperti stunting, pertumbuhan gigi terhambat, daya tahan tubuhnya lemah, fungsi otak mengalami gangguan, proses penyembuhan luka jadi lebih lama, hingga proses tumbuh kembang anak akan terhambat. Itulah sebabnya Ibu perlu memenuhi kebutuhan protein dengan jenis yang lengkap (berupa 9 asam amino esensial) dan jumlah yang cukup. 

  • Karbohidrat

    Karbohidrat pun termasuk nutrisi yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang anak lho, Bu. Ini karena karbohidrat merupakan sumber energi utama yang membantu si kecil agar dapat beraktivitas dengan aktif setiap harinya. 

    Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, antara lain karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks lebih kaya akan serat dan molekul gula sehingga lebih lama dicerna tubuh, contohnya nasi merah, gandum, jagung, dan biji-bijian. Sementara, karbohidrat sederhana lebih cepat diserap dan dicerna oleh tubuh, contohnya nasi putih, roti, dan kue. 

  • Lemak

    Nutrisi yang satu ini sering dihindari karena dianggap menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan. Namun, faktanya lemak termasuk nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak lho, Bu. 

    Ini karena lemak berfungsi untuk perkembangan otak, sumber energi, mengatur suhu tubuh, mengantarkan berbagai zat dalam metabolisme, menghasilkan membran dan struktur sel dalam tubuh, sumber cadangan makanan, dan menjaga kesehatan kulit. 

    Lemak memang bisa membantu memenuhi asupan nutrisi anak, tetapi Ibu juga harus memilih jenis lemak baik dan menyesuaikan asupannya dengan kebutuhan harian si kecil agar tumbuh kembang anak lebih baik. 

  • Vitamin

    Vitamin termasuk zat mikro yang dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Ada beberapa macam vitamin yang dibutuhkan si kecil, di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. 

    Setiap jenis vitamin memiliki perannya masing-masing dan ada pula yang saling bekerja sama dengan nutrisi lain untuk pembentukan dan perkembangan jaringan tubuh serta membantu menjaga fungsi organ tubuh agar tetap optimal.

  • Mineral

    Nutrisi yang tak kalah penting untuk membantu tumbuh kembang anak adalah mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, zat besi, zinc, selenium, dan fosfor. 

    Sama seperti nutrisi lain, mineral juga memiliki peran masing-masing serta ada yang saling bekerja sama untuk mengoptimalkan kesehatan berbagai organ tubuh. Meskipun mineral termasuk zat mikro, namun kehadirannya tetap dibutuhkan oleh tubuh si kecil dalam masa pertumbuhannya. 

Semua nutrisi di atas harus saling melengkapi dan terpenuhi agar tumbuh kembang si kecil lebih optimal ya, Bu. Selain itu, Ibu juga perlu memahami kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) untuk tubuh si kecil lho. Kenapa kehadiran 9 asam amino esensial (9AAE) ini sangat penting dalam masa pertumbuhan si kecil? Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Asam Amino Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak

Asam amino esensial merupakan bentuk sederhana dari protein. Dalam memahami asam amino esensial ini, sebenarnya tubuh memerlukan 20 jenis asam amino untuk fungsi pembentukan dan perkembangan. 

Meskipun ada 20 jenis asam amino, namun hanya ada 9 jenis asam amino yang sangat penting untuk tubuh. 9 jenis asam amino ini disebut sebagai 9 asam amino esensial (9AAE). Mengapa disebut esensial? Karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, sehingga harus dipenuhi melalui makanan sumber protein berkualitas. Berikut 9 macam asam amino esensial (9AAE):

  • Leusin
  • Isoleusin
  • Valin
  • Triptofan
  • Fenilalanin
  • Metionin
  • Treonin
  • Lisin
  • Histidin

Kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar mendukung potensi tumbuh kembang anak lebih optimal. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) harus dipenuhi setiap hari karena tubuh manusia tidak dapat menyimpannya lebih dari satu hari. 

Baca juga: Bagaimana Dampak Kekurangan Asam Amino pada Bayi?

Sebuah penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan satu jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan berfungsi untuk memastikan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Tak hanya itu, kekurangan asupan 9 asam amino esensial (9AAE) juga akan memengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk perubahan fisik si Kecil lho, Bu. Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet juga menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan Asam Amino Esensial (9AAE) dalam tubuh. Itulah sebabnya, anak yang kekurangan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa terlihat dari perubahan fisik yang tidak sehat dan normal seperti anak se-usianya, salah satunya stunting. 

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) untuk mendukung potensi tumbuh kembang anak:

  1. Membentuk dan memelihara jaringan tubuh

    Kehadiran 9 asam amino esensial (9AAE) dalam tumbuh kembang anak berperan penting sebagai pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Manfaat ini berkaitan dengan pertumbuhan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, perkembangan kemampuan motorik kasar dan motorik halus, kemampuan bahasa, serta sosialisasi anak. 

    Manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan anak lho, Bu. Seperti yang Ibu ketahui, sebagian besar pembentukan dan perkembangan otak terjadi di 2 tahun pertama kehidupan si kecil, sehingga kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini berperan dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Selain 9 asam amino esensial (9AAE), asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 juga penting sebagai nutrisi otak anak. 

  2. Membangun Antibodi

    Protein atau 9 asam amino esensial (9AAE) berperan sebagai antibodi yang dapat melawan radikal bebas atau infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus, dan kuman. Jika kebutuhan protein tercukupi, sistem kekebalan tubuh si kecil pun akan lebih kuat untuk melawan infeksi penyakit. 

    Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi dalam proses penyembuhan luka yang lebih cepat, sehingga tumbuh kembang anak juga akan lebih optimal, Bu. 

  3. Sebagai sumber energi

    Energi tidak hanya didapat dari karbohidrat dan lemak saja lho, Bu. 9 asam amino esensial (9AAE) juga berperan sebagai sumber energi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Energi dari 9AAE ini akan disimpan sebagai cadangan dan baru akan digunakan saat tubuh membutuhkannya. 

  4. Mengangkut zat gizi

    9 asam amino esensial (9AAE) dari protein juga berperan dalam mengangkut zat-zat nutrisi dari saluran cerna ke dalam darah, lalu dari darah ke dalam jaringan tubuh dan melalui membran sel. Jika tubuh si kecil kekurangan 9 asam amino esensial (9AAE), maka penyerapan dan pengangkutan zat gizi dalam tubuh pun tidak akan optimal. 

Setelah mengetahui pentingnya nutrisi dan manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, diharapkan Ibu memenuhi asupan nutrisi ini agar si kecil tumbuh lebih optimal ya. Ibu bisa mendapatkan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Bahkan, nutrisi dalam susu pertumbuhan ini juga sudah ditingkatkan dari sebelumnya agar tumbuh kembang anak menjadi lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Kandungan susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang tak kalah penting yaitu DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih kreatif, cerdas, dapat berkonsentrasi dengan baik, serta meningkatkan daya ingat.

Selain itu, susu pertumbuhan ini juga diperkaya dengan nutrisi penting untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhnya, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.