Tahukah Ibu, dua tahun pertama setelah si kecil lahir merupakan waktu yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak? Di periode ini Ibu perlu memberikan nutrisi penting untuk menentukan pertumbuhan fisik, kemampuan motorik kasar dan motorik halus, bahasa, serta sosialisasi si kecil yang akan berpengaruh di masa depan.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Pasalnya, 80 persen fungsi otak dan sistem saraf dibentuk dan berkembang pesat di periode ini lho. Oleh karena itu, periode ini juga disebut sebagai pondasi agar tahap tumbuh kembang anak optimal. Ibu pasti bertanya, apa saja nutrisi penting yang buah hati Ibu butuhkan di masa emas pertumbuhannya ini?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai nutrisi penting apa saja yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil, Ibu perlu tahu bahwa ada dua nutrisi terpenting yang harus dipenuhi kebutuhannya, yaitu DHA dan 9AAE (asam amino esensial). Semua itu bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung DHA 4x lebih tinggi dan 9 Asam Amino Esensial (9AAE).

Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap nutrisi apa yang harus Ibu penuhi sebagai orang tua agar dapat memaksimalkan tahap tumbuh kembang anak dengan tepat.

Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, ada nutrisi penting dari zat gizi makro dan zat gizi mikro yang harus dipenuhi oleh buah hati Ibu secara tepat. Zat gizi makro merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 

Artikel Sejenis

Sementara, kebutuhan zat mikro relatif lebih sedikit dibandingkan zat makro, namun perannya tetap penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, seperti berbagai vitamin dan mineral. 

Berikut ini beberapa nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, di antaranya: 

  1. Protein

    Protein berada di urutan pertama sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak lho, Bu. Ini karena manfaat protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, di antaranya:

    • Berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.
    • Meningkatkan fungsi organ tubuh.
    • Untuk pembentukan antibodi yang dapat melawan infeksi penyakit, luka, dan pembekuan darah.
    • Sebagai sumber energi.

    Protein sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani merupakan protein yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil karena di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial (9AAE) yang lengkap dan berperan penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak lebih optimal. 

    Ibu bisa mendapatkan protein hewani ini dari susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Sementara, protein nabati bisa Ibu dapatkan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya, sayuran, serta buah-buahan. 

    Namun, protein dalam sayur dan buah tidak setinggi dalam protein hewani karena dalam sayur dan buah terdapat asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino esensial lainnya tidak terserap dengan baik oleh tubuh dan tumbuh kembang anak kurang optimal. 

    Jika kebutuhan protein tidak tercukupi, si kecil bisa mengalami risiko penyakit, seperti stunting, pertumbuhan gigi terhambat, daya tahan tubuhnya lemah, fungsi otak mengalami gangguan, proses penyembuhan luka jadi lebih lama, hingga proses tumbuh kembang anak akan terhambat.

    Itulah sebabnya Ibu perlu memenuhi kebutuhan harian protein si Kecil yang bisa didapatkan dari susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 5 gr total protein dalam setiap sajiannya.

    Selain itu, susu ini juga mengandung 9AAE (9 asam amino esensial - protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang si Kecil). Di dalam satu sajian susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ terdapat fenilalanin 267 mg, histidin 151 mg, isoleusin 287 mg, leusin 541 mg, lisin 467 mg, metionin 148 mg, threonine 243 mg, triptofan 73 mg, dan valin 357 mg.

  2. Karbohidrat

    Karbohidrat pun termasuk nutrisi yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang anak lho, Bu. Ini karena karbohidrat merupakan sumber energi utama yang membantu si kecil agar dapat beraktivitas dengan aktif setiap harinya. 

    Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, antara lain karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks lebih kaya akan serat dan molekul gula sehingga lebih lama dicerna tubuh, contohnya nasi merah, gandum, jagung, dan biji-bijian. Sementara, karbohidrat sederhana lebih cepat diserap dan dicerna oleh tubuh, contohnya nasi putih, roti, dan kue. 

    Ibu bisa memberikan si Kecil susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian si Kecil. Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung karbohidrat total sebanyak 22 gram dalam setiap sajiannya.

  3. Lemak

    Nutrisi yang satu ini sering dihindari karena dianggap menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan. Namun, faktanya lemak termasuk nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak lho, Bu. 

    Ini karena lemak berfungsi untuk perkembangan otak, sumber energi, mengatur suhu tubuh, mengantarkan berbagai zat dalam metabolisme, menghasilkan membran dan struktur sel dalam tubuh, sumber cadangan makanan, dan menjaga kesehatan kulit. 

    Lemak memang bisa membantu memenuhi asupan nutrisi anak, tetapi Ibu juga harus memilih jenis lemak baik dan menyesuaikan asupannya dengan kebutuhan harian si Kecil agar tumbuh kembang anak lebih baik. Sebagai pilihannya, Ibu bisa memberikan segelas susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 6 gram lemak total.

  4. Vitamin

    Vitamin termasuk zat mikro yang dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Ada beberapa macam vitamin yang dibutuhkan si kecil, di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. 

    Setiap jenis vitamin memiliki perannya masing-masing dan ada pula yang saling bekerja sama dengan nutrisi lain untuk pembentukan dan perkembangan jaringan tubuh serta membantu menjaga fungsi organ tubuh agar tetap optimal.

    Kebutuhan vitamin harian si Kecil bisa terpenuhi dengan mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Setiap sajiannya dapat memenuhi 35% kebutuhan harian vitamin A, 30% kebutuhan harian vitamin B1 dan vitamin B2, 35% kebutuhan vitamin B3, 40% kebutuhan vitamin B5, 30% kebutuhan harian vitamin B6, 20% kebutuhan vitamin B9, 60% kebutuhan vitamin B12, 100% kebutuhan harian vitamin C, 15% kebutuhan harian vitamin E, dan 50% kebutuhan harian vitamin K.

  5. Mineral

    Nutrisi yang tak kalah penting untuk membantu tumbuh kembang anak adalah mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, zat besi, zinc, selenium, dan fosfor. Kebutuhan mineral tersebut bisa diperoleh dari konsumsi susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, 20% kebutuhan magnesium harian, 25% kebutuhan harian zat besi, 25% kebutuhan harian zinc, 25% kebutuhan harian selenium, dan 25% kebutuhan harian fosfor. 

    Sama seperti nutrisi lain, mineral juga memiliki peran masing-masing serta ada yang saling bekerja sama untuk mengoptimalkan kesehatan berbagai organ tubuh. Meskipun mineral termasuk zat mikro, namun kehadirannya tetap dibutuhkan oleh tubuh si kecil dalam masa pertumbuhannya. 

Semua nutrisi di atas harus saling melengkapi dan terpenuhi agar tumbuh kembang si kecil lebih optimal ya, Bu. Selain itu, Ibu juga perlu memahami kebutuhan DHA untuk perkembangan otak si Kecil lho

Kenapa kehadiran DHA ini sangat penting dalam masa pertumbuhan si kecil? Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat DHA untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat DHA untuk tumbuh kembang anak - ibudanbalita

DHA adalah untuk asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak baik selama si Kecil masih di dalam kandungan hingga selama masa pertumbuhannya. Studi menunjukkan bahwa asupan DHA membantu meningkatkan kemampuan otak dan aktivitas belajar serta perilaku anak. 

Itulah mengapa, kekurangan DHA pada si Kecil dapat meningkatkan masalah pembelajaran dan perilaku anak. Pada dasarnya, tubuh dapat menghasilkan DHA secara alami. Meski begitu, untuk mendapatkan asupan yang dibutuhkan oleh otak dan organ penting lainnya, manusia perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan DHA. 

Lebih lengkap, berikut adalah manfaat DHA untuk anak: 

  1. Menjaga kesehatan otak

    Penelitian menunjukkan bahwa DHA dapat menjaga suasana hati atau mood, mencegah depresi, dan dapat meningkatkan fungsi otak anak. Bahkan, dengan asupan DHA yang cukup, daya ingat dan kemampuan belajar secara verbal dapat meningkat. 

  2. Membantu perkembangan sistem saraf dan otak

    Tahukah Ibu? Ternyata rendahnya asupan DHA pada anak dapat menghambat kemampuan daya ingat, kognitif, dan kecepatannya dalam belajar. Itulah mengapa, penting bagi Ibu untuk memastikan bahwa pada masa tumbuh kembang si Kecil mendapatkan asupan DHA yang cukup.

  3. Meredakan gejala ADHD

    ADHD atau Attention deficit hyperactivity disorder adalah kondisi yang memiliki gejala seperti kesulitan untuk fokus, hiperaktif, dan menunjukkan perilaku impulsif. Studi menunjukkan bahwa dengan rutin memenuhi kebutuhan DHA dapat membantu dalam mengurangi gejala-gejala ini. 

  4. Meningkatkan kualitas tidur 

    Kekurangan DHA tidak hanya dapat menghambat proses belajar dan tumbuh kembang si Kecil, tapi juga kualitas tidurnya lho, Bu. Studi menunjukkan bahwa kurangnya DHA dalam darah dapat meningkatkan risiko gangguan tidur pada anak.

Manfaat Asam Amino Esensial Untuk Tumbuh Kembang Anak

[ALT IMG: Manfaat asam amino esensial untuk tumbuh kembang anak - ibudanbalita]

Asam amino esensial merupakan bentuk sederhana dari protein. Dalam memahami asam amino esensial ini, sebenarnya tubuh memerlukan 20 jenis asam amino untuk fungsi pembentukan dan perkembangan. 

Meskipun ada 20 jenis asam amino, namun hanya ada 9 jenis asam amino yang sangat penting untuk tubuh. 9 jenis asam amino ini disebut sebagai 9 asam amino esensial (9AAE). Mengapa disebut esensial? Karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, sehingga harus dipenuhi melalui makanan sumber protein berkualitas. Berikut 9 macam asam amino esensial (9AAE):

  • Leusin: Membantu proses sintesisasi protein untuk meningkatkan kinerja perbaikan otot, merangsang hormon pertumbuhan, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Isoleusin: Membantu meningkatkan metabolisme otot si Kecil agar pembentukan ototnya jadi lebih optimal.
  • Valin: Membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang kuat.
  • Triptofan: Membantu mengatur nafsu makan, tidur, serta suasana hati si Kecil.
  • Fenilalanin: Membantu memproduksi protein dalam tubuh.
  • Metionin: Menjaga pertumbuhan jaringan serta penyerapan seng dalam tubuh.
  • Treonin: Membantu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.
  • Lisin: Membantu penyerapan kalsium yang baik untuk tumbuh kembang optimal.
  • Histidin: Membantu mengoptimalkan fungsi kognitif otak dan daya ingat si Kecil.

Kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar mendukung potensi tumbuh kembang anak lebih optimal. Jika kekurangan satu jenis asam amino esensial, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. 

Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) harus dipenuhi setiap hari karena tubuh manusia tidak dapat menyimpannya lebih dari satu hari.

Baca juga: Bagaimana Dampak Kekurangan Asam Amino pada Bayi?

Sebuah penelitian dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9 asam amino esensial (9AAE) akan menghambat pertumbuhan sebanyak -50%. 

Tak hanya itu, kekurangan asupan 9 asam amino esensial (9AAE) juga akan memengaruhi tumbuh kembang anak, termasuk perubahan fisik si Kecil lho, Bu. Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet juga menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan Asam Amino Esensial (9AAE) dalam tubuh. 

Itulah sebabnya, anak yang kekurangan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa terlihat dari perubahan fisik yang tidak sehat dan normal seperti anak seusianya, salah satunya stunting. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) lainnya untuk mendukung potensi tumbuh kembang anak:

  1. Membentuk dan memelihara jaringan tubuh

    Kehadiran 9 asam amino esensial (9AAE) dalam tumbuh kembang anak berperan penting sebagai pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Manfaat ini berkaitan dengan pertumbuhan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, perkembangan kemampuan motorik kasar dan motorik halus, kemampuan bahasa, serta sosialisasi anak. 

    Manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan anak lho, Bu. Seperti yang Ibu ketahui, sebagian besar pembentukan dan perkembangan otak terjadi di 2 tahun pertama kehidupan si kecil, sehingga kebutuhan 9 asam amino esensial (9AAE) ini berperan dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf. 

    Selain 9 asam amino esensial (9AAE), asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 juga penting sebagai nutrisi otak anak. 

  2. Membangun Antibodi

    Protein atau 9 asam amino esensial (9AAE) berperan sebagai antibodi yang dapat melawan radikal bebas atau infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Jika kebutuhan protein tercukupi, sistem kekebalan tubuh si kecil pun akan lebih kuat untuk melawan infeksi penyakit. 

    Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi dalam proses penyembuhan luka yang lebih cepat, sehingga tumbuh kembang anak juga akan lebih optimal, Bu. 

  3. Sebagai sumber energi

    Energi tidak hanya didapat dari karbohidrat dan lemak saja lho, Bu. 9 asam amino esensial (9AAE) juga berperan sebagai sumber energi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Energi dari 9AAE ini akan disimpan sebagai cadangan dan baru akan digunakan saat tubuh membutuhkannya. 

  4. Mengangkut zat gizi

    9 asam amino esensial (9AAE) dari protein juga berperan dalam mengangkut zat-zat nutrisi dari saluran cerna ke dalam darah, lalu dari darah ke dalam jaringan tubuh dan melalui membran sel. Jika tubuh si kecil kekurangan 9 asam amino esensial (9AAE), maka penyerapan dan pengangkutan zat gizi dalam tubuh pun tidak akan optimal. 

Setelah mengetahui pentingnya nutrisi dan manfaat 9 asam amino esensial (9AAE) untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, diharapkan Ibu memenuhi asupan nutrisi ini agar si kecil tumbuh lebih optimal ya. 

Ibu bisa mendapatkan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Bahkan, nutrisi dalam susu pertumbuhan ini juga sudah ditingkatkan dari sebelumnya agar tumbuh kembang anak menjadi lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Kandungan susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang tak kalah penting yaitu DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih kreatif, cerdas, dapat berkonsentrasi dengan baik, serta meningkatkan daya ingat.

Tahukah Ibu? Sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya sangat membutuhkan asupan DHA. Itulah sebabnya, si Kecil perlu mengonsumsi DHA yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi otak. Nah, Ibu bisa mendapatkan DHA 4x lebih tinggi dalam susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk meningkatkan akal kreatif, kemampuan kognitif, dan fungsi sistem saraf si Kecil.

Selain itu, susu pertumbuhan ini juga diperkaya dengan nutrisi penting untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhnya, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Beli produk Frisian Flag PRIMAGRO 1+ kini bisa raih kesempatan mendapat hadiah spesial dari Ibu & Balita melalui program POIN PRIMA Ibu & Balita. Untuk bisa mengikuti program ini, Ibu perlu mendaftarkan diri menjadi member Ibu Prima.

Daftar POIN PRIMA dapat dilakukan melalui website, SMS, dan whatsapp. Setelah menjadi anggota, Ibu dapat mengumpulkan poin untuk setiap pembelian produk Frisian Flag PRIMAMUM/PRIMAGRO 1+/PRIMAGRO 3+. Temukan 10 digit kode unik di dalam kemasan dan kirim melalui website, SMS atau whatsapp.

Setiap pembelian Frisian Flag PRIMAGRO 1+ ukuran 360 gram akan mendapatkan 40 poin, sementara Frisian Flag PRIMAGRO 1+ ukuran 750 gram akan mendapatkan 90 poin. Tukarkan poinnya di halaman ini.

Selain pemberian nutrisi yang tepat dan adekuat, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembang si Kecil secara rutin. Caranya mudah, Ibu bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima dari Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan indeks massa tubuh sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.