Whatsapp Share Like Simpan

Kehadiran 9 asam amino esensial atau yang juga dikenal dengan istilah 9AAE memiliki peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan tubuh anak. 9 asam amino esensial ini bisa didapatkan dari berbagai macam makanan. Telur dikenal memiliki protein yang tinggi dan merupakan salah satu makanan yang dapat diolah oleh tubuh untuk menjadi asam amino esensial sebagai asupan yang dapat menjaga tumbuh kembang anak. Proses pengubahan protein dari telur menjadi asam amino esensial ini terjadi karena adanya proses penguraian atau metabolisme di dalam tubuh. Proses pengubahan protein ini terjadi karena tubuh si kecil tidak bisa memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE secara alami dan 9AAE hanya bisa didapat atau dilengkapi melalui makanan. Selain telur, susu seperti Frisian Flag 456 juga masuk ke dalam sumber asupan yang mengandung asam amino esensial beserta jenis makanan lainnya seperti daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan juga sayur. Perlu dipahami bahwa selain adanya 9 asam amino esensial, ada juga jenis asam amino lain yang berada di luar kategori asam amino esensial, yaitu asam amino non esensial. Asam amino non esensial terdiri dari 11 jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun tidak memiliki kata esensial, keberadaan asam amino non esensial juga punya fungsi penting untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh sehari-hari dan bisa diproduksi oleh tubuh secara alami tanpa bantuan proses penguraian protein dari makanan. Meskipun telah memastikan anak mendapatkan sumber makanan dengan kandungan asam amino, mungkin Ibu sempat bertanya-tanya, apa itu 9 asam amino esensial atau 9AAE dan mengapa kehadirannya diperlukan untuk pertumbuhan optimal pada anak?

Apa itu 9 asam amino esensial atau 9AAE?

Sebelum membahas tentang asam amino esensial, ada baiknya bagi Ibu untuk mengetahui tentang apa itu asam amino. Secara mendasar, asam amino atau amino acid merupakan sebuah senyawa organik yang terdiri dari nitrogen, karbon, hidrogen, oksigen dan beberapa unsur senyawa kimia lainnya hasil penguraian zat yang terdapat pada sumber makanan yang diolah di dalam tubuh. Dalam memahami apa itu asam amino, Ibu juga perlu mengetahui bahwa setidaknya ada 20 jenis asam amino yang dibutuhkan agar tubuh dapat berkembang dan berfungsi dengan baik. Meskipun ada 20 asam amino yang baik untuk kesehatan, namun hanya ada 9 jenis asam amino yang masuk dalam kategori penting bagi tubuh. 9 jenis asam amino ini juga disebut sebagai 9 asam amino esensial atau 9AAE. Berikut adalah 9 jenis asam amino esensial atau 9AAE yang baik untuk tumbuh kembang sang buah hati. Kebutuhan 9AAE dalam tumbuh kembang anak sangat diperlukan untuk hadir setiap hari. Pasalnya, jika terdapat kekurangan satu asam amino esensial akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan pada tumbuh kembang anak. 

  • Histidin
  • Isoleusin 
  • Leusin
  • Lisin
  • Metionin 
  • Fenilalanin 
  • Treonin
  • Triptofan 
  • Valin

Mengenal setiap jenis asam amino esensial

Setelah mengetahui apa itu asam amino dan menemukan 9 jenis yang masuk ke dalam kategori asam amino esensial, mari mengulas tentang keunikan masing-masing asam amino yang dianggap penting untuk tumbuh kembang anak. Selain bagi baik tumbuh kembang anak, asam amino esensial juga memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, membantu meningkatkan metabolisme tubuh, serta berperan sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan demi memperlancar aktivitas yang dibutuhkan anak-anak, seperti bermain dan belajar. Secara keseluruhan 9 asam amino esensial atau 9AAE ini memiliki fungsi sebagai nutrisi kunci dalam mengoptimalisasi penyerapan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang anak.

1. Histidin

Histidin atau histidina merupakan salah satu senyawa yang tergabung dalam jenis asam amino esensial. Salah satu dari 9 jenis asam amino esensial ini memiliki peranan dalam memproduksi enzim di dalam tubuh. Selain itu, histidin juga jadi komponen yang dapat memproduksi protein secara optimal bagi tubuh. Selain itu, salah satu asam amino esensial ini juga berperan dalam memproduksi hormon yang penting untuk sistem imun, serta membantu fungsi kognitif otak dan daya ingat secara optimal sehingga anak tumbuh dengan sehat, kuat, dan cerdas.

2. Isoleusin 

Anak tumbuh dengan kuat dan sehat merupakan harapan dari setiap Ibu. Maka dari itu asupan serta pola makan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, makanan sehat yang dikonsumsi anak merupakan sumber utama penghasil asam amino esensial, salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat membuat tubuh anak jadi lebih kuat dan sehat adalah Isoleusin. Asam amino esensial ini dapat membantu meningkatkan metabolisme otot agar pembentukan otot anak jadi lebih optimal sehingga memiliki fisik yang kuat. Selain itu, isoleusin juga punya peranan dalam menjaga kekebalan tubuh, penyaluran energi, dan produksi hemoglobin.

Artikel Sejenis

3. Leusin

Seperti Isoleusin, leusin juga peranan yang cukup besar dalam perkembangan fisik anak Ibu. Anak-anak identik dengan kegiatan sehari-hari yang cukup aktif dan tidak jarang menguras energi. Peran salah satu asam amino esensial ini adalah sebagai senyawa yang membantu proses sintesisasi protein untuk meningkatkan kinerja perbaikan otot, merangsang hormon pertumbuhan, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Ikan tuna dan rumput laut merupakan jenis sumber makanan yang dikenal punya kandungan yang kaya akan leusin.

4. Lisin

Penyerapan kalsium yang baik akan membantu proses tumbuh kembang anak jadi lebih optimal. Maka dari itu, peran lisin sebagai salah satu asam amino esensial cukup penting kehadirannya. Sebagai salah satu dari 9 jenis asam amino esensial, lisin memainkan peran utama dalam pembentukan sistem penyerapan kalsium yang didukung dengan proses sintesis protein. Untuk menjaga kadar lisin yang cukup bagi tumbuh kembang anak, Ibu bisa berikan daging ayam bagian dada sebagai makanan utama untuk anak. Pasalnya, dada ayam diketahui sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan lisin yang cukup tinggi.

5. Metionin 

Dalam menjaga kesehatan anak, tubuh harus senantiasa memiliki proses detoksifikasi yang optimal. Untuk menghadirkan fungsi tersebut, salah satu asam amino esensial bernama metionin diperlukan untuk dapat terserap di dalam tubuh. Selain itu, metionin juga diperlukan untuk menjaga pertumbuhan jaringan serta penyerapan zinc secara baik yang juga penting dalam kesehatan. Untuk menjaga agar kebutuhan metionin sebagai salah satu asam amino esensial terpenuhi pada anak, Ibu bisa tingkatkan konsumsi putih telur pada pola makan anak.

6. Fenilalanin 

Masuk ke dalam 9 jenis asam amino esensial, fenilalanin merupakan salah satu jenis asam amino yang punya peranan sebagai komponen penyusun protein di dalam tubuh. Peran lainnya yang dihasilkan oleh fenilalanin adalah untuk mengoptimalisasi produksi dopamin dan epinefrin yang berguna untuk memberikan rasa bahagia ke dalam otak dan juga sebagai senyawa yang mampu menangkal stres. Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber makanan yang dikenal mengandung Fenilalanin, seperti kacang merah, kacang tanah, kacang almond, serta kacang kedelai dan olahannya.

7. Treonin

Dalam membantu sistem kekebalan tubuh pada anak, treonin merupakan salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dapat meningkatkan proses tumbuh kembang yang sehat bagi anak. Selain itu, treonin juga dapat jadi komponen penting untuk kulit dan jaringan ikat berkat fungsinya yang mengubah protein untuk membentuk kolagen dan elastin. Sayuran seperti bayam dan selada air diketahui sebagai sumber makanan yang kaya akan kandungan treonin. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengombinasikan sayuran ke dalam pola makan anak sehari-hari.

8. Triptofan 

Triptofan sering disebut sebagai salah satu asam amino esensial yang dapat menyebabkan kantuk. Namun hal ini dibutuhkan agar memberi keseimbangan pada tubuh sehingga metabolisme dapat terjaga dengan baik. Peran utama dari triptofan di dalam tubuh adalah mengatur nafsu makan, tidur, serta suasana hati. Triptofan merupakan bagian dari asam amino esensial yang mampu menjaga tumbuh kembang anak secara optimal. Putih telur, bayam, rumput laut, hingga kacang kedelai diketahui sebagai sumber makanan yang dapat memproduksi triptofan di dalam tubuh.

9. Valin

Asam amino esensial nomor sembilan yang bernama valin ini dapat membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot yang diperlukan dalam masa perkembangan anak untuk tumbuh menjadi anak yang kuat. Selain itu, valin juga dikenal memiliki peran dalam memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap dapat beraktivitas secara nyaman dan menyenangkan. Telur merupakan sumber makanan yang dapat memproduksi valin dengan tingkatan yang cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk telur selalu hadir ke dalam pola makan anak dalam masa tumbuh dan berkembang.

Sumber: Wu, G. Amino acids: metabolism, functions, and nutrition. Amino Acids 37, 1–17 (2009). https://doi.org/10.1007/s00726...