Whatsapp Share Like Simpan

Dalam masa pertumbuhan anak, Ibu memiliki peran penting untuk memenuhi asupan nutrisi berkualitas setiap harinya, termasuk saat memilih susu bubuk pertumbuhan yang mengandung asam amino lengkap. Namun sayangnya, banyak susu yang tidak mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) dalam jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat, sehingga tumbuh kembang si Kecil kurang optimal. Padahal, nutrisi berkualitas yang Ibu penuhi sejak dini sangat berpengaruh hingga masa mendatang. Nutrisi ini meliputi zat makro, seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, dan air, serta zat mikro yang terdiri atas berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu nutrisi penting tersebut adalah asam amino. Mungkin sebagian Ibu masih asing mendengar istilah asam amino dibandingkan protein. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai pentingnya asam amino dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak.

Apa itu Asam Amino?

Asam amino merupakan bentuk lebih sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Protein ini termasuk zat makro yang sangat penting karena memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Pada dasarnya, setiap orang memang membutuhkan 20 jenis asam amino yang berbeda, namun 9 di antaranya adalah asam amino esensial yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sementara, asam amino non esensial dapat disintesis atau diproduksi sendiri oleh tubuh. 

Mengapa 9 asam amino esensial (9AAE) sangat penting? Karena 9AAE ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga membutuhkan asupan dari sumber protein hewani berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. Nah, berikut ini 9 jenis asam amino esensial (9AAE) yang penting untuk tubuh:

Hanya protein hewani yang memiliki kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) tersebut secara lengkap. Sementara, protein nabati seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. Oleh karena itu, asupan 9 asam amino esensial (9AAE) harus dipenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat untuk mendukung potensi tumbuh kembang optimal anak. Bagaimana jika kekurangan satu jenis asam amino esensial? Maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sehingga mengganggu fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Selain itu, 9 asam amino esensial (9AAE) juga berfungsi untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, serta dapat mengangkut zat gizi pada tubuh si kecil.

Baca juga: Bagaimana Dampak Kekurangan Asam Amino pada Bayi?

Asupan 9 asam amino esensial (9AAE) juga disebut berkaitan dengan kondisi stunting pada anak lho, Bu. Dalam jurnal EBioMedicine yang dipublikasi oleh The Lancet menyebutkan bahwa masalah stunting pada anak berkaitan erat dengan kurangnya asupan asam amino esensial dalam tubuh. Stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang, akibatnya tinggi badan anak akan lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Selain itu, stunting juga dapat menyebabkan kecerdasan anak di bawah rata-rata, lemahnya sistem imunitas, dan risiko mengidap penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker. Penting bagi Ibu untuk memenuhi asupan nutrisi berkualitas seperti 9 asam amino esensial (9AAE) karena efek samping stunting akan merugikan masa depan si Kecil. 

Cara Mendapatkan Asam Amino Esensial Secara Lengkap

Seperti yang sudah disebutkan, sumber protein hewani merupakan protein yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap, salah satunya adalah susu pertumbuhan. Namun, Ibu juga perlu cermat dalam memilih susu bubuk pertumbuhan untuk anak. Sebab, tidak semua produk susu mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) yang lengkap. Sebagai solusinya, Frisian Flag PRIMAGRO hadir dengan 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap yang bisa jadi asupan nutrisi berkualitas untuk anak. 


Susu Frisian Flag PRIMAGRO juga diperkaya oleh 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Kandungan nutrisi dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, sehingga dapat mendukung potensi tumbuh kembang optimal anak. Hadir dengan 3 varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang pasti disukai anak-anak. Yuk, pastikan untuk memilih susu yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) untuk buah hati tercinta.