Share Like
Simpan

Nutrisi apa saja yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal si Kecil dalam rahim Ibu?

Tidak diragukan lagi bahwa gizi ibu hamil penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, pernahkah Ibu merasa khawatir akan kebutuhan nutrisi si Kecil selama dalam kandungan telah terpenuhi dengan baik? Nutrisi apa saja yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal si Kecil dalam rahim Ibu? 

Gizi ibu hamil dalam kelompok makanan

Gizi ibu hamil dapat diperoleh dari beberapa kelompok makanan yang bervariasi, sehingga gizi Ibu dapat terpenuhi dengan optimal. Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan sehari-hari. 

 

Karbohidrat dalam gizi ibu hamil

Sumber karbohidrat dalam gizi ibu dapat dijumpai dalam roti, oatmeals, nasi, atau berbagai pangan lain yang sejenis. Jumlah yang dianjurkan untuk kelompok karbohidrat adalah 6-11 porsi. 

 

Protein dalam gizi ibu hamil

Ahli nutrisi menganjurkan ibu hamil mengonsumsi 75 - 100 gram protein/hari untuk mendukung pertumbuhan jaringan janin, termasuk otaknya. Protein untuk ibu hamil membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim semasa kehamilan serta berperan meningkatkan persediaan darah. Beberapa sumber protein yang dapat dikonsumsi ibu misalnya ikan atau seafood matang, hati, ayam, daging sapi, daging kambing, tahu, kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang tanah, kacang panjang dan sebagainya.  

 

Produk susu dan olahannya dalam gizi ibu hamil

Sumber produk susu dan olahannya dapat ditemukan pada yogurt atau susu yang kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalsium. Kalsium membantu pengaturan cairan tubuh dan pertumbuhan tulang serta bakal gigi si Kecil. Beberapa sumber kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi 3-4 porsi/hari misalnya keju, tahu, kol, telur, yogurt dan susu. Saat Ibu mengonsumsi susu, sebaiknya pastikan kandungannya telah dilengkapi atau difortifikasi dengan vitamin A, vitamin D. 

Tips memilih susu penuh gizi selama kehamilan:

  1. Pilihlah susu kehamilan yang mencukupi kebutuhan gizi si Kecil dan memiliki kandungan gizi ibu hamil yang lengkap, untuk kebaikan janin dan mama.
  2. Susu kehamilan yang baik mengandung energi tinggi (200 kalori/gelas), kandungan serat yang tinggi (4 g/gelas), DHA (32 mg/gelas), ALA/LA dan Kolin, 28 jenis vitamin dan mineral, serta vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual.
  3. Umumnya ibu hamil mudah 'eneg' sehingga enggan minum susu. Hal ini dapat disiasati dengan mengonsumsi susu kehamilan yang memiliki rasa yang lebih lezat, seperti rasa coklat sehingga gizi ibu hamil terpenuhi tanpa rasa mual.

 

Buah-buahan dan sayuran dalam gizi ibu hamil

Sayur-mayur dan buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan bagi ibu hamil, misalnya zat besi, vitamin A, kalium dan natrium. Berikut ini beberapa kandungan zat dalam buah-buahan dan sayuran:

- Zat besi dalam gizi ibu hamil
Zat besi bersama natrium, kalium serta air membantu meningkatkan volume darah dan mencegah anemia. Beberapa sumber zat besi diantaranya sayuran berdaun hijau, yang disajikan 2-3 porsi/ hari. Contoh bayam, kol hijau, selada, dan kol. Sumber zat besi juga terdapat pada roti, sereal dan oatmeal serta beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hitam. Walau demikian, Ibu perlu ingat bahwa saat mengolah sayur hijau yang kaya akan zat besi, sebaiknya tidak memasaknya terlalu lama karena kadar zat besi dalam bahan makanan dapat rusak.

- Asam folat dalam gizi ibu hamil
Asam folat berperan penting dalam pembentukan sistem saraf pusat, termasuk otak, sehingga asupannya dapat mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada janin (Spina bifida). Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 600-800 mikrogram asam folat. Sumber asam folat dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kol hijau, bayam, selada, dan kol. Sedangkan dalam buah-buahan dapat ditemukan pada jeruk, stroberi, lemon, manga, tomat, dan melon. Selain itu, juga dapat ditemukan pada gandum dan kelompok makanan kacang-kacangan. Anjuran banyaknya konsumsi sayuran per hari sebanyak 2 porsi

- Vitamin C dalam gizi ibu hamil
Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat membantu penyembuhan luka, pertumbuhan gigi dan tulang serta meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Ibu tentu tidak asing lagi dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, lemon, mangga, tomat, melon, dan kentang yang dianjurkan dikonsumsi sebanyak 3 porsi dalam sehari

Selain beberapa kelompok makanan yang penting dalam gizi Ibu hamil, jangan lupa untuk minum sedikitnya 8 gelas air sehari. Sambil memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayuran, oatmeal dan mengurangi konsumsi makanan berlemak. Cobalah untuk menerapkan pola makan sehat agar gizi Ibu hamil terpenuhi dan janin berkembang optimal.