Whatsapp Share Like Simpan

Kalsium merupakan golongan mineral yang memiliki peranan utama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, asupan kalsium akan sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, kebutuhan kalsium harian si Kecil harus terpenuhi dengan baik dengan cara memberikan makanan yang mengandung kalsium. Berikut adalah sederet makanan tinggi kalsium yang baik untuk diberikan pada buah hati, Bu:

Susu

Ibu tentu sudah tahu kalau susu adalah sumber kalsium tinggi yang sangat baik untuk diberikan pada si Kecil sejak usia 1 tahun. Di samping bisa memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil, susu juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, omega 3 dan 6, serat pangan inulin, zinc, dan minyak ikan. Semua kandungan tersebut bisa ditemui di susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang disarankan untuk diminum si Kecil sebanyak tiga kali sehari.

Makanan Laut

Makanan laut, seperti sarden, tongkol, dan salmon, adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk dikonsumsi si Kecil. Ketiganya juga tinggi kandungan protein, sehingga akan memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. Diantaranya adalah mengoptimalkan pertumbuhan, memperbaiki jaringan yang rusak, memproduksi zat yang dibutuhkan tubuh, dan sebagai sumber energi.

Dalam memberikan makanan laut pada si Kecil, Ibu sebaiknya berhati-hati karena makanan ini merupakan alergen. Setelah memberikannya pertama kali, tunggulah beberapa hari sebelum memberikannya lagi. Apabila muncul reaksi alergi, maka sebaiknya dihentikan terlebih dulu.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayuran hijau dikenal sebagai sumber makanan yang bergizi tinggi, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh si Kecil sejak dini. Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bok choy, brokoli, bayam, sawi, dan lainnya, merupakan sumber kalsium dan nutrisi lainnya.

Artikel Sejenis

Sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, C, E, K, dan folat. Artinya, makanan ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga kesehatan mata, memperkuat daya tahan tubuh, mendukung kesehatan kulit, pembekuan darah, dan sebagainya. Supaya kandungan nutrisinya tidak hilang, cara mengolah sayuran hijau sebaiknya dengan cara dikukus atau ditumis.

Keju

Dikarenakan keju merupakan produk olahan susu, tentu salah satu kandungannya adalah kalsium. Sementara untuk kandungan nutrisi lainnya adalah protein, vitamin A, B12, zinc, magnesium, riboflavin, dan fosfor. Dengan mengonsumsi keju, si Kecil pun akan mendapatkan banyak sekali manfaat, seperti kesehatan mata, sistem imun tubuh yang kuat, dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Keju sendiri memiliki banyak jenis, tapi yang sering dijumpai di supermarket adalah cheddar, kraft, dan mozarella. Berikan keju pada si Kecil sebagai cemilan, topping makanan, atau diolah menjadi aneka makanan yang lezat dan bergizi.

 

Baca juga: Perkuat Tulang Anak dengan 3 Sumber Kalsium Alami Ini

Yogurt

Selain keju, produk olahan susu lainnya yang juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung kalsium adalah yogurt. Bedanya dengan keju, yogurt memiliki rasa asam sedangkan keju rasanya gurih. Adanya kandungan nutrisi lain yang ada di dalam yogurt  membuat yogurt sangat disarankan untuk diberikan pada si Kecil. Kandungan tersebut antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan probiotik. Lengkap sekali ya, Bu? Yogurt bisa dimakan langsung atau dicampurkan bersama aneka buah-buahan segar.

Kacang-kacangan

Makanan yang mengandung kalsium lainnya adalah kacang-kacangan. Contohnya saja kacang tanah, almond, lentil, dan kedelai. Selain mengandung kalsium, kacang-kacangan juga memiliki kandungan gizi lainnya, seperti protein, lemak jenuh, magnesium, mangan, folat, dan serat. Artinya, makanan ini juga berfungsi untuk meningkatkan berat badan, mencerdaskan otak, dan memperlancar sistem pencernaan.

Biji-bijian

Biji-bijian

Di samping kacang-kacangan, beberapa biji-bijian juga merupakan makanan yang mengandung kalsium, seperti wijen, chia, dan poppy. Biji-bijian juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti asam lemak omega 3, tembaga, mangan, dan zat besi. Untuk memberikan biji-bijian pada si Kecil, Ibu bisa menaburkannya pada makanan favoritnya, misalnya pada sereal, kue, atau puding.

Kaldu

Saat memasak sup, Ibu sering menggunakan kaldu, bukan? Nah, kaldu ini ternyata juga makanan yang mengandung kalsium lho, Bu, karena merupakan sari dari tulang atau daging ayam dan sapi. Di samping bisa mendapatkan kalsium, kaldu juga akan memberikan nutrisi lainnya, seperti magnesium.

Supaya mendapatkan manfaatnya secara maksimal, berikan buah hati kaldu buatan sendiri ya, Bu. Cara untuk membuatnya adalah dengan mendidihkan 2 kg tulang atau daging ke dalam 2 liter air sampai warna air berubah air. Ini menandakan bahwa kalsium yang terkandung di dalam tulang atau daging tersebut mulai keluar. Setelah itu, saring kaldu sebelum digunakan untuk memasak.

 

Kalsium juga memiliki peranan penting lainnya bagi tubuh. Diantaranya adalah untuk kontraksi otot, pembekuan darah, mencerdaskan otak, memperkuat daya tahan tubuh, dan mendukung fungsi sistem saraf. Saat si Kecil kekurangan kalsium, dampaknya adalah pertumbuhan menjadi terhambat dan berisiko mengalami berbagai penyakit, seperti osteoporosis, gigi rapuh, osteomalasia, dan rakitis. Memberikan makanan yang mengandung kalsium akan sangat membantu si Kecil terhindar dari penyakit tersebut. Jadi, pastikan Ibu selalu memberikannya setiap hari pada menu hariannya, ya.

Ingin berkonsultasi seputar tumbuh kembang si Kecil? Kunjungi saja laman Tanya Pakar, Bu. Para ahli di sana akan menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.

Sumber:

Health.kompas

Halodoc